Results 1 to 7 of 7

Thread: Berlibur ke Bandung Wajib ke Ciwidey!


  1. #1
    Newbie
    Join Date
    Apr 2012
    Location
    Bandung
    Posts
    22
    Rep Power
    0

    Berlibur ke Bandung Wajib ke Ciwidey!

    Selain terkenal karena memiliki beberapa objek wisata, Ciwidey dikenal sebagai tempat berziarah, serta sebagai daerah penghasil produk-produk pertanian dan perkebunan, semisal perkebunan stroberi. Beberapa objek wisata yang bisa dijumpai di Ciwidey, antara lain:
    Situ Patengan - Umumnya, masyarakat mengenalnya dengan nama Situ Patenggang. Situ yang artinya danau merupakan daya tarik yang ditawarkan bagi wisatawan yang berkunjung ke sana. Situ Patengan tempatnya tidak jauh dari Kawah Putih.

    Ranca Upas - Secara administrasi pemerintahan Ranca Upas terletak didesa Alam Endah, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Luasnya sekitar 215 hektare. Ranca Upas terletak pada ketinggian 1700m dpl. Jarak tempuh menuju Ranca Upas dari Pangalengan 15 km dan dari Bandung 56 km dengan kondisi jalan beraspal. Selain tempat untuk berkemah di Ranca Upas juga terdapat pemandian air panas alami serta menjadi tempat penangkaran rusa dengan luas kandang ± 5 Ha. Selain rusa, binatang lain yang hidup di Ranca Upas adalah monyet dan burung gagak.

    Adakah rencana untuk mengisi liburan ke Bandung, pembaca? Jikalau ada rencana ke Bandung, Ayo Wisata ke Ciwidey! Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas - Ciwidey merupakan kecamatan di Kabupaten Bandung, provinsi Jawa Barat, Indonesia. Nama Ciwidey asalnya dari kata Ciwi yang artinya buah kiwi dan Dey yang berarti hari, bahasa Portugal kuno. Sementara menurut bahasa Yunani Kuno nama Ciwidey asal kata dari Ciwos, artinya sapi dan Dos yang berarti lima. Kecamatan ini terletak di sebelah selatan Kota Bandung yang aksesnya seperti pembaca hendak ke Jakarta melalui Puncak. Berkelok-kelok disertai turunan dan tanjakan. Daerah ini berbatasan dengan Kabupaten Cianjur, dengan akses jalan yang menembus daerah Cianjur selatan.

    Ranca Upas juga memiliki kekayaan hutan alam yang ditumbuhi beragam pepohonan, semisal Jamuju, Huru, Kitambang, Puspa, Hamirung, Kihujan, Pasang, dan Kurai. Kawah Putih - Terletak di gunung Patuha, wisatawan yang mencoba menjangkau kawasan Kawah Putih akan menemui banyak pepohonan yang besar dan tinggi di kanan-kirinya.

    eMTe Highland Resort - Resort inilah yang paling dekat dengan objek wisata Kawah Putih yang berjarak sekitar 6 km. Bisa disebut sebagai muara ke semua titik lokasi wisata, dimulai dari yang paling dekat; bumi perkemahan Ranca Upas, perkebunan teh serta kolam pemandian panas Ciwalini, kolam pemandian Cimanggu serta yang terakhir, objek wisata Situ Patenggang.

    Fasilitas yang tersedia di eMTe Highland Resort antara lain, kolam renang air panas, perkebunan strawberry, kolam pemancingan, serta wisatawan bisa menikmati permainan outbond, semisal menunggang ATV, flying-fox, paint-ball, dan arung jeram di sungai Cibeureum.

    Pemandian Air panas Cimanggu - Kawasan di sekitar sumber air panas Cimanggu sangat kaya akan sumber air panas alami serta kandungan belerang yang dapat dimanfaatkan untuk terapi penyembuhan berbagai penyakit kulit dan rheumatik. Kolam pemandian air panas Cimanggu berada di ketinggian kurang lebih 1100 m dpl dan dikelilingi oleh hamparan perkebunan teh yang luas. Di dalam kawasan objek wisata ini, Anda dapat berjalan santai sambil menikmati kesejukan udara dan keindahan alam sekitar berupa dataran landai serta kawasan yang sedikit bergelombang. Pesona alam yang indah serta suasana lingkungan yang menyenangkan, didukung dengan areal pemandian air panas Cimanggu yang cukup bersih dan nyaman, bisa Anda jadikan sebagai salah satu alternatif pilihan berwisata di bagian selatan Kabupaten Bandung, khususnya di daerah Ciwidey-Pangalengan.[disparbud]

    SUMBER

    Pemandian Air Panas dan Cottage Walini - Di sinilah wisatawan bisa menikmati pemandian serta tempat rekreasi yang cocok untuk keluarga.

