Page 1 of 9 123456789 LastLast
Results 1 to 10 of 81
Like Tree14Likes

Thread: Asal-Muasal Perayaan Hari Valentine


  1. #1
    Newbie mamen's Avatar
    Join Date
    Oct 2011
    Posts
    9
    Rep Power
    0

    Asal-Muasal Perayaan Hari Valentine

    Sejarah Valentine


    Tanpa terasa tahun 2012 sudah memasuki bulan yang kedua, yaitu bulan Februari. Seperti yang kita ketahui, bahwa sebagian besar penduduk bumi ini berpendapat kalau bulan Februari adalah bulan yang penuh kasih sayang. Ya, kita lebih mengenalnya dengan hari Valentine yang jatuh pada tanggal 14 Februari. Di bumi ini, ada banyak sekali orang yang turut merayakan hari tersebut, terutama dari kalangan remaja di dunia. Tanpa terkecuali di Negara kita, bahkan tidak sedikit pula remaja di Indonesia yang merayakan hari itu.

    Mungkin selama ini kita kerap kali merayakan hari Valentine tanpa mengetahui darimana datangnya tradisi tersebut dan apa makna yang sesungguhnya. Yang kita selama ini kita tahu dari hari Valentine hanyalah hari yang penih kasih sayang dan juga hari dimana ketika orang saling bertukar Kado atau sekedar memberikan Cokelat. Bahkan ada juga yang beranggapan bahwa hari Valentine adalah hari yang dominan dalam mencari pasangan ataupun sekedar berkencan mesra dengan pasangan.

    Oleh karena itu saya mencoba untuk menguak asal-usul sejarah Perayaan Hari Valentine, dengan harapan supaya kita semua bisa lebih cerdas dalam merayakan suatu acara. Bukan hanya sekedar ikut-ikutan, tanpa mengetahui arti penting dari tradisi perayaan hari tersebut. Berikut adalah beberapa penggal riwayat atau sejarah Valentine yang mungkin dapat membantu kita dalam mengenal asal-muasal perayaan hari tersebut.


    Sejarah Yang Pertama


    Valentine adalah nama dari seorang pendeta yang hidup di Roma pada abad ke-III. Ia hidup di kerajaan yang saat itu dipimpin oleh Kaisar Claudius yang terkenal sangat kejam. Ya, Valentine sangat membenci Kaisar tersebut. Claudius sangat berambisi memiliki pasukan militer yang besar, ia ingin semua pria di kerajaannya bergabung di dalamya. Namun sayangnya keinginan ini kurang mendapat dukungan, dikarenakan pada saat itu kaum pria enggan terlibat dalam peperangan. Karena mereka tak ingin meninggalkan keluarga dan kekasih hatinya, hal ini membuat Claudius marah besar. Dia segera memerintahkan pejabatnya untuk melakukan sebuah ide gila.

    Saat itu Claudius berfikir bahwa jika pria tidak menikah, maka dengan senang hati mereka akan bergabung dengan militer. Lalu disaat itu juga Claudius melarang adanya pernikahan, dengan harapan pasangan muda saat itu menganggap keputusan ini sangat tidak masuk akal. Namun lagi-lagi usaha keji Claudius digagalkan oleh St. Valentine, saat itu Valentine menolak untuk melaksanakan aksi gila sang Kaisar. Tanpa rasa takut Valentine tetap melaksanakan tugasnya sebagai pendeta, yaitu menikahkan para pasangan yang tengah jatuh cinta meskipun ritual ini dilakukan secara rahasia. Akan tetapi Claudius mencium adanya suatu pembrontakan dan sang Kaisar pun langsung memberikan peringatan keras terhadap Valentine. Namun lagi-lagi usaha sang Kaisar tidak membuahkan hasil, St. Valentine sama sekali tidak menggubris peringatan tersebut dan tetap memberkati pernikahan dalam sebuah kapel kecil yang hanya diterangi oleh cahaya lilin.

    Sampai pada suatu malam, Valentine tertangkap basah oleh sang Kaisar ketika dia tengah memberkati salah satu pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. Saat itu Claudius benar-benar sangat murka terhadap Valentine. Lalu sang Kaisar memerintahkan salah seorang prajuritnya untuk menangkap Valentine, namun pasangan yang tengah diberkati tersebut berhasil lolos dan melarikan diri. Hingga pada akhirnya Valentine dijebloskan ke dalam penjara dan divonis hukuman mati dengan cara dipenggal kepalanya. Bukannya dihina oleh orang-orang, St. Valentine malah dikunjungi banyak orang yang mendukung aksinya itu. Mereka melemparkan bunga dan pesan berisi dukungan di jendela penjara dimana dia ditahan.

    Salah satu dari orang-orang yang percaya pada cinta kasih itu adalah putri penjaga penjara sendiri. Sang ayah mengijinkan putrinya untuk mengunjungi St. Valentine. Tak jarang mereka berbicara lama sekali. Gadis itu menumbuhkan kembali semangat sang pendeta. Ia setuju bahwa St. Valentine telah melakukan hal yang benar alias benul eh betul. Pada hari saat ia dipenggal alias dipancung kepalanya, yakni tanggal 14 Februari gak tahu tahun berapa, St. Valentine menyempatkan diri menuliskan sebuah pesan untuk gadis putri sipir penjara tadi, ia menuliskan Dengan Cinta dari Valentinemu. Pesan itulah yang kemudian mengubah segalanya. Kini setiap tanggal 14 Februari orang di berbagai belahan dunia merayakannya sebagai hari kasih sayang. Orang-orang yang merayakan hari itu mengingat St. Valentine sebagai pejuang cinta, sementara kaisar Claudius dikenang sebagai seseorang yang berusaha mengenyahkan cinta.


    Sejarah Valentine Yang Kedua


    Catatan pertama dihubungkannya hari raya Santo Valentinus dengan cinta romantis adalah pada abad ke-14 di Inggris dan Perancis, yang dimana dipercayai bahwa tanggal 14 Februari adalah hari dimana ketika burung sedang bermusim mencari pasangan untuk kimpoi. Kepercayaan ini ditulis pada karya sastrawan Inggris Pertengahan bernama Geoffrey Chaucer. Didalam ceritanya, Ia menulis sebuah kalimat "Parlement of Foules" (Percakapan Burung-Burung) yang didalamnya terkandung kalimat " For this was sent on Seynt Valentyne’s day " (Bahwa inilah dikirim pada hari Santo Valentinus). Whan every foul cometh ther to choose his mate (Saat semua burung datang ke sana untuk memilih pasangannya).

    Di zaman tersebut, saling bertukaran catatan pada hari valentine dan memanggil pasangan Valentine mereka adalah suatu hal yang lazim bagi mereka yang saling mencintai. Sebuah kartu Valentine yang berasal dari abad ke-14 konon merupakan bagian dari koleksi naskah British Library di London, yang kemungkinan besar banyak legenda-legenda mengenai Santo Valentinus diciptakan pada zaman sekarang ini. Dan beberapa di antaranya bercerita bahwa sore hari sebelum Santo Valentinus bertemu dengan ajalnya sebagai seorang yang martir (mati syahid), ia telah menuliskan sebuah pernyataan cinta kecil yang diberikannya kepada sipir penjaranya yang tertulis "Dari Valentinusmu". Ketika serdadu Romawi dilarang menikah oleh Kaisar Claudius II, Santo Valentinus secara rahasia membantu menikahkan mereka diam-diam.


    Sejarah Valentine Yang Ketiga


    Menurut Tarikh kalender Athena kuno, periode antara pertengahan Januari dengan pertengahan Februari adalah bulan Gamelion. Bulan Gamelion adalah bulan yang dimana pada saat itu berlangsungnya pernikahan suci Dewa Zeus dan Hera. Pada zaman Romawi kuno, tanggal 15 Februari adalah tanggal yang dikenal sebagai hari raya Lupercalia. Sebuah perayaan Lupercus, Dewa kesuburan, yang dilambangkan setengah telanjang dan berpakaian kulit kambing. Perayaan tersebut bertujuan sebagai ritual penyucian, yang dimana para Pendeta Lupercus akan mempersembahkan korban sembelihan kambing kepada Dewa. Setelah meminum anggur, mereka akan berlari-lari disekitar jalanan kota Roma sambil membawa potongan kulit domba dan menyentuh siapa pun yang mereka jumpai dijalan. Sebagian ahli sejarah mengatakan ini sebagai salah satu sebab cikal bakal Hari Valentine.


    Kurang lebih seperti itulah gambaran dari sepenggal sejarah kecil mengenai asal-muasal dan makna dari tradisi tentang perayaan Hari Valentine. Semoga dari keterangan diatas, dapat membantu kita didalam mengetahui makna yang terkandung pada perayaan Hari Valentine. Sekian dari saya dan kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat


    SUMBER
    maspras likes this.

  2. #2
    Contributor awico's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Location
    Jepara
    Posts
    4,687
    Rep Power
    7

    Re: Asal-Muasal Perayaan Hari Valentine

    Kok sejarah asal-muasal bisa sampai tiga kali asal? Semestinya yg namanya asal-muasal bersumber dari satu asal...mana yg benar tuh?...

  3. #3
    Senior Contributor ayang's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ♥♥Your Heart♥♥
    Posts
    7,005
    Rep Power
    19

    Re: Asal-Muasal Perayaan Hari Valentine

    Quote Originally Posted by awico View Post
    Kok sejarah asal-muasal bisa sampai tiga kali asal? Semestinya yg namanya asal-muasal bersumber dari satu asal...mana yg benar tuh?...
    hahhahaha bener banget kang...
    yang namanya asal muasal ya cuma dari satu sumber yang terpercaya.....
    Life is Adventure

  4. #4
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,167
    Rep Power
    23

    Re: Asal-Muasal Perayaan Hari Valentine

    Quote Originally Posted by awico View Post
    Kok sejarah asal-muasal bisa sampai tiga kali asal? Semestinya yg namanya asal-muasal bersumber dari satu asal...mana yg benar tuh?...

    berarti perayaan itu adalah sebuah perayaan yang dasarnya tidak diketahui..
    bisa jadi termasuk dalam kategori HOAX
    bisa jadi hanyalah sebuah gimmick pemasaran
    argumentasinya yang didebat dan didiskusikan bukan orangnya.. kecuali tong kosong.

  5. #5
    Contributor awico's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Location
    Jepara
    Posts
    4,687
    Rep Power
    7

    Re: Asal-Muasal Perayaan Hari Valentine

    Quote Originally Posted by maspras View Post
    berarti perayaan itu adalah sebuah perayaan yang dasarnya tidak diketahui..
    bisa jadi termasuk dalam kategori HOAX
    bisa jadi hanyalah sebuah gimmick pemasaran
    yups..itulah masalahnya, nah kalau sudah tahu asal-muasal yg gak jelas/gak pasti dari satu sumber, kenapa sih harus dirayaain ya? gmn tuh?...

  6. #6
    Senior Contributor ayang's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ♥♥Your Heart♥♥
    Posts
    7,005
    Rep Power
    19

    Re: Asal-Muasal Perayaan Hari Valentine

    Quote Originally Posted by awico View Post
    yups..itulah masalahnya, nah kalau sudah tahu asal-muasal yg gak jelas/gak pasti dari satu sumber, kenapa sih harus dirayaain ya? gmn tuh?...
    saiya tidak ikut merayakan... saiya cuman pingin dapet laptop..
    mampir deh dsini kalau gak percaya
    http://forum.kompas.com/adu-gombal/6...ala-ayang.html

    awico likes this.
    Life is Adventure

  7. #7
    Contributor awico's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Location
    Jepara
    Posts
    4,687
    Rep Power
    7

    Re: Asal-Muasal Perayaan Hari Valentine

    Quote Originally Posted by ayang View Post
    saiya tidak ikut merayakan... saiya cuman pingin dapet laptop..
    mampir deh dsini kalau gak percaya
    http://forum.kompas.com/adu-gombal/6...ala-ayang.html

    kan sudah tak ampirin terus tuh....hehehe...udah 87 likes tuh...
    Last edited by awico; 10-02-12 at 10:39 AM.

  8. #8
    GEO
    GEO is offline
    Advisor GEO's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    <a href="http://geo-geo22.blogspot.com/">
    Posts
    18,507
    Rep Power
    37

    Re: Asal-Muasal Perayaan Hari Valentine

    mejeng dulu ah page one

    valentinan trus dapet laptop mau ga hehehe ?


    jangan lupa dukung saya di sini klik aja>>>>
    lomba adu gombal berhadiah laptop
    Last edited by GEO; 10-02-12 at 10:40 AM.
    EBOOK GRATIS CARA MENGHASILKAN UANG DARI ANDROID
    dengan cara membuat Aplikasi Android



  9. #9
    Contributor awico's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Location
    Jepara
    Posts
    4,687
    Rep Power
    7

    Re: Asal-Muasal Perayaan Hari Valentine

    Quote Originally Posted by GEO View Post
    mejeng dulu ah page one

    valentinan trus dapet laptop mau ga hehehe ?


    jangan lupa dukung saya di sini klik aja>>>>
    lomba adu gombal berhadiah laptop
    pimpinan klasemen sementara gombalannya nih...hehehe

  10. #10
    Junior Member
    Join Date
    Jul 2011
    Posts
    393
    Rep Power
    0

    Re: Asal-Muasal Perayaan Hari Valentine

    ini cerita bikin bingung, yang saya tau setiap tahunnya gereja katolik roma di mexico, memperingati hari kelahiran st valentine yang jatuh pada tanggal 14 february.....

Page 1 of 9 123456789 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO