Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 13

Thread: Kumpulan Foto Gerhana Matahari 10 Mei 2013 Terbaru Indonesia


  1. #1
    Senior Member
    Join Date
    Oct 2011
    Posts
    1,239
    Rep Power
    0

    Kumpulan Foto Gerhana Matahari 10 Mei 2013 Terbaru Indonesia

    Kumpulan Foto Gerhana Matahari 10 Mei 2013 Terbaru INDONESIA


    Foto Gerhana Matahari 10 Mei 2013 - Fenomena Gerhana Matahari Sebagian (GMS) atau Gerhana CINCIN Api di seluruh wilayah Indonesia kecuali Sumatera bagian Utara, Jumat pagi, 10 Mei 2013 banyak diabadikan pengguna Twitter.


    Foto-foto Gerhana Matahari itu sudah beredar di sejumlah akun Twitter. Para pengguna mengaku mengambil gambar pada pagi tadi saat sebagian sinar Matahari tertutup oleh bulan.


    Berikut sejumlah foto Gerhana Matahari Jumat 10 Mei 2013 yang diunggah oleh pengguna Twitter. Diantaranya dari Bali dan Banjarmasin.

    FOTO FOTO GERHANA MATAHARI 10 MEI 2013 DI INDONESIA




    @gunungindonesia Foto Gerhana Matahari Sebagian.
    Lokasi: Kintamani, Bali.. Foto Kiriman Teman cc: @infobencana pic.twitter.com/qP4chem1XH


    @060SBPC Ini Foto Gerhana Nya Di Banjarmasin Min, @bjmUpdate pic.twitter.com/ISsOvUntMD
    @radartasiktv


    sumber: http://www.tercanggih.com/2013/05/fo...-mei-2013.html

  2. #2
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,817
    Rep Power
    0

    Re: Kumpulan Foto Gerhana Matahari 10 Mei 2013 Terbaru INDONESIA

    mantab ..... keren banget gerhana nya gan

  3. #3
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,817
    Rep Power
    0

    Gerhana Matahari Total Lintasi Bali Sampai Papua




    Gerhana matahari akan menyambangi Indonesia pagi ini, Jumat 10 Mei 2013. Khusus Pulau Jawa hanya mengalami gerhana matahari sebagian. Gerhana matahari ini juga tampak di Jakarta. Bagi Anda yang sedang beraktivitas, berlibur, atau berangkat kerja menuju kantor, ada baiknya mengamati sejenak aktivitas alam yang tak selalu terjadi ini.

    Profesor Riset Astronomika-Astrofisika yang juga Deputi di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin dalam blognya mengatakan, Jakarta akan mengamati gerhana matahari ini kurang dari 34,6 persen sejak matahari terbit pukul 06.00 WIB, sampai gerhana berakhir pukul 06.25 WIB.

    “Saat terbit, matahari tampak muncul seperti sebuah tanduk tebal. Sisi selatan piringan matahari tergelapi, kemudian bayangan gelap bulan bergerak ke arah timur,” kata Thomas menggambarkan penampakan gerhana berdasarkan analisis program astronomi Starry Night.

    Anda yang tinggal di Pulau Sumatera, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, dan Sulawesi, Maluku, dan Papua lebih beruntung, karena dapat mengalami gerhana matahari total.

    “Papua bagian timur bisa menyaksikan gerhana lebih dari 60 persen. Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua Barat mengalami gerhana 40-50 persen,” kata Thomas.


    SUMBER


  4. #4
    Junior Member javtoys's Avatar
    Join Date
    Feb 2013
    Posts
    328
    Rep Power
    0

    Re: Kumpulan Foto Gerhana Matahari 10 Mei 2013 Terbaru INDONESIA

    wah, keren2 yah, jarang2 bisa liat gerhana matahari

  5. #5
    Junior Member 29xyhome's Avatar
    Join Date
    Feb 2013
    Posts
    200
    Rep Power
    0

    Re: Kumpulan Foto Gerhana Matahari 10 Mei 2013 Terbaru INDONESIA

    bagus bagus ya....ckckckck....mantap nich........

  6. #6
    Senior Member
    Join Date
    Oct 2011
    Posts
    1,239
    Rep Power
    0

    Foto-foto Terindah Gerhana Matahari Sebagian Hari Ini




    JAKARTA, KOMPAS.com - Gerhana Matahari Sebagian bisa dilihat di wilayah Indonesia kecuali Sumatera Utara pada Jumat (10/5/2013) pagi. Beberapa astrofotografer berhasil mengabadikan fenomena menarik tersebut.

    Salah satu foto terindah dihasilkan oleh Malik Nur Hakim. Astrofotografer ini mengabadikan gerhana Matahari sebagian dari wilayah Kintamani, Bali. Ia mengambil gambar dengan kamera Canon EOS 550D sekitar pukul 06.33 WITA.

    Foto Malik menyuguhkan gerhana sesaat menjelang puncak gerhana. Tampak bagian sisi kanan piringan Matahari "dimakan" Bulan. Matahari tampak seperti bulan sabit namun lebih tebal. Foto Malik tampak pada gambar di atas.
    Foto indah lain diabadikan oleh Joko Prasetiyo. Salah satu astrofotografer andal ini memotret gerhana dari wilayah Kudus, Jawa Tengah, pada pagi ini. Kamera dan spesifikasi foto tak diuraikan.

    Foto Joko menunjukkan fase akhir gerhana Matahari sebagian hari ini. Telah diberitakan sebelumnya bahwa hanya fase ini yang bisa terlihat dari wilayah Jawa. Dalam foto, tampak sisi kanan bawah piringan Matahari "termakan" Bulan. Matahari tampak berbentuk tanduk.



    Di wilayah Kebumen, Jawa Tengah, upaya melihat gerhana Matahari terhambat karena mendung. Namun, satu foto gerhana berhasil diabadikan oleh astronom amatir Ma'rufin Sudibyo saat Matahari melintas di celah awan.

    "Matahari melintasi celah ini dalam waktu sangat singkat, hanya sekitar 5 menit saja (antara pukul 06:20 hingga 06:25 WIB). Dalam selang waktu sesingkat itu kamera dicoba dimaksimalkan," urai Ma'rufin dalam uraian di akun Facebook-mya, hari ini.

    Ia memotret dengan kamera Nikon D-60 ISO 800, dengan exposure time 1/100 dan panjang fokus lensa 35 mm. Lensa dilindungi dengan selapis film negatif yang dipaparkan ke sinar Matahari, berfungsi sebagai filter.

    "Dalam citra ini, bundaran Matahari nampak terdistorsi di sisi kanan bawah. Itulah gerhana, tatkala cakram Bulan masih menutupi sebagian bundaran Matahari. Sementara distorsi kecil di atas diakibatkan oleh persentuhan bundaran Matahari dengan awan diatasnya," papar Ma'rufin.


    Dalam percakapan dengan Kompas.com pagi ini, Ma'rudin menguraikan bahwa gerhana Matahari kali ini adalah gerhana terakhir dalam periode tiga tahun mendatang. Gerhana Matahari baru bisa dilihat lagi tahun 2016. Saat itu, beberapa wilayah Indonesia bakal melihat gerhana Matahari total. Tahun 2014 dan 2015, gerhana akan terlihat di sekitar kutub.

    Editor :
    yunan



    http://sains.kompas.com/read/2013/05...agian.Hari.Ini

  7. #7
    Senior Member
    Join Date
    Oct 2011
    Posts
    1,239
    Rep Power
    0

    Gerhana Matahari Cincin 10 Mei 2013

    ndonesia, bersiaplah menyambut Gerhana Matahari Cincin (GMC) pada tanggal 10 Mei 2013 pagi. Gerhana ini akan tampak dari Indonesia sebagai gerhana sebagian, karena bayangan atumbra Bulan tidak melintasi Indonesia. Daerah yang dapat mengamati gerhana ini adalah semua daerah yang ada di sebelah timur Pekanbaru dan Padang (lihat peta di bawah).

    Peta GMC 20130510 (sumber: http://astro.ukho.gov.uk)

    Secara umum, GMC nanti dimulai saat kontak pertama dengan Bumi pada pukul 4.25 WIB, puncaknya terjadi pada pukul 7.19 WIB, dan berakhir pada pukul 10.25 WIB. Namun waktu kejadian di tiap-tiap daerah akan berbeda. Misalnya di Samarinda gerhana dimulai pukul 5.51 WITA, berakhir pukul 7.28 WITA, dan area Matahari yang tertutupi mencapai 16%. Di Jayaura mulai pukul 6.37 WIT,berakhir pukul 9.21 WIT, dan area Matahari yang tertutupi mencapai 51%.
    Info GMC 10 Mei 2013 (sumber: http://astro.ukho.gov.uk)

    Di beberapa kawasan Indonesia, gerhana nanti sudah dimulai bahkan sejak Matahari belum terbit. Jadi agar kita dapat mengamatinya di arah timur dengan leluasa, carilah daerah yang memiliki langit sebelah timur yang terbebas dari halangan pepohonan, gedung, atau perbukitan/pegunungan.
    Peta GMC 130510 Indonesia (Sumber: Marufin Sudibyo)

