Results 1 to 10 of 10

Thread: Bagaimana jika kita mengalami Kegagalan?


  1. #1
    Senior Member marsal's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Jakarta aja deh...
    Posts
    1,473
    Rep Power
    9

    Question Bagaimana jika kita mengalami Kegagalan?

    Setiap orang mungkin pernah mengalami kegagalan, seperti gagal naik kelas, gagal lulus sekolah/kuliah, gagal kenaikan pangkat, gagal berrumahtangga, gagal menikah, gagal mendekati orang yang dicintai, gagal membeli barang, gagal dalam penjualan, gagal dalam mengejar target, dll.

    Dari kegagalan2 tsb, ada yang tidak sanggup untuk menerimanya, ada yang bunuh diri, ada yang stress, ada yang lari ke dukun, ada ada pula yang akhirnya mengambil jalan pintas.

    Bagaimana menurut pendapat anda tentang suatu kegagalan itu? Apa yang biasanya anda lakukan jika anda mengalami kegagalan? Pernahkah anda menjadi lebih semangat lagi ketika mengalami suatu kegagalan? Apakah anda takut untuk menghadapi kegagalan?

    Kalo menurut saya, mau tidak mau kita harus berani menghadapi kegagalan tsb. Sebab, dengan adanya kegagalan itu, berarti kita harus melakukan koreksi/introspeksi diri, apa kira2 yang menyebabkan kita mengalami kegagalan tsb.

    Orang yang baik, bukanlah orang yang tidak pernah melakukan kesalahan. Namun, orang yang baik adalah orang yang selalu berusaha untuk memperbaiki dirinya dari kesalahan yang pernah dibuatnya, lalu berusaha untuk tidak mengulanginya.

    Maaf jika thread ini pernah ada yang posting, namun jika anda ingin membahasnya juga, dipersilahkan untuk memberikan komentar anda....
    kendalikanlah dirimu
    sebelum mengendalikan orang lain

  2. #2
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,167
    Rep Power
    23

    Re: Bagaimana jika kita mengalami Kegagalan?

    IMHO, ada 2 macam gagal
    gagal mutlak dan gagal sementara

    gagal mutlak itu artinya prosesnya tidak bisa diulang lagi

    sementara gagal sementara itu kebalikannya dari gagal mutlak.

    dalam hidup ini ada banyak kegagalan yang pernah gue alami, untungnya masi dalam kategori gagal sementara.. ada proses untuk mengulangi lagi..

    tapi yang parah adalah gagal yang berkaitan dengan waktu..
    karena waktu tidak bisa diulang lagi bukan?

    kalo udah kepentok dengan gagal yang berkaitan dengan waktu, berusaha untuk "menebus" waktu yang telah hilang gitu dengan usaha dan prestasi.
    argumentasinya yang didebat dan didiskusikan bukan orangnya.. kecuali tong kosong.

  3. #3
    Senior Member marsal's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Jakarta aja deh...
    Posts
    1,473
    Rep Power
    9

    Re: Bagaimana jika kita mengalami Kegagalan?

    Quote Originally Posted by maspras View Post
    IMHO, ada 2 macam gagal
    gagal mutlak dan gagal sementara

    gagal mutlak itu artinya prosesnya tidak bisa diulang lagi

    sementara gagal sementara itu kebalikannya dari gagal mutlak.

    dalam hidup ini ada banyak kegagalan yang pernah gue alami, untungnya masi dalam kategori gagal sementara.. ada proses untuk mengulangi lagi..

    tapi yang parah adalah gagal yang berkaitan dengan waktu..
    karena waktu tidak bisa diulang lagi bukan?

    kalo udah kepentok dengan gagal yang berkaitan dengan waktu, berusaha untuk "menebus" waktu yang telah hilang gitu dengan usaha dan prestasi.
    Saya sependapat dengan anda. Namun tidak sedikit orang yang langsung stress & putus asa jika mengalami suatu kegagalan, apalagi kegagalan dalam urusan asmara. Ada yang langsung bunuh diri, mabuk2an, jadi pelacur, bahkan tidak jarang pula ada yang sampai menjadi gila. Kasihan segala bagi mereka yang mengalami hal seperti itu. Karena memang, tidak semua orang sanggup untuk menghadapi kegagalan itu...
    kendalikanlah dirimu
    sebelum mengendalikan orang lain

  4. #4
    Senior Member marsal's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Jakarta aja deh...
    Posts
    1,473
    Rep Power
    9

    Re: Bagaimana jika kita mengalami Kegagalan?

    Quote Originally Posted by alindri View Post
    ada pepatah yang mengatakan kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda...

    so, kegagalan jangan sampai membuat seseorang/kita jadi patah semangat, apalagi berputus asa.......

    ada sebuah ucapan yang sangat saya ingat,
    "kegagalan itu kadangkala adalah yang terbaik buat kita saat itu,
    kenapa??.... oleh karena satu dan lain hal ...pada saat itu kita belum siap untuk menerima yang namanya kesuksesan...
    seandainya dipaksakan.. maka itu belum tentu baik buat kita..."

    jadi, gagal atau sukses.....terimalah dengan ikhlas, dan tidak berputus asa.
    Benar sekali apa yang anda katakan. Namun tidak semua orang bisa menghadapi kegagalan dengan lapang dada. Hanya orang2 tertentu saja yang bisa menghadapi kegagalan itu dengan sikap yang dewasa.

    Ehmm..., kalimat yang sangat dalam & perlu dipahami dengan seksama... namun bagus sekali itu... TQ
    kendalikanlah dirimu
    sebelum mengendalikan orang lain

  5. #5
    Senior Contributor KAMIRIN's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Sukabumi Bencilangit
    Posts
    7,420
    Rep Power
    23

    Re: Bagaimana jika kita mengalami Kegagalan?

    Sori kalau saya ulang lagi,
    Ada pepatah, nasi sudah menjadi bubur. Artinya apa yang sudah terjadi sudah terlanjur.
    Percayalah, hidup itu tidak sekedar memasak nasi saja. Bubur pun bisa lebih enak dengan menambahkan kecap asin, tongcai, telur mentah dan kacang goreng. Rasanya lebih enak daripada nasi putih biasa kan?

    Nah, intinya, kegagalan itu masih bisa dinikmati kok. Tentu saja dengan cara bagaimana kita menyikapinya dan menikmati kegagalan. Kadang yang dirasa dan dilihat orang lain kepada diri kita "gagal", tetapi orang lain itu kelak tidak akan tahu nikmatnya bubur ayam, karena mereka cuman dapat nasi putih tanpa lauk...

    Intinya, dibalik kegagalan, pasti ada kesuksesan. Tentu saja dalam kisah dan hal yang berbeda. Jalan nggak selalu lurus, ada percabangan dimana kita nggak tahu dimana masing2 cabang itu akan berakhir.

    Mengalirlah seperti air. Belajarlah sifat2 air mengalir. Jika aliran air dihambat, maka ia akan berusaha mencari jalan lain yang akan mengantar ke tujuannya.
    -Tempat ini disewakan untuk iklan-

  6. #6
    Contributor Definda's Avatar
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    ...PVJ...
    Posts
    2,829
    Rep Power
    9

    Re: Bagaimana jika kita mengalami Kegagalan?

    Ak pnah ngalamin kegagalan tbesar dlm hidup ak.... Pertama kali dihantam, jatuh terpuruk ketitik nol baik secara fisik maupun psikis....

    Perlu waktu lama untuk kembali bangkit berdiri dengan tegak dan menengadahkan kepala melihat kedepan... bukan proses yg mudah... perlu 4 tahun untuk itu (keknya itu lbih krn karakteristik ak aj yg pendendam sehingga agak sulit untuk melupakan kegagalan tsb)...

    Tapi dibalik kegagalan itu ada banyak hikmah dan pelajaran yang bisa diambil.. smua tergantung dari pilihan kita... mau ambil pelajaran positif ato tetap berkutat dengan situasi dan pikiran2 negatif....

    Satu kalimat yg ak ambil dri sbuah buku yg cukup mengilhami ak "Falling Forward".. Jatuh kedepan... Paling gak, ketika kita bangkit berdiri, kita sudah One Step Ahead... starting pointnya sudah ada nilai plus, bukan dari Zero lagi...

    Walaupun sampai hari ini ak masi belum menjadi seseorang yg bisa membanggakan orang2 terkasih disekeliling ak, tpi kegagalan itu telah membuat ak makin dewasa dalam berfikir, bersikap dan merencanakan masa depan.Amin...
    Mudah2an jangan sampai jatuh dilobang yang sama.Amin.. itu yang harus dihindari dan dicermati...

    Jangan takut gagal....
    Kegagalan membuat kita semakin pintar menyikapi dan mensiasati hidup....
    (tapi jangan juga ceroboh sehingga membuat kita gagal dengan sengaja...)
    Caiyyooooo..... Smangaaaattttt......
    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
    ...Cuma butuh satu alasan untuk katakan YA!!!...

  7. #7
    Senior Member may leonar's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Tanah Impian
    Posts
    1,445
    Rep Power
    7

    Re: Bagaimana jika kita mengalami Kegagalan?

    Gagal..
    Biasanya Gw down banget...
    tubuh gw langsung lunglai ...
    udah korban wkt, tenaga, materi, pikiran, dll
    tp gagal...

    Gw biasa butuh wktu utk proses pemulihan perasaan dulu..
    Satu2nya yg menguatkan gw adalah DOA...
    trus step by step membenahi smuanya...
    mencari akar penyebab kegagalan..membereskan smua itu..
    kemudian mencoba cara lain....
    Sampai berhasil (dan puji Tuhan endingnya sll berhasil).
    Thanks God....
    -> May Leonard <-
    "Charity suffereth long, and is kind"

  8. #8
    Newbie
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    5
    Rep Power
    0

    Re: Bagaimana jika kita mengalami Kegagalan?

    bila masih ada waktu, ya coba lagi.

    konon kegagalan adalah keberhasilan yg tertunda.

  9. #9
    Advisor r4inbou's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    ♥ ♥ C3LL ♥ ♥
    Posts
    18,629
    Rep Power
    30

    Re: Bagaimana jika kita mengalami Kegagalan?

    khusus mengenai kegagalan dalam asmara..umumnya byk org yg tidak sanggup menjalani nya..hanya sedikit yg berhasil melewati kegagalan tersebut.
    satu hal yg penting ialah bukan hanya anda yg mengalami kegagalan tersebut, jadi ini byk terjadi kepada semua orang. sementara waktu bagi anda yg mengalami nya boleh boleh saja menghilang dari 'peredaran' sementara . tapi lebih baik lagi kalo anda beraktivitas bersama teman2 yg menyayangi anda..biarkan waktu yg mengobati rasa kegagalan anda. anda harus ikhlas menerima kegagalan ..memang berat tapi segala sesuatu itu pasti bisa bukan?
    dan yg penting lebih mendekatkan diri kepada Tuhan.

    bisa juga anda mencurahkan perasaan ttg kegagalan anda di buku..setelah itu bakar deh

  10. #10
    Contributor djunbd's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    3,830
    Rep Power
    13

    Re: Bagaimana jika kita mengalami Kegagalan?

    rasanya mustahil ditemukan orang yang selalu saja sukses dalam semua bidang kehidupan saat ini...kegagalan dan keberhasilan adalah bagian dari perjalanan hidup seseorang...jika dilihat dari sejarah orang besar, maka presiden Lincoln, Thomas Alfa Edison, dll justru terkenal karena mampu bangkit dari begitu banyak kegagalan yang dialami...

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0