Results 1 to 4 of 4

Thread: Misteri Danau Tarusan Kamang


  1. #1
    Newbie
    Join Date
    Feb 2013
    Posts
    4
    Rep Power
    0

    Lightbulb Misteri Danau Tarusan Kamang

    "Setumpuk Pohon Penuh Misteri di Gundukan Tanah di Tengah Genangan Tarusan Kamang".....(ketika air muncul dan menggenang begitu luasnya..seberapapun tinggi dan besarnya air, namun pohon yg satu di tengah pulau ini tak pernah ikut terendam oleh air...pohon dan rerimbunan akar ini seakan ikut mengapung....berada tetap diatas permukaan air...) Subhanallah...!



    Kabupaten Agam merupakan salah satu Kabupaten terlengkap akan Sumber Daya Alamnya di Provinsi Sumatera Barat. Hal itu, terbukti dari geografis alam, antara lain memiliki pantai, danau, gunung, lembah, hingga kawasan pariwisata seperti Lawang Park, Janjang Koto Gadang dan tempat wisata lainnya.

    Namun, kenyataannya masih ada setumpuk misteri yang sekian waktu tersembunyi di Ranah Agam bisa disebut dengan "Laksana Kristal Bening yang Belum Diasah", yang masih jarang dibicarakan oleh orang banyak, dimana sebenarnya memiliki keindahan dan kekayaan akan alamnya, yaitu danau Tarusan Kamang yang terletak di Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

    Danau Tarusan Kamang menurut cerita masyarakat setempat merupakan danau yang penuh dengan teka-teki dan misterius tentang kondisi alamnya yang berubah-ubah, memiliki luas sekitar 675 meter dan panjang 1,5 kilometer.

    Suarni (61) misalnya, mengungkapkan, fenomena alam yang menakjubkan di danau Tarusan Kamang adalah menghilangnya air danau kedalam perut bumi dan muncul di celah padang rumput yang hijau, tanpa bisa menebak waktunya.

    "Tidak seorangpun yang tahu pasti, kapan danau ini menggenang dan kapan akan mengering lagi jadi padang rumput. Satu-satunya yang sering menjadi isyarat bagi kamai adalah adanya bunyi dentuman di pojok danau.

    "Bila pada suatu waktu terdengar bunyi dentuman, itu pertanda esok harinya akan muncul air dan menggenang membentuk danau," ungkap suarni yang kesehariannya sebagai petani dan pengembala ternak.





    Dia menambahkan, tidak ada sungai di danau Tarusan ini, air muncul dan menghilang begitu saja ke perut bumi. Ketika air mulai menggenang, maka ikan-ikan dan sejenis udang pun bermunculan. Konon dulunya ikan-ikan di danau Tarusan cukup besar, tapi kini hanya tinggal ikan-ikan kecil yang dikenal dengan "Pantau Tarusan".

    Kemudian Prof. Handang Bakhtiar yang didampingi Bupati Agam Ir. H. Indra Catri, MSP, Dt. Malako Nan Putiah, saat ekspedisi danau Tarusan Kamang, Sabtu (23/2) mengatakan, dari hasil penelitian, dirinya mengakui bahwa fenomena alam yang terjadi di danau Tarusan memang ada.

    Dia menjelaskan, dari hasil penelitian ada sebuah lobang di celah bebatuan di pojok danau, namun diperkirakan tidak sepenuhnya menjadi alasan air muncul dan menghilang di sana.

    "Kita melihat, ada efek pelarutan air yang terjadi di dalam tanah sehingga air bisa meresap dan timbul begitu saja, dan tidak dipengaruhi karena cuaca, "kalau airnya mau keluar, ya keluar, kalau tidak ya tidak, tidak tergantung pada musim hujan atau kemarau, "tukas Prof. Handang.

    Disisi lain, Prof. Handang menemukan bahwa di danau Tarusan Kamang terdapat di zona patahan Sumatera bagian timur, sehingga itu menjadi salah satu alasan air datang dan mengering.

