Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 11

Thread: Inilah 4 Menteri Kesayangan Pak Harto


  1. #1
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,854
    Rep Power
    0

    Inilah 4 Menteri Kesayangan Pak Harto



    Selama menjadi presiden di era Orde Baru, Soeharto didampingi oleh enam wakil presiden. Selama itu pula, cukup banyak menteri-menteri kabinet pembangunan yang sudah diangkat Pak Harto.

    Dulu pada masa Orde Baru jarang terjadi reshuffle kabinet. Banyak pula menteri yang terus dipertahankan dari satu periode ke periode berikutnya. Di antara begitu banyak menteri, ada beberapa menteri yang dikenal sebagai kesayangan Pak Harto. Berikut ini beberapa menteri kesayangan Pak Harto:


    1. Widjojo Nitisastro



    Widjojo Nitisastro dikenal sebagai ekonom handal yang menjadi arsitek ekonomi Orde Baru. Setelah menjadi dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Widjojo menjadi salah satu penasihat penting di bidang ekonomi hingga Pak Harto mundur pada 1998.

    Dalam kabinet pembangunan, dia menjabat sebagai Kepala Bappenas periode 1967-1983. Pada 1971 menjabat sebagai menteri perencanaan pembangunan. Kemudian pada periode 1973-1983 mengemban tugas sebagai menteri koordinator bidang ekuin. Sebagai arsitek ekonomi, Widjojo Nitisastro mengenalkan istilah garis besar haluan negara sebagai panduan pembangunan ekonomi Orde Baru. Majalah Newsweek menyebutnya sebagai "orang yang tak diragukan lagi memiliki dampak individual
    terbesar dalam perekonomian Indonesia."



    2. Harmoko



    13 Maret 1983 atau lebih beberapa hari dari 30 tahun lalu akan selalu diingat oleh Harmoko. Hari itu, dia dipanggil dan ditanya kesiapannya untuk memimpin Departemen Penerangan. Harmoko menyatakan sanggup dan sejak itu pula dia diangkat menjadi menteri penerangan Kabinet Pembangunan IV.

    Harmoko menjabat sebagai menteri penerangan selama tiga periode kabinet pembangunan yaitu Kabinet Pembangunan IV (1983-1998), Kabinet Pembangunan V (1998-1993) dan Kabinet Pembangunan VI (1993-1997). Pada saat menjadi menteri penerangan, Harmoko yang mempopulerkan istilah safari Ramadan, kelompencapir dan juga temu kader.

    Harmoko diakrabi oleh pemirsa televisi pada era Orde Baru, biasanya muncul setelah siaran berita untuk menjelaskan kepada publik tentang hasil-hasil sidang kabinet. Begitu dipercayanya Harmoko, dia pun sempat menjabat sebagai Ketua Umum Golkar. Harmoko diketahui kerap menemani Pak Harto dalam berbagai kesempatan menjalani hobi memancing.

    Harmoko pula yang mengusulkan Pak Harto untuk kembali menjadi presiden pada periode 1998-2003. Namun kemudian, mahasiswa dan rakyat menolak hingga pemerintahan Pak Harto jatuh pada 1998.



    3. BJ Habibie



    BJ Habibie adalah pakar pesawat terbang lulusan Jerman yang kemudian dipanggil pulang oleh Pak Harto untuk membangun ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. BJ Habibi menjabat sebagai menteri negara riset dan teknologi yang pertama pada tahun 1978. Jabatan Habibie sebagai menristek terus dipertahankan hingga empat periode kabinet Pembangunan. Terakhir Habibir menjabat sebagai menristek pada 1998 atau total selama 20 tahun sebelum akhirnya menjadi wakil presiden dan naik sebagai presiden menggantikan Pak Harto.

    Salah satu warisan BJ Habibie dalam pengembangan iptek adalah Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). BJ Habibie juga dikenal sebagai sosok yang mengembangkan industri dirgantara nasional.

    Kedekatan Pak Harto dengan Habibie dibuktikan keseriusan Pak Harto untuk mengawal proyek kebanggaan dirgantara Indonesia yaitu pesawat N-250. Pak Harto dan Ibu Tien Soeharto hadir di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat pada penerbangan pertama peswat itu 10 Agustus 1995.


    4. Sutami


    Sutami tidak hanya menteri kesayangan Bung Karno. Sutami juga menteri yang sangat diperhatikan oleh Pak Harto.

    Sutami menjabat sebagai menteri pekerjaan umum sejak Kabinet Dwikora. Dia menjabat sejak tahun 1965 hingga 1978. Di bawah pengawasannya, proyek raksasa seperti Gedung DPR, Jembatan Semanggi dan Waduk Jatiluhur, dibangun. Sutami pula yang memimpin proyek pembangunan Bandara Ngurah Rai.

    Sutami adalah menteri yang sangat bersahaja. Soeharto kerap menjenguk Sutami saat sakit. Soeharto pula yang meminta Sutami mau berobat ke luar negeri.

    Hal ini menunjukkan Sutami bekerja bukan untuk golongan tertentu. Bukan untuk satu presiden atau satu rezim saja. Sutami bekerja untuk bangsa dan rakyat Indonesia.

    Sutami menginggal dunia 13 November 1980 pada umur 52 tahun. Dia menderita sakit lever, diduga karena terlalu sibuk bekerja tanpa memikirkan kesehatannya sendiri.

    Tanggal 16 Desember 1981, Presiden Soeharto meresmikan bendungan Karangkates. Soeharto membacakan pidato penghormatannya untuk Sutami. Dia pun memberi nama bendungan Karangkates sebagai nama bendungan Sutami.

    "Untuk menjadikan nama beliau, untuk menyatakan rasa terima kasih Bangsa Indonesia kepada salah satu putranya yang berjasa, maka pada kesempatan ini saya umumkan dan saya resmikan nama bagi bendungan dan PLTA Karangkates dengan nama bendungan dan PLTA Prof. Dr. Ir Sutami," demikian pidato Pak Harto saat peresmian bendungan itu.


    SUMBER






    sepenggal cerita tentang menteri-menteri masa Orde Baru

  2. #2
    Senior Member
    Join Date
    Oct 2011
    Posts
    1,239
    Rep Power
    0

    Re: Inilah 4 Menteri Kesayangan Pak Harto

    yg ane hafal cuma harmoko doang gan haha
    .......................................

  3. #3
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,854
    Rep Power
    0

    Re: Inilah 4 Menteri Kesayangan Pak Harto

    Quote Originally Posted by priyatin View Post
    yg ane hafal cuma harmoko doang gan haha
    .......................................
    soalnya dia yang paling populer dan sering muncul di TV kayaknya gan

  4. #4
    Junior Member sdindo777's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Posts
    312
    Rep Power
    0

    Re: Inilah 4 Menteri Kesayangan Pak Harto

    menteri dulu itu fungsi sama backgroundnya pas. gak kaya sekarang backgroundnya apa fungsinya apa

  5. #5
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,854
    Rep Power
    0

    Re: Inilah 4 Menteri Kesayangan Pak Harto

    Quote Originally Posted by sdindo777 View Post
    menteri dulu itu fungsi sama backgroundnya pas. gak kaya sekarang backgroundnya apa fungsinya apa

    bener gan ... latar belakang pendidikan dan pengalaman tidak sesuai dengan jabatannya

  6. #6
    Junior Member 22xyhome's Avatar
    Join Date
    Feb 2013
    Posts
    311
    Rep Power
    2

    Re: Inilah 4 Menteri Kesayangan Pak Harto

    hmm kayaknya lebih ke faktor politis...

    Quote Originally Posted by FW1983 View Post
    bener gan ... latar belakang pendidikan dan pengalaman tidak sesuai dengan jabatannya

  7. #7
    Newbie caxrie's Avatar
    Join Date
    Mar 2013
    Location
    WarKop
    Posts
    49
    Rep Power
    0

    Re: Inilah 4 Menteri Kesayangan Pak Harto

    Orde baru oh Orde Baru,,
    Demokrasi nya tertutup, ane juga gak terlalu hapal menteri pd orde baru

  8. #8
    Senior Member Schuster's Avatar
    Join Date
    Jan 2011
    Location
    ZAKARta
    Posts
    1,722
    Rep Power
    6

    Re: Inilah 4 Menteri Kesayangan Pak Harto

    4. Sutami

    baru denger gue tentang beliau...
    Rocket Ship Goes By

  9. #9
    Junior Member csj01's Avatar
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    DKI Jakarta
    Posts
    377
    Rep Power
    2

    Re: Inilah 4 Menteri Kesayangan Pak Harto

    kira2 masih lebih OK mana yah menteri jaman orba sama jaman sekarang ?

  10. #10
    Senior Member yolia's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Location
    Bandung
    Posts
    1,514
    Rep Power
    4

    Re: Inilah 4 Menteri Kesayangan Pak Harto

    Quote Originally Posted by priyatin View Post
    yg ane hafal cuma harmoko doang gan haha
    .......................................
    iya nih, sekarang gimana kabarnya pak harmoko ya?

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0