Results 1 to 8 of 8

Thread: Lima Perbedaan Guru Dulu dan Sekarang


  1. #1
    Senior Member kleirin's Avatar
    Join Date
    Nov 2011
    Posts
    1,612
    Rep Power
    0

    Cool Lima Perbedaan Guru Dulu dan Sekarang

    Segala sesuatu yang ada di dunia pasti tak luput dari yang namanya kekurangan. Sama halnya dengan profesi guru. Entah itu guru zaman sekarang ataupun zaman dahulu semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah, kali ini saya akan berbicara mengenai 5 Perbedaan Guru Dulu dan Sekarang. Hal apa sajakah yang membedakan guru Zaman Dulu dan Sekarang ? ini dia ..

    1.Cara Mengajar

    Cara mengajar yang diterapkan oleh guru zaman dulu umumnya adalah dengan menggunakan penjelasan yang bertele-tele, yang sepertinya setiap kata yang ada di buku itu dibaca. Dengan metode ini, pengetahuan yang diterima siswa hanya bersumber dari sang guru saja.

    Sedangkan guru zaman sekarang lebih sering hanya menjelaskan secara singkat materinya, lalu mempersilahkan para siswa untuk bertanya apabila ada kesulitan. Dengan cara ini, siswa jadi terpacu untuk mengembangkan pengetahuannya di luar sekolah. Misalnya dengan browsing di Internet, mengikuti kursus, dan lain sebagainya. Pengetahuan yang didapat pun akan semakin banyak.

    2.Cara Menasihati Siswa

    Cara menasihati siswa yang dilakukan oleh guru-guru zaman dulu adalah dengan kalimat- kalimat yang biasanya kasar. Seperti menyinggung kondisi ekonomi keluarganya, penampilannya, dan lain sebagainya. Hal ini akan membuat para siswa saat itu menjadi berfikir keras agar tidak akan diledek oleh guru-guru mereka.

    Perlakuan berbeda dilakukan guru zaman sekarang. Mereka biasanya menasihati para murid hanya dengan nasihat-nasihat yang halus dan tidak sampai menyinggung perasaan murid tersebut. Cara ini kurang efektif karena murid kadang-kadang hanya mendengarkan di telinga kanan dan keluar di telinga kiri.

    3.Cara Berinteraksi Diluar Kelas

    Guru-guru zaman dulu dengan gaya mengajarnya kaku, diluar kelas apabila disapa oleh murid nya, mereka hanya tersenyum lalu berlalu begitu saja. Karena dalam diri mereka, ada suatu doktrin yang menjelaskan bahwa ada garis pemisah antara guru dan murid. Jadi, sang murid harus sangat menghormati gurunya.

    Sedangkan guru zaman sekarang lebih luwes dalam berinteraksi diluar kelas. Misalkan saja ada murid-muridnya yang menyapa, mereka akan tersenyum lepas dan kadang-kadang justru bercanda dengan murid-muridnya itu. Seakan akan tidak ada garis batas antara murid dan guru. Guru pun bisa dijadikan tempat untuk mencurahkan segala isi hati kita (curhat) tentang sekolah maupun kehidupan sehari-hari kita.

    4.Penggunaan Teknologi

    Ketika zaman dulu, yang mana saat itu teknologi belum secanggih sekarang ini, seorang guru apabila ingin menjelaskan materinya, hanya dengan menggunakan kapur dan papan tulis kayu saja. Atau bila dengan alat bantu, paling jauh hanya menggunakan peta untuk pelajaran geografi.

    Hal yang sangat berbeda dilakukan oleh guru zaman sekarang. Guru sekarang lebih senang menuliskan materi ajarnya di sebuah file presentasi yang nanti hasilnya bisa ditampilkan di layar menggunakan LCD proyektor. Disamping lebih praktis, cara ini bisa membantu para siswa untuk mengetahui lebih detail suatu gambar/objek/benda.

    5.Pemberian Nilai

    Pemberian nilai yang dilakukan oleh guru zaman dulu adalah selain nilai asli, ada nilai yang diambil secara subyektif oleh guru tersebut. Hal-hal yang dinilai antara lain adalah kesopanan, etika, dan keantusiasan siswa tersebut dalam mendalami materi yang diajarkan guru tersebut. Sehingga dengan cara itu, nilai siswa benar-benar asli sesuai dengan kenyataan yang ada pada siswa tersebut.

    Berbeda dengan guru zaman sekarang. Kebanyakan guru zaman sekarang hanya mengisi kolom nilai seorang murid hanya dari hasil rata-rata ulangan ditambah tugas, dan keaktifannya dalam bertanya ataupun menjawab. Sehingga tidak jarang nilai yang muncul di rapor tidak mencerminkan kemampuan sebenarnya dari murid tersebut.

    Guru zaman dahulu dan zaman sekarang ternyata memiliki perbedaan yang sangat menonjol, dan ini menunjukkan ciri khas masing-masing guru. Nah, alangkah lebih baik, apabila hal yang baik di masa lalu diterapkan di masa kini dan hal yang buruk dijadikan pelajaran. Well, bagaimana Sobat Bloggers ? setujukah dengan opini diatas ?

    source: 5 Perbedaan Guru Dulu dan Sekarang ~ Pangkalan Berita Unik


    maaf kalo repost, dah lama gak ngepost!

  2. #2
    Contributor tamandewi's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    http://tips-cara.info
    Posts
    3,798
    Rep Power
    6

    Re: Lima Perbedaan Guru Dulu dan Sekarang

    hmm kayaknya memang banyak perubahan cara mendidik , kalau dibandingkan dengan zaman dulu...

  3. #3
    Contributor keizer's Avatar
    Join Date
    Feb 2012
    Location
    Bandung
    Posts
    2,578
    Rep Power
    5

    Re: Lima Perbedaan Guru Dulu dan Sekarang

    yup banyak banget bedanya sih, kalau boleh nambahin dulu guru-guru tegas sekarang lembek jadinya muridnya manja-manja

  4. #4
    Member girlz's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Location
    in my city
    Posts
    826
    Rep Power
    3

    Re: Lima Perbedaan Guru Dulu dan Sekarang

    Quote Originally Posted by kleirin View Post

    1.Cara Mengajar

    Cara mengajar yang diterapkan oleh guru zaman dulu umumnya adalah dengan menggunakan penjelasan yang bertele-tele, yang sepertinya setiap kata yang ada di buku itu dibaca. Dengan metode ini, pengetahuan yang diterima siswa hanya bersumber dari sang guru saja.

    Sedangkan guru zaman sekarang lebih sering hanya menjelaskan secara singkat materinya, lalu mempersilahkan para siswa untuk bertanya apabila ada kesulitan. Dengan cara ini, siswa jadi terpacu untuk mengembangkan pengetahuannya di luar sekolah. Misalnya dengan browsing di Internet, mengikuti kursus, dan lain sebagainya. Pengetahuan yang didapat pun akan semakin banyak.

    2.Cara Menasihati Siswa

    Cara menasihati siswa yang dilakukan oleh guru-guru zaman dulu adalah dengan kalimat- kalimat yang biasanya kasar. Seperti menyinggung kondisi ekonomi keluarganya, penampilannya, dan lain sebagainya. Hal ini akan membuat para siswa saat itu menjadi berfikir keras agar tidak akan diledek oleh guru-guru mereka.

    Perlakuan berbeda dilakukan guru zaman sekarang. Mereka biasanya menasihati para murid hanya dengan nasihat-nasihat yang halus dan tidak sampai menyinggung perasaan murid tersebut. Cara ini kurang efektif karena murid kadang-kadang hanya mendengarkan di telinga kanan dan keluar di telinga kiri.


    yang nomer 1 tuh, emang bener cie...tapi terus jangan bikin guru jadi males ya? tiap ditanya murid masa jawabnya "iya cari saja di google" kan gag lucu. guru harus tetap memandu, agar pemahaman murid tidak salah. artikel di internet kan banyak macamnya

    kalo yang nomer 2, emang gag setuju aja cara guru dulu yang kesannya menghukum. punishment kan gag harus dengan cara kasar.
    guru sekarang sudah mulai bisa menyesuaikan sehingga gag mengandalkan hukuman fisik

    semoga kedepan guru di Indonesia lebih baik, sehingga bisa menghasilkan generasi penerus bangsa yang berkualitas.

    nice info TS
    tak ada yang tak mungkin selama dirimu yakin

  5. #5
    Junior Member Deni682's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    I am Here
    Posts
    185
    Rep Power
    0

    Re: Lima Perbedaan Guru Dulu dan Sekarang

    segala sesuatu pasti akan melalui fase-fase perkembangan,,seiring berkembangnya zaman.. metode pendidikan juga ikut berkembang dengan pesat.

  6. #6
    Senior Contributor ntarluq's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    8,514
    Rep Power
    0

    Re: Lima Perbedaan Guru Dulu dan Sekarang

    dulu yg bagus ada , yg jelek juga ada ..
    sekarang juga ada yg baik atau buruk ...
    namun rata2 titel mereka saat ini S1 atau lebih ..
    sehingga mutu pendidikan harusnya lebih baik apalagi ditunjang sarana referensi perpustakaan wikipedia dan lainnya yg serba ada ...
    1+1+1=1 (?) TAU SAMA TAU AJA ....

  7. #7
    Senior Member kopipanas's Avatar
    Join Date
    Oct 2011
    Location
    bandung
    Posts
    1,119
    Rep Power
    0

    Re: Lima Perbedaan Guru Dulu dan Sekarang

    Jadi inget waktu jaman SMP dulu, ada guru yang killer abis, salah dikit maen gampar, kalo sekarang ada guru kaya gitu pasti udah masuk berita

  8. #8
    Member reenn3's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    surabaya
    Posts
    811
    Rep Power
    6

    Re: Lima Perbedaan Guru Dulu dan Sekarang

    Cara mengajar emang mestinya harus dibuat fleksibel, atau menyesuaikan dengan perubahan
    Dulu memukul/mencubit murid masih dianggap wajar, sekarang ngga bisa tuy, bisa dianggap tindakan kekerasan
    musti pinter2 menyelami karakter siswa siswi nya juga...

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0