    Menurut dia, penelitian yang dilakukan tidak sampai satu hari saja karena masih banyak lagi terdapat fenomena alam yang harus digali di danau Tarusan Kamang . Seperti, terdapatnya bongkahan batuan kapur (gamping) di tepi-tepi danau Tarusan yang berusia sekitar ratusan abad.

    Ditemukannya bongkahan batu kapur tersebut, Prof. Handang dan Bupati Agam Indra Catri bersama puluhan fotografer dan jurnalistik takjub melihat adanya batuan kapur tersebut.

    "Baru pertama kali saya menemukan batu kapur di danau, karena biasanya batu kapur terdapat di daerah pantai. Ini menunjukkan, bahwa ratusan abad yang lalu danau Tarusan Kamang ini dahulunya merupakan lautan," tukasnya.

    Diprediksi, batu kapur tersebut berusia sekitar ratusan abad, dan memiliki kandungan mineral COCA 2. Dia menambahkan, wilayah Pulau Sumatera diakui dengan batu kapur yang lebih tua dibanding batu kapur yang berada di daerah Pulau Jawa.

    Dia berpesan, "Semakin banyak kita menggali misteri alam, maka semakin bersyukurlah kita kepada Allah SWT".

    Sementara itu, Bupati Agam Ir. H. Indra Catri, MSP, Dt. Malako Nan Putiah mengungkapkan, Agam memiliki beragam keindahan alam yang sangat eksotis. Seperti keindahan Ngarai Sianok, danau Maninjau, Lawang Park, Lembah, Lautan Pantai Tiku yang terkenal dengan kesejukannya, Gunung dan keindahan alam lainnya.

    Begitupun yang terdapat di danau Tarusan Kamang, dengan beragam keunikan, keindahan, serta Sumber Daya Alam (SDA) yang bagus. Dikatakan Bupati, ini pantas disebut dengan "Ekspedisi Tiga Dimensi Danau Tarusan Kamang".

    Karena, danau Tarusan Kamang tidak hanya memiliki potensi alam saja, melainkan terdapat fenomena alam yang unik, fotografi, dan terbang layang. Sehingga dengan adanya tiga dimensi tersebut Masyarakat Agam, khususnya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi (economic growth) Masyarakat Kamang Magek, karena ekspedisi dan promosi ini dengan sendirinya para pelancong baik lokal maupun mancanegara akan datang ke sini, papar Bupati Agam dengan nada meyakinkan.

    Pengunjung yang datang tidak hanya berasal dari pelancong saja, melainkan berasal dari para Pakar Geologi guna melakukan penelitian.

    Bupati berharap, dengan adanya potensi alam seperti ini, masyarakat sekitar danau Tarusan Kamang untuk terus menggali objek alam, serta menjaga dan melestarikannya secara berkelanjutan, karena terdapat vegetasi Sumber Daya Alam yang lengkap.

    Sebelum itu, Bupati berpesan kepada masyarakat untuk tidak melakukan tindakan kalau tidak tahu sebenarnya potensi alam yang dimiliki danau Tarusan karena dengan ketidaktahuan itu, nantinya akan menyebabkan kerusakan.


    sumber: INFO MINANG

    foto : Erison J Kambari

  2. #2
    Member
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    696
    Rep Power
    0

    Re: Misteri Danau Tarusan Kamang

    Indah ya tempatnya, tapi kalo jadi tempat wisata pastinya akan kotor
    Bila kamu tahu arti cinta, unsur air apa, Hidrogen H, atau Oksigen O2, yg bisa hilangkan dahaga?

  3. #3
    Senior Member yolia's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Location
    Bandung
    Posts
    1,514
    Rep Power
    4

    Re: Misteri Danau Tarusan Kamang

    Quote Originally Posted by kalahari View Post
    Indah ya tempatnya, tapi kalo jadi tempat wisata pastinya akan kotor
    Indah niaaan ini tempat.....

    wkwk betul juga, kalo dijadii tempat wisata bakalan kotor...!

  4. #4
    Junior Member 30xyhome's Avatar
    Join Date
    Mar 2013
    Posts
    242
    Rep Power
    2

    Re: Misteri Danau Tarusan Kamang

    yup alami yang menakjubkan...

    Quote Originally Posted by kalahari View Post
    Indah ya tempatnya, ..

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO