Page 1 of 4 1234 LastLast
Results 1 to 10 of 37

Thread: Para Sniper Legendaris


  1. #1
    Contributor HDDStudio's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Jakarta - Indonesia
    Posts
    4,398
    Rep Power
    12

    Para Sniper Legendaris


    Disclaimer: This killboard is in no way intended to glorify the amount of people killed by these snipers, it is intended to recognize the manner in which these soldiers excelled at accomplishing the mission assigned to them in a time of war.
    sumber: History famous snipers killboard.


    Dari Buku Sniper Training, Techniques and Weapon yang ditulis Peter Brookesmith (2000) :
    1. Simo Hayha, Finland, 542 hit
    2. Erwin Koenig, SS Sniper Jerman 500 Hit
    3. Nikolai Yakolevich Ilyin, USSR 496 Hit
    4. Vasily Gregorievich Zaitzev, USSR 400 Hit
    5. Lyudmila Pavlichenko, USSR 296 Hit
    6. Adelbert Waldron III, US Army 109 Hit
    7. Charles B. Mawhinney, US Marine Corps 103 Hit
    8. Carlos N. Hathcock, US Marine Corps 98 Hit
    9. Thomas R. Leonanrd, US Marine Corps 93 Hit
    10. Joseph T.Ward US Marine Corps 63 Hit
    11. George Filyaw, US Marine Corps 56 Hit
    12. Philip G. Moran, US Marine Army 53 Hit
    13. K.Tatang, Kopassus RI 41 Hit
    14. Tom Ferran, US Marine Corps 41 Hit

    Seperti yang dibilang pada perbandingan disini Mosin Nagant Rules :
    Simo Häyhä using the Mosin Nagant M28 or M28/30 rifle with open sights and Suomi K31 SMG
    sumber: Simo H

    Aksi duel 2 sniper legendaris Vasily Zaitzev dan Erwin Koenig bisa ditonton di film keluaran Holywood Enemy at The Gates. Tetapi sampai saat ini masih simpang siur tentang identitas sniper Jerman yang berduel di Stalingrad melawan Vasily Zaitzev tsb. Bahkan Sejarawan Anthony Beevor dalam bukunya yang berjudul Stalingrad mengatakan kejadian duel tsb adalah fiktif belaka. Ada pula yang berpendapat bahwa kejadian ini hanyalah sarana propaganda USSR untung mengangkat moral pasukannya (silakan lihat ini dan ini)

    Soal siapa itu K. Tatang pihak TNI sampai sekarang merahasiakan jati dirinya dan tidak diketahui keberadaan yang bersangkutan dimana. Tapi isu yang beredar penjaga kantin di sebuah markas Kostrad (markas yang di daerah mana lupa) ada yang bernama Tatang dan dialah K. Tatang si sniper legendaris dari Indonesia (kalau cerita ini bener beuh kok sedih tenan.. orang macam K. Tatang kenapa ndak dipulikasikan saja toh misi dia udah lama selesai dan lagi udah pensiun dari TNI udah lama mungkin ada yang tertarik memuat kisahnya ke buku, film atau menggunakan beliau buat bintang iklan biar hidupnya rada sejahtera dikit di hari tua).

    BTW angka hit diatas adalah angka hit yang berhasil dikonfirmasi (biasanya dengan mengambil atribut kepangkatan/identitas lain si korban) kemungkinan besar hit sebenarnya lebih besar lagi dikarenakan sering terjadi kondisi dimana tidak memungkinkan untuk mengambil atribut kepangkatan/identitas korban.
    The Board of Directors.....

  2. #2
    Contributor HDDStudio's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Jakarta - Indonesia
    Posts
    4,398
    Rep Power
    12

    Re: Para Sniper Legendaris

    Ada Penembak Jitu ada Penembak Runduk


    Penembak jitu adalah istilah yang dipakai pada bidang militer. Seorang penembak jitu terlatih untuk menembak secara tepat dan akurat dengan menggunakan senapan tipe tertentu. Beberapa doktrin militer memakai penembak jitu yang tergabung dalam infanteri tingkat regu.
    Penembak jitu modern sering disamakan dengan penembak runduk (sniper), padahal, keduanya sebenarnya berbeda.

    Sejarah
    Salah satu awal munculnya penembak jitu adalah dalam Revolusi Amerika. Kompi senapan Amerika, yang dipersenjatai Pennsylvania/Kentucky Long Rifle, menjadi prajurit dalam Tentara Kontinental. Karena keakuratan prajurit-prajurit ini, banyak perwira Inggris yang harus mencopot lambang perwira mereka, agar tidak dijadikan target.

    Pemakaian awal penembak jitu lainnya adalah pada Angkatan Darat Inggris di era Napoleon. Ketika itu, tentara lain lebih banyak menggunakan musket yang tidak akurat, tapi Green Jackets Inggris menggunakan senapan Baker yang terkenal. Dengan alur khusus didalam larasnya, senapan ini jauh lebih akurat, walau pengisiannya lebih lama. Para pemakai senapan ini termasuk tentara elit Inggris, dan menjadi garis depan yang diandalkan pada banyak pertempuran.
    Penembak jitu juga dipakai pada Perang Saudara Amerika. Penembak jitu ini digunakan oleh kedua pihak yuang berperang. Prajurit elit ini terlatih dan dipersenjatai dengan baik, dan juga ditempatkan di garis depan sebagai yang pertama melawan musuh.

    Perbedaan penembak runduk dengan penembak jitu
    Beberapa doktrin membedakan antara penembak runduk (sniper) dengan penembak jitu (marksman, sharpshooter, atau designated marksman). Sniper terlatih sebagai ahli stealth dan kamuflase, sedangkan penembak jitu tidak. Sniper merupakan bagian terpisah dari regu infanteri, yang juga berfungsi sebagai pengintai dan memberikan informasi lapangan yang sangat berharga, sniper juga memiliki efek psikologis terhadap musuh. Sedangkan penembak jitu tidak memakai kamuflase, dan perannya adalah untuk memperpanjang jarak jangkauan pada tingkat regu.

    Penembak jitu umumnya memiliki jangkauan sampai 800 meter, sedangkan sniper bisa sampai 1500 meter atau lebih. Ini dikarenakan sniper pada umumnya menggunakan senapan runduk bolt-action khusus, sedangkan penembak jitu menggunakan senapan semi-otomatis, yang biasanya berupa senapan tempur atau senapan serbu yang dimodifikasi dan ditambah teleskop.

    Sniper telah mendapatkan pelatihan khusus untuk menguasai teknik bersembunyi, pemakaian kamuflase, keahlian pengintaian dan pengamatan, serta kemampuan infiltrasi garis depan. Ini membuat sniper memiliki peran strategis yang tidak dimiliki penembak jitu. Penembak jitu dipasang pada tingkat regu, sedangkan sniper pada tingkat batalyon dan tingkat kompi.

    Persenjataan
    Karena penembak jitu modern tingkat regu (designated marksman) mengisi jeda antara infanteri biasa dengan penembak runduk, senapan penembak jitu juga dirancang sebagai penengah. Senapan penembak jitu harus memiliki jangkauan yang lebih jauh dari senapan serbu (sekitar 500 meter), tapi tidak perlu sampai jangkauan tingkat senapan runduk (lebih dari 1000 meter).

    Karakteristik
    Sifat-sifat yang sama dengan senapan runduk:
    • Bidikan teleskopik
    • Peluru yang lebih besar
    Sifat-sifat yang sama dengan senapan serbu:
    • Kemampuan menembak semi-otomatis
    • Kapasitas magasine besar, 10 sampai 30 butir peluru

    Adaptasi senapan tempur
    Senapan tempur disini adalah senapan semi-otomatis dengan kaliber 7.62 x 51 mm seperti M14, FN FAL, dan HK G3, yang dulu dipensiunkan dan digantikan senapan dengan kaliber lebih kecil 5.56 x 45 mm NATO seperti senapan serbu M16. Senapan tempur ini lebih cocok dirubah menjadi senapan penembak jitu mutlak karena pelurunya yang lebih kuat.
    Contoh:
    • M21: diadaptasikan dari M14.
    • U.S. Marine Corps Designated Marksman Rifle: diadaptasikan dari M14.
    • G3SG/1: varian dari HK G3.

    Adaptasi senapan serbu
    Memodifikasi senapan serbu adalah pilihan yang paling mudah dan murah, karena senapan serbu hanya perlu ditambahkan alat bidik teleskop dan tetap menggunakan kaliber yang sama.

    Solusi yang lebih efektif adalah mengganti kaliber peluru dengan kaliber lebih besar, dan mengganti laras khusus yang lebih berat.
    Contoh senapan penembak jitu yang menggunakan kaliber original:
    • US Army Squad Designated Marksman Rifle (SDM-R): adaptasi dari M16.
    • U.S.M.C. Squad Advanced Marksman Rifle (SAM-R): adaptasi dari M16.
    • M16A2E3: varian dari M16.
    • US Navy Mark 12 Mod X Special Purpose Rifle: M16 yang dimodifikasi.
    Contoh senapan penembak jitu yang menggunakan kaliber baru:
    • Galil Galatz: varian 7.62 x 51 mm dari IMI Galil.
    • SR-25: berdasarkan Stoner AR-10.

    Senapan khusus
    Dragunov SVD adalah contoh senapan yang dibuat khusus untuk memenuhi kriteria yang sekarang dinamakan "senapan penembak jitu".


    Senapan runduk
    Senapan runduk adalah senapan laras panjang yang dipakai satuan militer atau penegak hukum, yang dibuat lebih akurat dan memiliki jangkauan yang lebih besar daripada senjata ringan lainnya. Senapan runduk memiliki akurasi tingkat tinggi, menggunakan alat bidik teleskop, dan biasa menggunakan peluru centerfire militer.

    Sejarah
    Peran seorang sniper (penembak runduk) sudah dipakai dalam perang sejak abad ke-18, tapi senapan runduk termasuk penemuan yang lumayan baru. Perkembangan teknologi, khususnya pada bidikan teleskop dan perakitan modern, membuat satuan-satuan militer bisa mempersenjatai prajurit-prajurit yang dilatih khusus dengan senjata yang bisa menembak dengan akurat pada jarak yang jauh lebih besar daripada senjata infanteri biasa.

    Perang Saudara Amerika
    Tentara Konfederasi yang menggunakan teleskop sepanjang laras pada senapan Whitworth Inggris bisa membunuh tentara musuh pada jarak 300 yard, jarak tembak yang sangat luar biasa pada masa itu.

    Perang Dunia I
    Awalnya senapan runduk adalah senapan standar yang menggunakan "bidikan intip", yang sebenarnya dirancang untuk tempat latihan. Baru pada awal Perang Dunia I senapan runduk mulai muncul. Salah satu senapan runduk militer pertama yang menggunakan teleskop adalah Lee-Enfield Mk III.

    Perang Dunia II
    Senapan runduk yang biasa digunakan pada era Perang Dunia II adalah senapan standar (yang dipilih karena terkenal akurat), yang kemudian diberi bidikan teleskop, bantalan pipi, dan bolt yang dimodifikasi agar teleskop bisa terpasang. Pada akhir perang, semua peserta perang telah memiliki prajurit yang terlatih khusus untuk menggunakan senapan runduk, dan peran ini dipakai sampai sekarang.
    Contoh senapan runduk era Perang Dunia II:
    • Mosin-Nagant M91/30 dipakai Uni Soviet dan Finlandia
    • Karabiner 98k dipakai Jerman
    • Lee-Enfield No 4 Mk I (T) dipakai Inggris
    • SMLE Mk III* (HT) dipakai Australia
    • Springfield 1903 dipakai Amerika Serikat
    • Arisaka Type 97 dipakai Jepang

    Senapan modern
    Senapan-senapan yang diproduksi khusus sebagai senapan runduk baru dimulai pada tahun 1960an. Tujuannya adalah untuk meningkatkan akurasi sebaik mungkin. Senapan-senapan ini dibuat khusus untuk bisa menahan panas, menahan getaran, dan hal-hal lain yang bisa mengurangi akurasi.

    Klasifikasi
    Senapan runduk modern secara umum dibagi menjadi dua kelas utama: militer dan penegak hukum.

    Militer
    Senapan runduk yang dibuat untuk dipakai militer biasanya mengorbankan sedikit akurasi, demi kehandalan dan kemudahan pemakaian di lapangan. Penembak runduk dan penembak jitu militer, akan bergerak membawa senapan runduk mereka—bersama peralatan-peralatan lainnya—pada jarak yang jauh, jadi berat juga sangat penting. Militer juga biasa memiliki pendanaan yang ketat, yang akan mempengaruhi pemilihan dan pembelian senapan runduk, seperti juga pembelian peralatan militer lainnya.

    Penegak hukum
    Skenario kepolisian, termasuk satuan anti-teroris, mengharuskan penembak jitu untuk untuk menembak bagian tertentu target (seperti tangan atau kepala), atau sebuah benda tertentu (misalnya senjata api). Oleh karena itu, senapan runduk yang dipakai kepolisian harus memiliki akurasi yang lebih tinggi dari pada senapan runduk militer, tapi pada jarak yang lebih pendek, biasanya dibawah 100 meter.
    Contoh senapan runduk yang dibuat khusus untuk digunakan pihak kepolisian adalah senapan-senapan yang dibuat berdasarkan kriteria yang ditetapkan kepolisian Jerman Barat setelah terjadinya pembantaian Munich pada Olimpiade Musim Panas 1972. Heckler & Koch PSG1 adalah salah satu senapan yang memenuhi kriteria tersebut, dan sering disebut sebagai senapan runduk terbaik jenis ini. FN Special Police Rifle adalah contoh lain senapan runduk yang dibuat untuk kepolisian dan bukan untuk militer.


    Senapan serbu
    Senapan serbu adalah senjata api otomatis yang merupakan senapan laras panjang atau karabin, yang memiliki pilihan tembakan (selective-fire), dan menggunakan amunisi kaliber menengah. Senapan serbu masuk dalam kategori diantara senapan mesin ringan, yang berfungsi untuk menembak secara full-otomatis sebagai senjata pendukung, dan submachine gun, senjata otomatis yang menggunakan peluru ukuran peluru pistol sebagai senjata api jarak dekat. Senapan serbu sudah menjadi persenjataan standar untuk tentara modern, menggantikan senapan laras panjang era Perang Dunia II, seperti M1 Garand dan SKS.
    Contoh senapan serbu adalah M16, keluarga AK-47, dan FAMAS yang menggunakan desain bullpup. Contoh lain yang lebih unik adalah LR 300 dan HK G36, keduanya menggunakan teknologi polimer modern dan desain komputer.

    Sumber : Dephan, Mabes TNI, Mabes Polri, Majalah Angkasa
    The Board of Directors.....

  3. #3
    Senior Contributor paujan,patah's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    202.169.62.13/member.php?u=986695
    Posts
    7,243
    Rep Power
    15

    Re: Para Sniper Legendaris

    ada yg tau game GTA4 ???
    itu ada 2 jenis senapan jarak jauh.(bener ga ya ngomongnya ???)
    yg magazinnya 5 & 10.

    nah,itu tipe apa saja ya ??? dan diadaptasikan dari senjata apa ???
    Kucing Angop 666,you're cleared to take off

  4. #4
    Contributor HDDStudio's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Jakarta - Indonesia
    Posts
    4,398
    Rep Power
    12

    Re: Para Sniper Legendaris

    For The Few and The Best

    Just like any other elite unit in the world, the Indonesian elite forces personnels are selected from the best soldiers in Indonesian armed forces. As elite modern combat units, they operate in small groups and in covert missions.
    These web pages are dedicated to the bravest and most skilled soldiers of Indonesian armed forces.

    Indonesia's Elite Forces

    X-Men post:
    Pasukan KOMANDO TNI :

    1. Kopassus TNI AD : adalah Komando Tempur resmi organisasi pasukan khusus AD sekaligus bala pertahanan pusat TNI. Yang dimaksud adalah selain sebagai organisasi pasukan khusus yang Berdiri Sendiri, Kopassus adalah pusat pendidikan dari semua personel pasukan khusus yang berada di lingkungan AD selain Kopassus dan melaksanakan misi khusus sesuai perintah panglima TNI. Anggota 70% berasal Korps Infanteri dan 30% dari campuran kecabangan Korps artileri, kavaleri, CPM, Kesehatan, peralatan, perhubungan, Ajudan Jenderal, Intendant , Keuangan dan Angkutan. Kopassus mempunyai satuan penanggulangan teror yang dikenal dengan nama SAT 81 GULTOR dan Group khusus Intelijen Sandhi Yudha

    Perbandingan di luar negeri : Green Berrets dan SAS Inggris

    Sat 81 Gultor setara dengan Delta Force ( US ARMY walaupun anggota Delta konon ada yang berasal dari US NAVY )

    2. Korpaskhas TNI AU : adalah korps kecabangan pasukan lintas udara dalam AU. Dalam perkembangannya pasukan LINUD AU ini berkembang menjadi salah satu pasukan yang bersifat KHUSUS dalam lingkungan TNI ditandai dengan munculnya konsep pelatihan komando dan brevet komando yang diadaptasi dari pendidikan komando Kopassus yang kemudian di upgrade oleh para petinggi paskhas sehingga pas untuk kebutuhan AU. Sesuai Namanya Pasukan ini melaksanakan tugas khusus "khas" matra udara. Prajurit direkrut langsung dari tamtama dan bintara muda ( PK ) dan Sumber perwira diambil dari berbagai korps kecabangan dalam AU. Korpaskhasau mempunyai Detasemen Bravo sebagai Detasemen Khusus Penanggulangan Teror khususnya di wilayah matra udara.

    Perbandingan di luar negeri : USAF Special Tactic dan PVO ( Pasukan Pertahanan Udara Rusia)


    Pasukan khusus TNI (Irreguler)

    1. Kopaska : adalah organisasi "combat frogmen" resmi satu satunya dalam tubuh TNI. Kopaska adalah "Kopassus di alam bawah air" dalam operasi peperangan laut - amfibi. Anggota awal Kopaska memang adalah anggota Kopassus AD ( RPKAD ). Kopaska adalah pemegang "lisensi" dalam TNI untuk urusan underwater combat dan combat scuba. Semua unsur pasukan khusus TNI maupun pasukan reguler yang ingin memperdalam kemampuan selam tempur dan demolisi bawah air ( UDT ) berguru kepada KOPASKA. Prajurit KOPASKA direkrut dari pelaut, tehnisi atau prajurit AL ( non Marinir ) yang pernah bertugas di kapal perang. Hal ini disesuaikan dengan integrasi KOPASKA dalam SSAT ( Sistem Senjata Armada Terpadu ) Naval Warfare secara utuh. Berkaitan dengan sabotase bawah air (lepas pantai), operasi amfibi, penyapu ranjau dan perintis operasi amfibi bagi AL ( diterjunkan bersama Yon Taifib Marinir) dan operasi pengintaian. Apabila KOPASKA punya 1 KOmandan Pusat ( DANSATPASKA ) berpangkat Jenderal Bintang 1 ( LAKSMA ) maka KOPASKA berhak menyandang nama pasukan KOMANDO. Kultur KOPASKA sangat lekat dengan 2 saudaranya Kopassus dan Paskhas...yaitu Lipatan lengan panjang baju PDL loreng dilipat ke luar seperti halnya lipatan baju PDL AD dan AU. KOPASKA punya 2 detasemen gultor di wilayah barat dan timur dan 1 unit gultor gabungan dengan Personel korps Marinir yang dikenal dengan nama Detasemen Jala Mengkara

    Perbandingan di luar negeri : US NAVY SEAL dan SBS ( Inggris)

    2. Raider : Pasukan ini adalah konsep pengembangan Infanteri Gaya Baru pada awalnya. Pada masa awalnya, Raider adalah pasukan yang diciptakan untuk bisa digunakan dengan keadaan minimal tetapi hasilnya maksimal. Aplikasi saat itu adalah pasukan pemukul reaksi cepat dan peperangan hutan serta patroli panjang. Pasukan pertama yang berkualifikasi Raider adalah Batalyon 401 dan Batalyon 328. Setelah KOSTRAD terbentuk, menu latihan kualifikasi raider adalah mutlak bagi tiap personel LINUD KOSTRAD. Tetapi pertengahan tahun 1968, Kualifikasi Raider mulai terbuka untuk Yonif non KOSTRAD maupun lingkungan SATBANPUR dan Administrasi. Perlu dicatat saat itu tidak ada pendidikan kecabangan Infanteri setelah Pendidikan Pertama untuk semua golongan. Pelajaran Infanteri didapat ketika prajurit telah berda dalam kesatuannya masing2. Awal tahun 1980-an Batalyon berkualifikasi Raider dihapus tanpa sebab yang jelas. Tetapi bagi satuan satuan yang dulunya adalah satuan RAIDER, tetap menerapkan pelatihan ini secara intern kepada Prajurit baru sebagai syarat menjadi warga batalyon.
    Sesuai tuntutan tugas TNI, maka kualifikasi Raider dihidupkan kembali dan di "up grade" dengan pola pertempuran modern tentang perang anti gerilya, perang berlarut, dan CQB ditambah konsep baru yaitu " Pasukan MOBUD" alias Air Assault. Pasukan dipelajari tehnik rappeling dari heli dengan benar. Khusus Raider Para ( yang berasal dari Yonif Linud KOSTRAD ) mendalami tentang combat troops dengan benar dan sabotase pangkalan udara. Personel Raider masih diseleksi lagi oleh Kopassus untuk mendalami Penanggulangan Teror. Menjadi pasukan CQB , mendalami pertempuran kota dan kontra teroris + penyelamatan sandera. Terdapat 10 Batalyon Raider di tiap KODAM dan 2 Divisi KOSTRAD + unit Gultor Raider Makostrad (Gabungan KOSTRAD)

    Perbandingan luar negeri : US ARMY RANGER

    3. TonTai Pur KOSTRAD : Pasukan berbentuk peleton ( 3 Peleton) ini dikhususkan untuk pengintaian tempur ( darat, laut dan udara), pengintaian jarak jauh, perang hutan dan anti gerilya. Berada di bawah kendali Detasemen Intelijen KOSTRAD. TonTai Pur dididik oleh Kopassus, KOPASKA dan KOSTRAD sendiri. Hal ini terkait dengan penjabaran tugas yang kompleks dalam pengintaian tempur utamanya untuk kepentingan pasukan KOSTRAD. Dalam pengembangannya TONTAI PUR diajarkan pula menjadi pasukan gultor yang bisa dioperasikan di wilayah perkotaan. Anggota TonTai Pur DIREKRUT DARI ANGGOTA TONTAI KAM DI SETIAP BRIGADE INFANTERI LINUD / LINMED KOSTRAD. Seluruh prajurit TonTai Pur harus mempunyai brevet PARA. Kelebihan TonTai Pur dibandingkan dengan Taifib Marinir adalah medan penugasan yang lebih luas karena bernaung dalam matra darat ( Jend Ryamizard Ryachudu Pendiri TonTai Pur)

    Perbandingan luar negeri : Sayeret mat'kal "The Unit" ( Israel ) dan Special Mission Battalion South Korean Army.

    4. Yon Taifib Marinir : Pasukan ini dibentuk dengan konsep awal pengintaian pantai untuk kepentingan operasi amfibi korps marinir. Kemudian berkembang menjadi sekaligus pasukan penyerang apabila diperlukan. Karena itulah maka pasukan marinir yang satu ini diakui menjadi salah satu elit forces TNI. Pasukan ini dibagi dalam 2 batalyon ( pasmar 1 dan 2 ) dan anggotanya direkrut dari anggota marinir ( khususnya infanteri ,artileri dan kavaleri) yang telah bertugas min 2 tahun di korps marinir dan pernah bertugas tempur minimal 1 kali. Juga fisik dan stamina , pengetahuan militer, kualifikasi menembak, brevet para, water jump, IQ diatas rata2. Den Jaka adalah detasemen gultor yang anggotanya adalah anggota Taifib dan Kopaska. Kendali Komando Den Jaka terletak pada Dankormar.

    Perbandingan luar negeri : US Marines Force Recon, 3rd Commando Marines ( Inggris )
    Cobra post :
    Saya pikir konsep Raider disatu sisi justru lebih kompleks daripada US RANGER. Terutama perang gerilya dan jungle warfare. Mengingat seorang Pamen US ARMY pernah berkunjung ke Pusdik Infanteri ( Cipatat ) mengatakan bahwa taktik tempur pasukan TNI bisa dikatakan diatas rata2 tentara di negara lain. Hal itu dikarenakan alam indonesia & pengalaman bertempur terutama perang gerilya yang matang karena perjuangan yang panjang. Pasukan Gurkha dan SAS juga sempat memuji bahwa KOPASSUS adalah pasukan khusus terbaik ke 3 dunia setelah SAS dan The Unit ( Israel ). Banyak militer asing angkat tangan ketika menempuh pendidikan komando di batu jajar. Banyak dari Mereka tidak mampu menyelesaikan pendidikan komando walaupun Kopassus telah men " discount" materi yang diberikan.

    Minim persenjataan bukan berarti minim keahlian. SNIPER SAS Aussie terperangah melihat sniper baret merah 90% selalu tepat sasaran menembak dengan menggunakan senjata yang jauh dibawah kelasnya. Itulah yang dikejar oleh Prajurit TNI disaat susah spt sekarang. Kemahiran. Apa gunanya senjata bagus tapi ngga mahir menggunakannya?
    Stormer post:
    Beberapa AB negara asing memberikan komentar bahwa pendidikan komando yang dilaksanakan di pusdikpassus merupakan pendidikan yg Keras, Gila dan Brutal krn pendidikan komando di pusdikpassus mrpkn lat terberat di TNIAD dmana kondisi fisik dan mental prajurit "ditekan" melebihi batas maksimal kemampuan manusia. Tidak sedikit calon prajurit komando yang gugur dalam latihan karena (seleksi alam) tekanan fisik dan mental tersebut.
    Selama pendidikan komando, para prajurit ini sangat jauh dari kehidupan normal (tdk ada pesiar, tdk ada kesejahteraan yg mrk rasakan) bahkan senyum dari pelatih pun tidak. Para prajurit selama pendidikan komando harus lepas pangkat walaupun dia seorang perwira

    Ada yg mau menambahkan?

    Sumber : teman2 yg dinas di pusdikpassus dan kopassus
    TNI Special Forces Training.....

    The Board of Directors.....

  5. #5
    Senior Contributor paujan,patah's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    202.169.62.13/member.php?u=986695
    Posts
    7,243
    Rep Power
    15

    Re: Para Sniper Legendaris

    Quote Originally Posted by paujan,patah
    ada yg tau game GTA4 ???
    itu ada 2 jenis senapan jarak jauh.(bener ga ya ngomongnya ???)
    yg magazinnya 5 & 10.

    nah,itu tipe apa saja ya ??? dan diadaptasikan dari senjata apa ???
    kok pertanyaan saya tentang senapan blm dijawab ???

    ^^^postingan diatas dapet dari mana ??? (yg no.4)
    Kucing Angop 666,you're cleared to take off

  6. #6
    Contributor HDDStudio's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Jakarta - Indonesia
    Posts
    4,398
    Rep Power
    12

    Re: Para Sniper Legendaris

    Quote Originally Posted by paujan,patah View Post
    kok pertanyaan saya tentang senapan blm dijawab ???

    ^^^postingan diatas dapet dari mana ??? (yg no.4)
    Maaf, saia tidak main game GTA, kalau ada screenshotnya boleh posting disini, mungkin bisa dikenali kira-kira type apa.

    Posting nomer 4 ? Dari forum TNI-AU.

    Link sudah saya berikan
    The Board of Directors.....

  7. #7
    Senior Contributor baba-atung's Avatar
    Join Date
    Mar 2009
    Location
    ~ ??? ~
    Posts
    8,003
    Rep Power
    15

    Re: Para Sniper Legendaris

    tengkyu bro ud angkat pokok bahasan seperti ini...
    sedikit tambahan, smp saat ini sniper kita selalu dlm posisi sepuluh besar peringkat dunia...
    namun memang publikasi adalah sesuatu yg di haram kan kecuali ... ...

    loyalitas para snipes pada NKRI tidak akan terbeli oleh mata uang emas sekalipun...

    mungkinkah ada sedikit gambaran tentang satu divisi dgn nick "ghost" ?

    tengkyu !
    Last edited by baba-atung; 16-07-09 at 04:25 PM.
    sampai jumpa di lain kesempatan, itu pun klo nyawa masih nempel di raga ini..

  8. #8
    Contributor Expired2's Avatar
    Join Date
    Feb 2009
    Posts
    3,192
    Rep Power
    11

    Re: Para Sniper Legendaris

    Quote Originally Posted by HDDStudio View Post

    Soal siapa itu K. Tatang pihak TNI sampai sekarang merahasiakan jati dirinya dan tidak diketahui keberadaan yang bersangkutan dimana. Tapi isu yang beredar penjaga kantin di sebuah markas Kostrad (markas yang di daerah mana lupa) ada yang bernama Tatang dan dialah K. Tatang si sniper legendaris dari Indonesia (kalau cerita ini bener beuh kok sedih tenan.. orang macam K. Tatang kenapa ndak dipulikasikan saja toh misi dia udah lama selesai dan lagi udah pensiun dari TNI udah lama mungkin ada yang tertarik memuat kisahnya ke buku, film atau menggunakan beliau buat bintang iklan biar hidupnya rada sejahtera dikit di hari tua).
    Bukannya dia udah maen di Srimulat?

  9. #9
    Senior Contributor paujan,patah's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    202.169.62.13/member.php?u=986695
    Posts
    7,243
    Rep Power
    15

    Re: Para Sniper Legendaris

    ^yg bener ?????????
    Kucing Angop 666,you're cleared to take off

  10. #10
    Senior Contributor KAMIRIN's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Sukabumi Bencilangit
    Posts
    7,420
    Rep Power
    23

    Re: Para Sniper Legendaris

    Para mantan sniper itu, memang sengaja dibuat untuk hidup seperti demikian. Tetapi, mereka mendapat tunjangan yang cukup lumayan untuk para anggota keluarganya...
    Dan memang benar. Publikasi adalah sesuatu yang sangat haram.
    Jangan dikira para sniper itu garang2... Mereka justru santun, penyabar, lemah lembut dan jarang marah.
    Para sniper itu dibekali senapan sejak mereka latihan pertama kali. Dan nggak boleh ganti senapan sampai beberapa puluh tahun. Soalnya senapan buat mereka adalah "istri" juga. Harus hafal karakteristik dan lekuk liku senapan tsb.

    Juga ada yang perempuan.
    5. Lyudmila Pavlichenko, USSR 296 Hit

    Jarak terjauh mematikan rekornya adalah 2,310 meter. Dibukukan oleh seorang sniper Canada.
    -Tempat ini disewakan untuk iklan-

Page 1 of 4 1234 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0