Sebagian warga DKI Jakarta akan melaksanakan mudik pada libur Lebaran 2011. Mereka akan meninggalkan ibukota menuju kampung halamannya masing-masing untuk bersilaturahmi.
Humas Polda Metro Jaya memberikan tips agar pemudik dapat merasa aman saat meninggalkan rumah pada hari raya Idul Fitri:
1. Sebelum pergi pastikan semua pintu rumah terkunci.
2. Cabut selang gas dari kompor dan matikan berbagai alat elektronik yang tidak digunakan Jangan lupa cabut steker (colokan) barang elektronik saat meninggalkan rumah. Fungsinya untuk menghemat listrik dan mencegah adanya arus pendek yang bisa memicu kebakaran.
3. Nyalakan lampu di beberapa bagian dalam rumah, seperti di kamar atau di ruang tamu, untuk memberi kesan kalau rumah tidak ditinggal dalam keadaan kosong.
3. Titipkan rumah ke tetangga yang tidak mudik atau pengurus RT/RW. Bertukar nomor telepon dengan tetangga terdekat dan pengurus RT/RW yang tidak mudik agar bisa tetap berkomunikasi.
4. Beri uang tips petugas keamanan di lingkungan perumahan agar 'lebih' mengawasi rumah Anda.
6. Jika punya anggaran lebih, pasang alarm untuk mencegah masuknya penjahat ke rumah kita atau kamera pengawas (CCTV) di titik tertentu seperti kamar tidur dan ruang keluarga. Kini sejumlah perusahaan penyedia jasa keamanan juga sudah menawarkan tenaga pengamanan yang ditugaskan untuk menjaga khusus rumah atau ruko selama libur Lebaran.

ide bagus tuh pasang CCTV, kan byk kejahatan yg terungkap dr CCTV. tp kayaknya harganya mahal dech
sumber: http://id.custom.yahoo.com/ramadan/a...aat-mudik-1104