    Gambar di atas adalah peta gerhana 10 Mei 2013 khusus area Indonesia yang diambil dari tulisan Marufin Sudibyo di akun facebooknya.
    Keterangan peta :
    * Garis P1 merupakan garis yang menghubungkan titik-titik dimana Matahari terbit tepat pada saat gerhana dimulai (awal kontak penumbra).
    * Garis puncak adalah garis yang menghubungkan titik-titik dimana Matahari terbit tepat pada saat puncak gerhana terjadi.
    * Garis P4 adalah garis penghubung titik-titik dimana Matahari terbit tepat pada saat gerhana berakhir (akhir kontak penumbra).
    * Garis 20 % merupakan garis yang menghubungkan titik-titik yang pada saat puncak gerhana terjadi mengalami situasi dimana 20 % cakram Matahari tertutupi bundaran Bulan. Hal yang sama berlaku pula bagi garis 40 %, garis 60 % dan garis 80 %.Patokan :
    * Daerah-daerah yang terletak di sebelah kiri (di sebelah barat) garis P4 tidak mengalami gerhana sama sekali.
    * Daerah-daerah yang terletak di antara garis P4 dan garis Puncak adalah daerah-daerah yang tidak menjumpai puncak gerhana namun masih mengalami gerhana hingga kontak akhir penumbra.
    * Daerah-daerah yang terletak di antara garis Puncak dan garis P1 adalah daerah-daerah yang menjumpai puncak gerhana dan mengalami gerhana hingga kontak akhir penumbra.
    * Daerah-daerah yang terletak di sebelah kanan (di sebelah timur) garis P1 adalah daerah-daerah yang menjumpai gerhana dalam seluruh tahapnya sejak awal hingga akhir.Durasi gerhana :
    * Secara umum gerhana di Indonesia terjadi sejak pukul 05:30 WIB hingga 09:20 WIB.
    * Hanya saja karena peristiwa ini adalah Gerhana Matahari, durasi tersebut tidak berlaku umum sehingga masing-masing tempat memiliki durasinya sendiri-sendiri yang sangat bervariasi. Itu pun masih dibatasi oleh waktu terbitnya Matahari yang berbeda-beda.
    * Contoh: bagi Jakarta (terletak di antara garis P4 dan puncak) gerhana bisa dinikmati sejak pukul 05:54 WIB (saat Matahari terbit) hingga pukul 06:25 WIB (durasi 31 menit).
    * Contoh: bagi Samarinda (terletak di antara garis Puncak dan P1) gerhana bisa dinikmati sejak pukul 06:05 WITA (saat Matahari terbit) hingga pukul 07:29 WITA (durasi 84 menit).
    * Contoh: bagi Jayapura (terletak di sisi kanan garis P1) gerhana bisa dinikmati sejak pukul 06:37 WIT hingga pukul 09:21 WIT (durasi 2 jam 44 menit).Cara penggunaan peta :
    * Tentukan titik lokasi anda dalam peta
    * Tentukan lokasi tersebut berada di sebelah mana terhadap garis P4, Puncak ataupun P1
    * Tentukan lokasi tersebut berada di sebelah mana terhadap garis 20 %, 40 % atau 60 %. Contoh :
    * Lokasi : Denpasar (Bali)
    * Posisi : di antara garis Puncak dan P1, sehingga tidak mengalami seluruh tahap gerhana namun menjumpai puncak gerhana hingga akhir gerhana (puncak gerhana terjadi setelah Matahari terbit di Denpasar).
    * Posisi : di antara garis 40 % dan 60 % sehingga pada saat puncak gerhana, persentase penutupan cakram Matahari oleh bundaran Bulan di Denpasar mencapai sekitar 50 %.
    Berikut ini adalah daftar informasi (gambar dan animasi) tentang GMC ini untuk beberapa kota di Indonesia (sumber: http://astro.ukho.gov.uk):

    http://duniaastronomi.com/2013/05/gmc20130510/

  8. #8
    Junior Member azizana's Avatar
    Join Date
    Mar 2013
    Posts
    286
    Rep Power
    0

    Re: Kumpulan Foto Gerhana Matahari 10 Mei 2013 Terbaru Indonesia

    wah dari tadi saya nunggu ternyata ga bisa lihat gerhana matahari

  9. #9
    Member enter1kali's Avatar
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    indonesia
    Posts
    816
    Rep Power
    0

    Re: Kumpulan Foto Gerhana Matahari 10 Mei 2013 Terbaru Indonesia

    penomena alam yang sangat menakjubkan. tapi sayang... saya tidak bisa melihat dengan jelas, karena cuaca tadi pagi hujan

  10. #10
    Member Dian Alfia's Avatar
    Join Date
    Nov 2012
    Posts
    665
    Rep Power
    3

    Cool Re: Kumpulan Foto Gerhana Matahari 10 Mei 2013 Terbaru Indonesia

    woooow keren banget ya gerhananya
    Subhanallah



    Mari Budayakan Meninggalkan Jejak Setelah Membaca Thread


Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0