    Berbicara mengenai, “Ayo Wisata Ciwidey!”, salah satu rumah makan dan penginapan di Ciwidey menawarkan sebuah paket wisata, namanya, “Wisata Ciwidey”. Paket Wisata Ciwidey mengajak wisatawan untuk melihat pemandangan sejuk dan indah beberapa objek wisata, mulai dari mendatangi daerah Gambung yang merupakan daerah perkebunan teh dan kina dengan panorama alam yang indah.

  2. #2
    Member marzoocchi's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    Dimana Kau mau aku berada, disitu pasti aku tidak ada
    Posts
    575
    Rep Power
    3

    Re: Berlibur ke Bandung Wajib ke Ciwidey!

    kapan ya bisa kebandung, pengen banget, tapi budjet pas pasan

  3. #3
    Senior Member yolia's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Location
    Bandung
    Posts
    1,516
    Rep Power
    4

    Re: Berlibur ke Bandung Wajib ke Ciwidey!

    Quote Originally Posted by marzoocchi View Post
    kapan ya bisa kebandung, pengen banget, tapi budjet pas pasan
    ayo dong gan ke bandung, nggak perlu banyak2 budget kok. cari saja tempat wisata hemat di bandung mah banyak kok...hehe

  4. #4
    Newbie DremlandTour's Avatar
    Join Date
    Jun 2014
    Location
    Probolinggo
    Posts
    22
    Rep Power
    0

    Re: Berlibur ke Bandung Wajib ke Ciwidey!

    Siap mastah, nanti kalau lagi cari foto ke Bandung ane mampir ke Ciwidey juga dah . . .

  5. #5
    Beginner Yoshiewafa's Avatar
    Join Date
    May 2013
    Location
    Kediri
    Posts
    82
    Rep Power
    2

    Re: Berlibur ke Bandung Wajib ke Ciwidey!

    Kalau ke Ciwidey, saya pengen banget bisa foto prewedd di Kawah Putih

  6. #6
    Newbie karyaputra's Avatar
    Join Date
    Jan 2014
    Location
    Bekasi
    Posts
    31
    Rep Power
    0

    Smile Re: Berlibur ke Bandung Wajib ke Ciwidey!

    Nambahin nih... Selain kawah putih dan pemandian air panas, Ciwidey juga memiliki beberapa objek wisata alam yang wajib dikunjungi... Berikut Objek Wisata di Ciwidey :

    Situ Patengan
    Situ Patengan atau biasa juga disebut Situ Patenggang merupakan sebuah danau alam dengan pemandangan yang indah, danau yang dikelilingi perkebunan teh dan hutan alam ini berudara sejuk dan segar. Sambil menikmati pemandangan alam dan udara yang sejuk, sobat bisa berkeliling danau dengan sepeda air atau menyewa perahu untuk menuju pulau sasaka dan batu cinta yang berada di tengah danau. Pulau Sasaka dan batu cinta ini konon merupakan tempat pertemuan sepasang kekasih yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis yang sudah lama terpisah, masyarakat sekitar percaya bahwa pasangan yang mendatangi batu cinta dan mengelilingi pulau asrmara maka hubungannya akan menjadi langgeng.

    Perkebunan Teh Rancabali
    Perkebunan Teh Rancabali berada di ketinggian 1.628 dpl. Disini sobat akan menikmati panorama alam khas perkebunan teh yang berbukit dan berkelok-kelok, hamparan pepohonan teh yang tertata rapi dengan udara yang sangat sejuk memberikan kesan indah dan tentram. Selain itu, disini juga sobat bisa mengunjungi pabrik pengolahan teh untuk mengetahui tentang proses penanaman, pemetikan, pembibitan, pemeliharaan, pembukaan lahan, dan cara pengolahan teh.

    Kebun Strawberry Ciwidey
    Strawberry merupakan produk agrowisata unggulan dari Ciwidey, di daerah ini terdapat banyak sekali kebun strawberry. Sobat bisa memilih kebun strawberry mana yang ingin sobat kunjungi, di kebun strawberry sobat bisa memetik langsung buah strawberry sehingga sobat bisa merasakan segarnya buah strawberry yang sobat petik sendiri.

    Ok... itulah tambahan Objek Wisata di Ciwidey yang bisa sobat kunjungi... Happy travelling...
    “Kecekatan adalah jiwa yang berakal”|Kusen Aluminium Murah

  7. #7
    Senior Member metatron's Avatar
    Join Date
    Jun 2014
    Posts
    2,070
    Rep Power
    3

    Re: Berlibur ke Bandung Wajib ke Ciwidey!

    mirip2 di Jogja gan, meski kota metropolitian tapi msh punya banyak situs2 wisata alam

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO