Results 1 to 2 of 2

Thread: 10 Makanan Favorit Indonesia


  1. #1
    Senior Member
    Join Date
    Aug 2011
    Posts
    2,181
    Rep Power
    5

    10 Makanan Favorit Indonesia

    Indonesia tak hanya kaya dengan aneka tradisi dan budaya. Tak hanya sumber daya alam melimpah dengan kecantikan yang tak tergantikan yang membuatnya terkenal di mata dunia. Negeri khatulistiwa ini juga memiliki aneka kelezatan makanan. CNNGO, travel guide online di Asia, menyusun 40 makanan tak terlupakan bagi orang Indonesia. Hmm.., kira-kira makanan apa yang paling tak terlupakan se-Indonesia?

    Jawabannya adalah sambal! Pecinta sambal tentu memahami rasanya ketagihan jenis makanan rempah satu ini. Makan terasa hambar bila belum ada rasa pedas yang menari – nari di lidah. Indonesia tak hanya mengenal satu jenis sambal saja. Setiap daerah, toko, dan setiap orang rasanya mampu meracik sambal sesuai kreasi mereka, mulai dari sambal lalapan, sambal pencit, sambal mangga muda, sambal kecap, sambal hijau dan sambal–sambal lain yang bisa menawarkan kelezatan yang berbeda.
    Merasa tertantang untuk mencoba aneka sambal sekaligus? Bisa berkunjung ke Warung Spesial Sambal di Jalan Sengkaling No. 150 Malang, yang menyediakan 27 jenis sambal. Di Surabaya sendiri, sambal yang rasanya mantap bisa ditemukan di Nasi Udang Bu Rudy di Jalan Dharmahusada 140. Wiih..sambalnya yang gurih dan pedas, membuat kita tergiur hanya dengan melihatnya saja.

    Makanan tak terlupakan nomor dua adalah Satai! Meski banyak penjaja sate kaki lima, tak semuanya bisa memberikan rasa sate yang mantap. Cobalah mengunjungi Sate Ayam Ponorogo di Jalan Pucang Anom Timur, Surabaya. Daging satenya lebih empuk dan banyak ketimbang warung sate lainnya. Bumbu kacangnya pun menawarkan kelezatan yang berbeda. Rasa kacangnya begitu terasa dengan kekentalan yang pas. Selain Sate Ayam Ponorogo ini, Anda juga wajib mencoba Sate Klopo di Jalan Walikota Mustajab. Meskipun tak ‘setebal’ sate Ponorogo, kuliner yang satu ini menjadi salah satu tempat favorit di Surabaya.

    Bakso adalah makanan Indonesia teratas ketiga. Sering ditemukan di setiap belokan jalan dalam bentuk penjaga kaki lima. Sering juga masuk dalam restoran kelas atas dengan nama yang berbeda-beda. Penggemar bakso wajib hukumnya untuk mencoba kuliner ini di Malang. Mulai dari kaldu, daging bakso, hingga sambal merahnya memiliki cita rasa tersendiri yang ‘khas’ Malang.

    Cobalah menikmati Bakso Pak Samut di Jalan Wuni, Malang. Bakso dan segala macam isinya berukuran besar dan padat, tak rugi mengeluarkan uang. Kuahnya pun bening dan tidak terasa lemaknya, cenderung terasa segar. Nah, bagi penggemar babi, bisa mencoba Bakso Pak Subur di Tidar.

    Selain sambal, satai, dan bakso, makanan lain yang masuk 10 teratas antara lain soto, nasi goreng, gado-gado, nasi uduk, nasi padang, ayam goreng, dan bakmi goreng. Coba tebak dua makanan terbawah yang masuk dalam catatan CNNGO? Dari semua makanan Indonesia, ternyata gorengan berada di urutan ke-39. Sementara urutan terakhir? Indomie. Meski hasil racikan pabrik, ternyata makanan ini sudah jadi makanan ‘khas’ Indonesia. [ryy]

  2. #2
    Senior Member BincgWnita's Avatar
    Join Date
    Aug 2012
    Posts
    1,185
    Rep Power
    3

    Re: 10 Makanan Favorit Indonesia

    hehe bisa aja ah...

    Quote Originally Posted by ri4nx View Post
    ... Sementara urutan terakhir? Indomie. Meski hasil racikan pabrik, ternyata makanan ini sudah jadi makanan ‘khas’ Indonesia. [ryy]

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0