Results 1 to 1 of 1

Thread: Kain Untuk Dekorasi Interior


  1. #1
    Junior Member
    Join Date
    Mar 2012
    Location
    Ciputat, Jawa Barat, Indonesia, Indonesia
    Posts
    303
    Rep Power
    0

    Wink Kain Untuk Dekorasi Interior

    Bermian dengan berbagai macam motif kain, memang membuat rumah terlihat indah. Tapi kenali dulu jenisnya..

    Dalam mendekorasi interior, banyak bahan yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya adalah dengan bermain dengan kain, untuk bisa mewujudkan tampilan yang Anda inginkan. Misalnya memanfaatkan taplak meja dengan motif yang menarik untuk menonjolkan kesan tertentu dari ruangan tersebut. Atau menggunakan kain untuk hiasan di sofa. Kain untuk dekorasi ini biasanya digunakan untuk menegaskan fungsi dari bahan tersebut, atau hanya untuk menciptakan permainan warna yang menarik dekorasi.
    Banyaknya kain yang tersedia di pasaran, sebagai masyarakat awam mungkin membuat Anda menjadi bingung. Hingga membuat Anda semakin sulit untuk menetapkan bahan mana yang terbaik untuk dekorasi rumah Anda. Namun sebelum Anda memilih kain, sebaiknya tanyakan dulu pada diri Anda untuk apa sebenarnya kain tersebut. Atau hal-hal lain seperti :

    Akan digunakan untuk ruangan apa kain ini?
    Apakah nantinya akan digunakan secara terus-menerus, atau hanya untuk hari-hari spesial?
    Bagaimana pencahayaan ruangan tersebut?
    Apakah Anda memiliki hewan peliharaan?
    Apakah Anda memiliki anak?

    Mungkin pertanyaan di atas terkesan cukup simple, namun percaya atau tidak, jawaban Anda akan sangat mempengaruhi kain yang akan Anda beli. Anda tentunya tidak akan memilih kain berbahan kulit, jika natinya Anda manfaatkan untuk di luar ruangan.
    Supaya Anda tidak bingung, dan Anda pun juga mendapatkan kain yang tepat untuk berbagai dekorasi rumah Anda, berikut beberap jenis kain yang biasa dijual di toko :

    1. Rayon
    Rayon adalah semi-sintetis yang merupakan alternatif untuk sutra. Kain ini memiliki tekstur mengkilap terang dan merupakan pilihan bagi Anda yang inginmendapatkan bahan yang tahan lama dari pada sutra. Walaupun bahan yang dimiliki boleh dibilang lebih awet dari pada bahan sutra, namun kekurangan dari jenis ini adalah mudah kusut. Jadi jika Anda tertarik untuk membeli bahan tipe ini, sebaiknya letakkan pada permukaan yang datar, dan orang jarang memanfaatkan area tersebut untuk sekedar duduk, atau meletakkan barang-barang mereka.

    2. Sutra
    Kita semua tahu jika sutra mampu menimbulkan kesan mewah dalam setiap ruangan. Untuk semakin menegaskan unsure tersebut, Anda bisa menggunakannya sebagai tirai, sarung bantal, atau bahkan lapisan kursi Anda. Sutra memeiliki kulai lembut yang mampu memantulkan cahaya dengan baik. Dibalik semua kemewahan yang ditawarkan oleh sutra, sayangnya bahan tipe ini mudah rusak, atau tidak tahan lama.

    3. Olefin
    Jika Anda ingin mencari bahan yang nyaman dan fungsional, maka Anda bisa memilih bahan sintetis ini. Olefin merupakan bahan yang sangat umum yang digunakan dalam mebel. Karena bahannya yang tahan lama, dan tidak mudah bernoda. Jenis ini adalah kain yang cukup sempurna untuk Anda gunakan di ruangan yang memiliki mobilitas tinggi, seperti ruang keluarga. Anda dapat mengkombinasikan Olefin dengan kain lain untuk menciptakan keindahan dan fungsi yang tepat.

    4. Poliester
    Bahan seperti ini biasanya nada temui dalam dekorasi rumah seperti tirai dan sprei. Poliester adalah serat sintetis yang digunakan dalam berbagai jenis interior. polyester campuran adalah pilihan yang baik untuk duduk daerah sejak poliester yang tahan terhadap keriput.

    5. Kapas
    Kapas adalah serat alami yang ditemukan dalam banyak kain. Dalam pemanfaatannya, kapas jauh terasa lebih nyaman dan lembut. Banyak cirri-ciri baik yang dimiliki oleh kapas, diantaranyta bahan yang dihasilkan bisa cukukup bagus, tidak mudah pudar dan aus. Mudah kotor, inilah masalah utama yang dimiliki oleh kapas ini. Untuk itu, jika Anda ingin memanfaatkan kapas untuk berbagai interior di rumah Anda, sebaiknya gunakan yang telah memiliki campuran katun. Bukan hanya kapas murni.

    6. Akrilik
    Akrilik, Atau biasa juga dikenal dengan serat Acrylic, adalah bahan sintetis yang dibuat sebagai alternatif untuk wol. Hasil kain yang tercipta lembut dan nyaman, serta memiliki ketahanan yang cukup baik untuk dekorasi rumah. Warna yang diciptaka aklirik tidak cepat pudar, selain itu kain ini juga tidak mudah aus.

    7. Nilon
    Nilon adalah kain lentur yang memiliki tekstur halus itu. Biasanya kain ini tahan terhadap noda dan warna mampu menyimpan warna dengan baik.

    8. Kulit
    Kulit merupakan bahan alami yang dihasilkan oleh berbagai penyamakan kulit hewan. Dengan penambahan kulit ini, semakin memberikan elemen yang mewah dalam interior yang Anda ciptakan. Tapi kulit bukanlah jenis kain yang mudah, diperlukan perawatan dan perhatian lebih. Jangan sesekali menempatkan kulit di ruangan dengan intentsitas matahari yang tinggi, kalau tidak ingin waran kulit cepat memudar. Selain itu masalah lain yang dimiliki oleh kulit adalah mudahnya tergores dan bernoda.


    Jika memang Anda masih merasa ragu dengan banyaknya kain yang dijual di toko furniture, Anda bis aberkonsultasi langsung dengan sang pemilik toko. Namun dibekali pula, tentang pengetahuan Anda terhadap jenis-jenis kain yang kiranya kan menjadi pilihan Anda.


    sumber berita : Kain Untuk Dekorasi Interior

    baca juga :
    Longcroft, Hotel Mewah untuk Kucing di Inggris
    Halalkah Sistem Demokrasi?
    Seni Mencukur Rambut yang Mantab !!
    Anak Kecil berumur 2 tahun ini Jelmaan Barbie
    Pohon-pohon Penghalang Tsunami
    Last edited by sdhanifah; 15-05-12 at 08:01 PM.

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0