Results 1 to 10 of 10

Thread: Subhanallah, Inilah Fakta Unik Mengenai Adzan


  1. #1
    Junior Member indahsaput's Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    438
    Rep Power
    3

    Subhanallah, Inilah Fakta Unik Mengenai Adzan

    Setiap hari suara adzan selalu berkumandang, terlebih bagi negara yang mayoritas umatnya beragama islam. Apabila telah dikumandangkan, wajib hukumnya umat muslim di dunia untuk melaksanakan sholat. Dibalik merdunya suara Adzan yang berkumandang, ada keistimewaan tersendiri dari adzan, sehingga bagi muadzin (orang yang menyerukan azan) sekalipun, Allah telah menjanjikan pahala kepadanya. Di balik keistimewaannya, adzan juga menyimpan fakta unik.





    1. Kalimat penyeru yang mengandung kekuatan dahsyat
    Begitu adzan berkumandang, kaum muslim yang benar-benar beriman dan bertakwa kepada Allah akan segera bergegas ke masjid menunaikan salat. Tanpa sadar syaraf akan memerintahkan tubuh untuk segera menunaikan salat.
    Simpul-simpul kesadaran psiko-religius dalam otak umat muslim mendadak bergetar hebat, terhubung secara simultan, dan dengan totalitas kesadaran seorang hamba (abdi). Seakan suara khas adzan telah tertanam dalam alam bawah sadar setiap muslim. Sehingga ketika mendengarnya, indra-indra tubuh mereka lalu bergerak untuk salat. Suara adzan seakan telah menyentuh fitrahnya untuk beribadah.


    2. Banyak non-muslim yang menjemput hidayah setelah mendengar adzan
    Banyak kisah perjalanan hidup kaum mualaf hingga akhirnya menemukan hidayah yang seringkali menyentuh nurani. Berbagai sebab mereka akhirnya masuk Islam. Salah satu sebab yang sering terjadi adalah suara adzan yang didengar mereka, telah menggetarkan hari dan kesadaran terdalam untuk mengucap syahadat. Seakan fitrah Islam dalam diri mereka terbangkitkan melalui alunan adzan itu.
    Kementerian Urusan Agama Turki pernah melansir sedikitnya 634 orang telah masuk Islam selama tahun 2011, termasuk 467 wanita, yang berusia rata-rata 30 sampai 35 tahun, dan berasal dari kebangsaan yang berbeda mulai dari Jerman, Maldiva, Belanda, Perancis, Cina, Brasil, AS, Rumania dan Estonia. Mereka adalah turis-turis yang tengah melancong ke Turki.
    Di kota Kayseri Turki sendiri, sedikitnya 14 orang telah masuk islam selama empat tahun terakhir, termasuk 10 wanita. Grand Mufti kota Kayseri, Syaikh Ali Marasyalijil menyebutkan umumnya mereka masuk Islam setelah tersentuh mendengar alunan adzan.
    Rapper papan atas Amerika Serikat, Chauncey L Hawkins yang populer disapa Loon bahkan mengakui masuk Islam setelah mendengar suara adzan saat dirinya tengah berkunjung ke Abu Dhabi, Dubai.
    Masih banyak lagi kisah menyentuh mualaf yang masuk Islam setelah mendengar alunan kumandang adzan.


    3. Perintah adzan datang melalui mimpi
    Pada awalnya Rasulullah SAW tidak tahu dengan cara yang digunakan untuk mengingatkan umat muslim bila waktu salat tiba. Ada sahabat yang menyampaikan usul untuk mengibarkan bendera, menyalakan api di atas bukit, meniup terompet, dan membunyikan lonceng. Semua saran itu dianggap kurang cocok.


    Hingga datanglah sahabat, Abdullah bin Zaid yang bercerita jika dia mimpi bertemu dengan seseorang yang memberitahunya untuk mengumandangkan adzan dengan menyerukan lafaz-lafaz adzan seperti saat ini. Lalu dikabarkanlah perihal mimpi ini kepada Rasulullah. Umar bin Khathab mendengar hal itu dan ternyata dia juga mengalami mimpi yang sama. ”Demi Tuhan yang mengutusmu dengan Hak, ya Rasulullah, aku benar-benar melihat seperti yang ia lihat (di dalam mimpi)". Lalu Rasulullah bersabda: ”Segala puji bagimu.”
    Rasulullah menyetujui untuk menggunakan lafaz-lafaz adzan itu sebagai tanda waktu salat tiba.


    4. Dikumandangkan saat peristiwa-peristiwa bersejarah
    Selain digunakan untuk menandakan waktu salat tiba, adzan juga dikumandangkan pada momen-memen penting dan bersejarah. Misalnya ketika seorang bayi lahir. Selain itu, saat peristiwa penting dalam Islam terjadi, adzan juga berkumandang. Ketika pasukan Rasulullah berhasil menguasai Makkah dan berhala-berhala di sekitar ka'bah dihancurkan, Bilal bin Rabbah mengumandangkan adzan dari atas Ka’bah.
    Peristiwa lain, ketika Konstantinopel jatuh ke tangan pasukan Ottoman yang mengakhiri Kekaisaran Romawi Timur, beberapa perajurit Ottoman masuk ke dalam lalu mengumandangkan adzan sebagai tanda kemenangan mereka.


    5. Miliaran kali dikumandangkan sejak 14 abad lalu
    Adzan dikumandangkan 5 kali sehari. Semenjak adzan pertama kali dikumandangkan 14 abad lalu hingga saat ini, tak dapat dihitung berapa juta kali adzan telah berkumandang.


    Anggaplah setahun 356 hari. Jika 14 abad adalah 1400 tahun, maka 1400 tahun x 356 hari = 511000 hari. Dalam satu hari, adzan 5x dikumandangkan. Sehingga sedikitnya adzan telah dikumandangkan 2.555.000 kali. Jika dalam satu hari ada 1 juta muslim di dunia yang mengumandangkan adzan, jadi adzan telah dikumandangkan sebanyak 2.555.000.000.000 kali. Subhanallah!


    6. Tak henti dikumandangkan hingga kiamat
    Bumi berbentuk bulat. Ini menyebabkan terjadi perbedaan waktu solat pada setiap daerah. Ketika adzan telah selesai berkumandang di satu daerah, maka selanjutnya adzan berkumandang di daerah lain.
    Satu jam setelah adzan selesai di Sulawesi, maka adzan segera bergema di Jakarta, disusul pula Sumatera. Dan adzan belum berakhir di Indonesia, maka ia sudah dimulai di Malaysia. Burma adalah di baris berikutnya, dan dalam waktu beberapa jam dari Jakarta, maka adzan mencapai Dacca, ibukota Bangladesh. Dan begitu adzan berakhir di Bangladesh, maka ia ia telah dikumandangkan di barat India, dari Kalkuta ke Srinagar. Kemudian terus menuju Bombay dan seluruh kawasan India.


    Srinagar dan Sialkot (sebuah kota di Pakistan utara) memiliki waktu adzan yang sama. Perbedaan waktu antara Sialkot, Kota, Karachi dan Gowadar (kota di Baluchistan, sebuah provinsi di Pakistan) adalah empat puluh menit, dan dalam waktu ini, adzan Fajar telah terdengar di Pakistan. Sebelum berakhir di sana, ia telah dimulai di Afghanistan dan Muscat. Perbedaan waktu antara Muscat dan Baghdad adalah satu jam. Adzan kembali terdengar selama satu jam di wilayah Hijaz al-Muqaddas (Makkah dan Madinah), Yaman, Uni Emirat Arab, Kuwait dan Irak.


    Perbedaan waktu antara Bagdad dan Iskandariyah di Mesir adalah satu jam. Adzan terus bergema di Siria, Mesir, Somalia dan Sudan selama jam tersebut. Iskandariyah dan Istanbul terletak di bujur geografis yang sama. Perbedaan waktu antara timur dan barat Turki adalah satu setengah jam, dan pada saat ini seruan shalat dikumandangkan.


    Iskandariyah dan Tripoli (ibukota Libya) terletak di lokasi waktu yang sama. Proses panggilan adzan sehingga terus berlangsung melalui seluruh kawasan Afrika. Oleh karena itu, kumandang keesaan Allah dan kenabian Muhammad saw yang dimulai dari bagian timur pulau Indonesia itu tiba di pantai timur Samudera Atlantik setelah sembilan setengah jam.


    Sebelum adzan mencapai pantai Atlantik, kumandang adzan Zhuhur telah dimulai di kawasan timur Indonesia, dan sebelum mencapai Dacca, adzan Ashar telah dimulai. Dan begitu adzan mencapai Jakarta setelah kira-kira satu setengah jam kemudian, maka waktu Maghrib menyusul.


    Begitu seterusnya adzan terus berkumandang di bumi dan tidak pernah berhenti hingga kiamat terjadi. Subahanallah.


    Sumber: Subhanallah, Inilah Fakta Unik Mengenai Adzan


    Baca Juga:
    Yang Buat Pria Ragu Untuk Melakukan PDKT
    10 Tanaman Karnivora Paling Mengagumkan
    Akan Ada Pink Bird, Burung Betina Di Game Angry Birds
    Ini Dia 7 Blogger Wanita Indonesia Paling Inspiratif

  2. #2
    Newbie
    Join Date
    Aug 2012
    Posts
    14
    Rep Power
    0

    Re: Subhanallah, Inilah Fakta Unik Mengenai Adzan

    Quote Originally Posted by Scor Wang View Post
    Tips dari Aku, Scor?.
    Kalian pakai headset otomatis saja.
    Jadi tidak mengganggu kenyamanan dan keamanan orang orang lain.

    Bagaimana jika di dekatnya ada orang yang sakit berat?.
    Misalnya penyakit jantung.
    Bukankah itu mengganggu?.
    Jika orang itu mati.
    Bukankah itu adalah "pembunuhan"?.

    Untuk membuka cakrawala kamu?.
    Scor berikan ini:
    Tentang Berpuasa.
    Reply post no. #160 (terutama), #162 (terutama) dan #163 (sebagai hiburan).
    emang ada sejarahnya orang meninggal kena serangan jantung gara-gara denger adzan?
    klo ada, coba kasih linknya...
    no bukti, sama dengan hoax

  3. #3
    Senior Member Scor Wang's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Location
    'Tersangkut di Indonesia' (???).
    Posts
    2,369
    Rep Power
    8

    Re: Subhanallah, Inilah Fakta Unik Mengenai Adzan

    Quote Originally Posted by raraulfa View Post
    emang ada sejarahnya orang meninggal kena serangan jantung gara-gara denger adzan?
    klo ada, coba kasih linknya...
    no bukti, sama dengan hoax
    Apakah kamu ada membaca baik baik reply post Scor itu?.
    Kan Scor nyatakan dengan kata bagaimana?.
    Tahu makna dari kata bagaimana?.

    Yang kamu tanyakan itu berunsur medis.
    Jadi coba kamu dengarkan saja saran saran ataupun tips tips dari dokter spesialis mengenai penderita penyakit jantung.
    .

    Usulan kamu untuk mencari link berkaitan itu?.
    Akh, Mendingan Scor mencari uang saja.
    Ngapain :d.

    @Moderator: Ternyata thread di buka kembali jah?.
    .
    Scor provokatif?.
    Tidaklah, Coba kamu tinjau dari sudut pandang lain.
    Perspektif lain.
    Pasti adalah tidak :d.
    Peace .
    Just call Me Scor;
    Member and Son of God,
    Brother of Jesus Christ in Heaven.

  4. #4
    Senior Member Latjuba's Avatar
    Join Date
    Aug 2012
    Location
    Indonesia
    Posts
    1,353
    Rep Power
    12

    Re: Subhanallah, Inilah Fakta Unik Mengenai Adzan

    Quote Originally Posted by indahsaput View Post

    2. Banyak non-muslim yang menjemput hidayah setelah mendengar adzan
    Banyak kisah perjalanan hidup kaum mualaf hingga akhirnya menemukan hidayah yang seringkali menyentuh nurani. Berbagai sebab mereka akhirnya masuk Islam. Salah satu sebab yang sering terjadi adalah suara adzan yang didengar mereka, telah menggetarkan hari dan kesadaran terdalam untuk mengucap syahadat. Seakan fitrah Islam dalam diri mereka terbangkitkan melalui alunan adzan itu.
    Kementerian Urusan Agama Turki pernah melansir sedikitnya 634 orang telah masuk Islam selama tahun 2011, termasuk 467 wanita, yang berusia rata-rata 30 sampai 35 tahun, dan berasal dari kebangsaan yang berbeda mulai dari Jerman, Maldiva, Belanda, Perancis, Cina, Brasil, AS, Rumania dan Estonia. Mereka adalah turis-turis yang tengah melancong ke Turki.
    Di kota Kayseri Turki sendiri, sedikitnya 14 orang telah masuk islam selama empat tahun terakhir, termasuk 10 wanita. Grand Mufti kota Kayseri, Syaikh Ali Marasyalijil menyebutkan umumnya mereka masuk Islam setelah tersentuh mendengar alunan adzan.
    Rapper papan atas Amerika Serikat, Chauncey L Hawkins yang populer disapa Loon bahkan mengakui masuk Islam setelah mendengar suara adzan saat dirinya tengah berkunjung ke Abu Dhabi, Dubai.
    Masih banyak lagi kisah menyentuh mualaf yang masuk Islam setelah mendengar alunan kumandang adzan.
    Di tempat lahirku,,lain lagi ceritanya,,,setiap suara adzan berkumandang dari kejauhan,,,slalu disambut lolongan anjing,,kemudian para orang tua akan menyuruh anaknya masuk rumah dan tdk boleh keluar rumah karena saat itu setan/mahkluk halus lagi keluar,,,,anjing dipercaya mempunyai kemampuan mendengar suara2 ultrasonik/ suara setan lewat/mahkluk halus,,,,dan itu masih sampai sekarang..

    Mungkin ini kali sampai anjing di benci/malahan ada muslim yg percaya tdk boleh bersentuhan dengan anjing...karena katanya Haram..

  5. #5
    Beginner
    Join Date
    Oct 2011
    Posts
    76
    Rep Power
    3

    Re: Subhanallah, Inilah Fakta Unik Mengenai Adzan

    Sewaktu anak saya berkunjung ke kampung kakeknya, terheran-heran kok ditempat kakeknya tidak ada bunyi adzan. Pada hal di Indonesia lho...

  6. #6
    Senior Contributor earsun's Avatar
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    where many malls and culinary gathered
    Posts
    7,922
    Rep Power
    33

    Re: Subhanallah, Inilah Fakta Unik Mengenai Adzan

    Quote Originally Posted by Latjuba View Post
    Di tempat lahirku,,lain lagi ceritanya,,,setiap suara adzan berkumandang dari kejauhan,,,slalu disambut lolongan anjing,,kemudian para orang tua akan menyuruh anaknya masuk rumah dan tdk boleh keluar rumah karena saat itu setan/mahkluk halus lagi keluar,,,,anjing dipercaya mempunyai kemampuan mendengar suara2 ultrasonik/ suara setan lewat/mahkluk halus,,,,dan itu masih sampai sekarang..

    Mungkin ini kali sampai anjing di benci/malahan ada muslim yg percaya tdk boleh bersentuhan dengan anjing...karena katanya Haram..
    Serupa dengan cerita teman saya,

    ketika azan subuh, dirumahnya sering terjadi peristiwa2 supranatural. Misalnya ada "penampakan" seperti sosok, suara, atau pergerakkan benda.

    konon karena rumahnya adalah tempat bekas pembantaian Orang Chinese saat jaman Belanda

    Tapi karena sering, lama2 teman saya dan keluarganya sudah terbiasa. Mereka percaya kalau penampakan itu cuma iseng aja, karena terbukti sampai sekarang ga ada yg membahayakan.

    Make peace with the dead... mungkin itu prinsip mereka.
    Legion of mindless zombies could even turned insolent marauder into a demigod

  7. #7
    Senior Member Scor Wang's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Location
    'Tersangkut di Indonesia' (???).
    Posts
    2,369
    Rep Power
    8

    Re: Subhanallah, Inilah Fakta Unik Mengenai Adzan

    Quote Originally Posted by Latjuba View Post
    Mungkin ini kali sampai anjing di benci/malahan ada muslim yg percaya tdk boleh bersentuhan dengan anjing...karena katanya Haram..
    Scor pernah mendapatkan teman setempat kerja begitu .
    Jika tersentuh oleh anjing?.
    Haram, Karena di kategori kan najis.
    .

    Ya, Begitulah manusia dan keyakinan serta kepercayaan nya di dalam beragama.
    .

    Tahu sama tahu saja.
    Just call Me Scor;
    Member and Son of God,
    Brother of Jesus Christ in Heaven.

  8. #8
    Contributor awico's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Location
    Jepara
    Posts
    4,688
    Rep Power
    7

    Re: Subhanallah, Inilah Fakta Unik Mengenai Adzan

    Quote Originally Posted by Scor Wang View Post
    Scor pernah mendapatkan teman setempat kerja begitu .
    Jika tersentuh oleh anjing?.
    Haram, Karena di kategori kan najis.
    .

    Ya, Begitulah manusia dan keyakinan serta kepercayaan nya di dalam beragama.
    .

    Tahu sama tahu saja.
    good good good...setuju aja deh...

  9. #9
    Junior Member
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    317
    Rep Power
    2

    Re: Subhanallah, Inilah Fakta Unik Mengenai Adzan

    ikut nyimak aja deh. banyak komen provokatif

  10. #10
    Senior Member bmehk's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,452
    Rep Power
    5

    Re: Subhanallah, Inilah Fakta Unik Mengenai Adzan

    hmm lumayan menambah wawasan...............

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0