Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 12

Thread: [Nostalgia] Enny Arrow, Legenda Novel Erotis Indonesia


  1. #1
    Junior Member hidsan23's Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    271
    Rep Power
    4

    Talking [Nostalgia] Enny Arrow, Legenda Novel Erotis Indonesia

    Pembicara sebuah seminar lingkungan di Bandung itu menutup makalahnya. "Any question?" tanya dia pada peserta seminar.

    Tak ada yang mengacungkan tangan.

    "No, oke kalau any arrow?" candanya.

    Hadirin yang berusia 40 tahun ke atas tertawa mendengar canda si pembicara. Sementara yang mahasiswa dan berusia belasan tahun mengerenyitkan dahi. Tak mengerti maksud lelucon itu.

    Maksud any arrow adalah enny arrow. Mereka yang menginjak ABG tahun 1980-an, tentu hapal betul novel-novel karya Enny Arrow. Pada masanya, Enny Arrow adalah legenda. Remaja pria yang berusia belasan tahun tahun 80an pasti pernah sembunyi-sembunyi membaca novel Enny Arrow.

    Pada era 80an belum ada VCD porno atau situs porno di internet. Maka pada novel karangan Enny Arrow-lah, para remaja mengenal pornografi untuk pertama kali.

    Novel Enny Arrow tidak tebal, hanya puluhan lembar. Isinya luar biasa vulgar. Menggambarkan hubungan seks secara detil dan hiperbola. Pembaca diajak berimajinasi liar membayangkan sepasang kekasih berasyik masyuk. Tak ada alur cerita di dalam novel itu, hanya dari satu adegan seks ke adegan berikutnya.

    Tak ada yang tahu siapa sebenarnya Enny Arrow. Pengarang itu tetap misterius hingga kini. Penerbitnya pun tidak mencantumkan alamat. Hanya Penerbit Mawar dengan logo sekuntum mawar mekar yang diletakkan miring.

    Novel erotis Enny Arrow terbit puluhan judul. Judulnya sudah menggambarkan isi ceritanya seperti 'Malam Kelabu', 'Gairah dan Cinta' atau 'Selembut Sutera'. Covernya gambar wanita yang berpose agak panas.

    "Dulu belinya diam-diam di tukang koran. Harganya murah. Bilang aja stensilan Enny Arrow. Biar tidak dirazia guru, covernya disobek. Biasanya nanti halamannya tidak lengkap karena dibaca bergantian temen-temen sekelas," tutur Agus Harianto (47), salah satu pembaca novel Enny Arrow,
    kepada merdeka.com.

    Selain Enny Arrow, satu lagi novel erotis stensilan adalah serial detektif Nick Carter. Isinya sama-sama vulgar, hanya alur ceritanya lebih jelas. Sosok Nick Carter digambarkan seperti agen rahasia James Bond dengan petualangan dan misteri. Nah, hubungan seks diberikan sebagai bumbu.

    Novel Nick Carter terbit di Amerika Serikat tahun 1964 oleh Awards Book. Settingnya banyak berlatar belakang perang dingin antara AS dan Uni Soviet. Diceritakan Nick Carter adalah agen AXE yang kerap terlibat asmara. Ada 261 judul petualangan Nick Carter yang terbit dari tahun 1964-1990. Tapi tak jelas siapa pengarangnya.

    Tapi di Indonesia, agaknya novel Nick Carter ditulis ulang oleh penulis lokal. Cerita seks ditambah berkali-kali lipat sehingga lebih dominan daripada petualangan sang detektif.

    Kejayaan Nick Carter dan Enny Arrow berakhir tahun 90an. VCD porno dan internet menggantikan cerita stensilan murah di kalangan remaja. Pornografi tak pernah mati. Hanya bermetamorfosis dalam media yang lebih modern.


    Sumber

    --------------------------------------------------


    Ada yang ingat dan mengalami jaman ini ?
    Last edited by hidsan23; 23-10-12 at 11:26 PM.
    Suatu saat jarak terjauh kita adalah guling

  2. #2
    Senior Contributor earsun's Avatar
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    where many malls and culinary gathered
    Posts
    7,934
    Rep Power
    33

    Re: [Nostalgia] Enny Arrow, Legenda Novel Erotis Indonesia

    Sekarang jadi collector's item dan mahal deh harganya
    Legion of mindless zombies could even turned insolent marauder into a demigod

  3. #3
    Member vtc06's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    .id
    Posts
    956
    Rep Power
    11

    Re: [Nostalgia] Enny Arrow, Legenda Novel Erotis Indonesia

    dulu 1 stensil jadi rebutan temen2 sekelas

  4. #4
    Contributor falz_oi's Avatar
    Join Date
    Feb 2012
    Location
    Nusantara
    Posts
    2,528
    Rep Power
    18

    Re: [Nostalgia] Enny Arrow, Legenda Novel Erotis Indonesia

    buka rahasia ach...Ik dulu malah pakai web copier buat harvest semua isi situs berbackground kuning yg isinya mirip cerita gituan....ternyata cuma 27 Mb udah dapat ribuan crita...hahaha
    Kita bisa menyumbang apa pada Ibu Pertiwi?? (Soekarno - Hari Pramuka)

  5. #5
    Senior Contributor earsun's Avatar
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    where many malls and culinary gathered
    Posts
    7,934
    Rep Power
    33

    Re: [Nostalgia] Enny Arrow, Legenda Novel Erotis Indonesia

    Quote Originally Posted by falz_oi View Post
    buka rahasia ach...Ik dulu malah pakai web copier buat harvest semua isi situs berbackground kuning yg isinya mirip cerita gituan....ternyata cuma 27 Mb udah dapat ribuan crita...hahaha
    Pasti tahu andani citra dongg
    Legion of mindless zombies could even turned insolent marauder into a demigod

  6. #6
    Contributor falz_oi's Avatar
    Join Date
    Feb 2012
    Location
    Nusantara
    Posts
    2,528
    Rep Power
    18

    Re: [Nostalgia] Enny Arrow, Legenda Novel Erotis Indonesia

    Quote Originally Posted by earsun View Post
    Pasti tahu andani citra dongg
    sekitar 7an episode yak...hahaha.
    Kita bisa menyumbang apa pada Ibu Pertiwi?? (Soekarno - Hari Pramuka)

  7. #7
    Senior Member Schuster's Avatar
    Join Date
    Jan 2011
    Location
    ZAKARta
    Posts
    1,722
    Rep Power
    6

    Re: [Nostalgia] Enny Arrow, Legenda Novel Erotis Indonesia

    jaman gue SD gue pernah nemu buku ini kepunyaan om gue, wkwkwk kirain cuma buku BB17 biasa
    ternyata itu buku legenda ya

    soalnya isi nya gak terlalu fulgar sih, maklum dulu masih kalem2 mungkin
    Rocket Ship Goes By

  8. #8
    Newbie Clarius M's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    Medan
    Posts
    5
    Rep Power
    0

    Re: [Nostalgia] Enny Arrow, Legenda Novel Erotis Indonesia

    seingat saya dulu sempat ada juga karangan fredy s yang berjudul marisa dan termasuk hot juga tuh isi ceritanya

  9. #9
    Contributor djunbd's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    3,914
    Rep Power
    14

    Re: [Nostalgia] Enny Arrow, Legenda Novel Erotis Indonesia

    benar2 seperti berhasrat untuk menyaingi kamasutra sebagai kitab pusaka no 1....

  10. #10
    Senior Contributor
    Join Date
    Dec 2010
    Posts
    7,427
    Rep Power
    0

    Re: [Nostalgia] Enny Arrow, Legenda Novel Erotis Indonesia

    ap jaman yang dahulu banget udah ada yang kayak gituan gan

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO