Page 1 of 4 1234 LastLast
Results 1 to 10 of 31

Thread: Tujuan Wisata Sumatera Utara


  1. #1
    Newbie
    Join Date
    Sep 2008
    Posts
    21
    Rep Power
    0

    Tujuan Wisata Sumatera Utara

    Danau Toba


    Danau Toba merupakan salah satu danau terbesar di dunia, dan yang terbesar dan terpopuler di Indonesia. Danau itu seperti lautan yang luasnya lebih kurang 100 km x 30 km. Di tengah danau itu, ada sebuah pulau yang besar, yaitu Pulau Samosir yang berada pada ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut.

    Berdasarkan penelitian dari para peneliti Universitas Teknologi Michigan, Amerika Serikat, di lokasi Danau Toba, pada masa 75.500 tahun yang lalu, pernah terjadi sebuah letusan maha dahsyat yang memusnahkan manusia, hewan dan tumbuhan. Letusan itu memuntahkan bebatuan dan abu vulkanik hingga sejauh 2.000km3. Arah muntahan letusan menimbulkan kegelapan hingga dua minggu lamanya. Dampak dari letusan adalah terbentuknya sebuah kawah gunung berapi yang besar, yang lama-kelamaan kawah tersebut terisi air yang akhirnya terbentuk sebuah danau yang besar, yaitu Danau Toba. Mengenai keberadaan Pulau Samosir, itu terbentuk diakibatkan oleh tekanan magma secara terus-menerus yang belum keluar dari perut bumi.

    B. Keistimewaan
    Keindahan Danau Toba sangat mengagumkan. Danau itu dikelilingi oleh perbukitan, sehingga suasana di sekitar danau terasa nyaman, udaranya segar dan sejuk. Para pengunjung dapat menikmati keindahannya dengan berenang atau pun menyewa perahu motor, mengitari sekitar danau. Di sore hari, pengunjung dapat menikmati suasana yag lebih hening dengan pemandangan cahaya matahari terbenam yang begitu indah.
    Danau yang luas ini memiliki nilai magis dan kosmologis, karena dipercaya sebagai tempat berdiamnya Namborru (tujuh dewi leluhur Suku Batak). Bilamana masyarakat Suku Batak ingin menggelar acara adat di sekitar danau, mereka harus terlebih dahulu memohon izin kepada Namborru. Seperti dalam perayaan Pesta Rakyat Danau Toba yang setiap tahunnya digelar, beberapa ritual dilakukan terlebih dahulu sebagai bentuk penghormatan terhadap leluhur.

    Di tengah Danau Toba, yaitu di Pulau Samosir terdapat objek wisata alam yang populer, yakni danau di atas danau (Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang); objek wisata sejarah di komplek makam Raja Sidabutar di Desa Tomok; dan wisata arsitektur berupa komplek rumah tradisional Batak Toba Samosir. Di Parapat, para pengunjung yang ingin mengunjungi Pulau Samosir dapat menumpangi angkutan feri yang setiap jamnya berangkat ke Desa Tomok, Samosir.

    C. Lokasi
    Lokasi Danau Toba berada pada tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Simalungun, Kabupaten Parapat dan kabupaten Ambarita, Sumatera Utara, Indonesia.
    D. Akses Menuju Lokasi
    Untuk mencapai lokasi wisata, pengunjung dapat melalui rute Kota Medan-Parapat atau pun melalui rute Medan-Berastagi yang berjarak lebih kurang 176 km dengan waktu tempuh kurang lebih empat jam dengan kendaraan roda dua/ empat.
    E. Harga Tiket
    Harga tiket masih dalam proses konfirmasi.
    F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya
    Tidak sulit mencari penginapan di sekitar lokasi, baik penginapan kelas melati atau pun hotel berbintang. Restoran, kafe dan warung makan juga ada di sekitar lokasi.

  2. #2
    Newbie
    Join Date
    Sep 2008
    Posts
    21
    Rep Power
    0

    Re: Tujuan Wisata Sumatera Utara

    Brastagi



    Brastagi adalah tujuan wisata utama di Tanah Karo yang terletak di ketinggian sekitar 4.594 kaki dari permukaan laut dan dikelilingi barisan gunung-gunung, memiliki udara yang sejuk dari hamparan perladangan pertaniannya yang indah, luas, hijau. Brastagi merupakan daerah tujuan wisata yang memiliki fasilitas lengkap di Tanah Karo, seperti hotel berbintang, restoran, golf dan lain-lain sampai kepada hotel yang tarifnya relatif dapat terjangkau. Brastagi juga dikenal dengan julukan kota “Markisa & Jeruk Manis”.
    Dari kota “Markisa & Jeruk Manis” Brastagi, para pengunjung akan menikmati pemandangan yang indah ke arah pegunungan yang masih aktif, yaitu gunung Sibayak dan gunung Sinabung.Untuk mendaki gunung Sibayak diperlukan waktu lebih kurang 3 jam perjalanan dan kita bisa menikmati pemandangan yang indah di pegunungan tersebut atau perlu waktu 3 sampai 4 jam perjalanan di hutan untuk melihat kekayaan alam di dalamnya baik flora maupun fauna di sekitar hutan tersebut.
    Selain buah-buahan, Brastagi juga terkenal sebagai penghasil berbagai jenis sayur-sayuran, buah-buahan dan bunga-bunga. Di kota Brastagi dilaksanakan beberapa peristiwa pariwisata antara lain “Pesta Bunga & Buah” dan festival kebudayaan “Pesta Mejuah-juah” yang diadakan setiap tahun. Tanah Karo juga memiliki tradisi yang telah turun temurun dilakukan yaitu “Kerja Tahun” yang diselenggarakan setiap tahun oleh orang-orang Karo yang tinggal di daerah tersebut ataupun yang sudah merantau datang kembali ke perkampungan yang memiliki hubungan keluarga untuk saling berkunjung dan bersilaturahmi.

  3. #3
    Newbie
    Join Date
    Sep 2008
    Posts
    21
    Rep Power
    0

    Re: Tujuan Wisata Sumatera Utara

    Bukit Lawang



    Di Kabupaten Langkat tepatnyadi Kecamatan Bahorok, kita mengenal objek wisata Bukit Lawang. Bukit Lawang merupakan kawasan wisata yang mengedepankan keindahan alam; rimba belantara, Taman Nasional Gunung Leuser, lika-liku sungai bahorok yang berair jernih dan sejuk dihiasi air terjun kecil membuat suasana kawasan ini begitu nyaman. Daya tarik ini dilengkapi pula dengan adanya Pusat rehabilitasi Orang Utan yang merupakan program kerja sebuah badan dunia World Wide Life Fund (WWF). Dilokasi ini kita dapat menyaksikan bagaimana para petugas merehabilitasi perikehidupan orang utan yang elama ini tak mengenal alam terbuka sebagai habitat kehidupammya. Pemeriksaan secara teratur dan upaya mengenal kembali hutan sebagai menarik minat turis mancanegara.

    Kawasan Bukti Lawang yang memadukan aneka keindahan alam seerti hutan, sungai, air terjun dan beberapa gua merupakan daya pikat untu melakukan aktifitas; treaking, rafting, tubbing, cross country dan berkemah atau camping. Disamping itu beberapa fasilitas berupa cottage (pondok wisata), restaurant, gerai souvenir, money changer, kios telepon umum dan camping ground semakin melengkapi kebutuhan kunjungan anda.

  4. #4
    Newbie
    Join Date
    Sep 2008
    Posts
    21
    Rep Power
    0

    Re: Tujuan Wisata Sumatera Utara

    Arung Jeram Sei Wampu



    Arung jeram merupakan salah satu paket wisata petualang, atau dapat juga dikatakan sebagai wisata minat khusus. Sei Wampu adalah salah satu objek wisata tempat diadakannya kegiatan Arung Jeram dan berlokasi di Kecamatan Salapian, tepatnya di Desa marike sekitar 79 KM dari Medan.
    Aktivitas arung jeram di Sei Wampu sudah lama dikenal oleh wisatawan mancanegara, belakangan ini Sei Wampu mulai ramai dikunjungi wisatawan domestic maupun mancanegara. Tamu-tamu wisatawan mancanegara sering dibawa untuk berarung jeram dilokasi ini. Itulah sebabnya wisata arung jeram di Sei Wampu dari tahun ke tahun terus berkembang, baik dari potensi segmen, potensi pasar serta bervariasinya rute pengarungan yang ditawarkan dalam bentuk paket, sehingga wisatawan dapat menetukan pilihan sesuai dengan minat dan motivasi, ketersediaan waktu dan tingkat belanja yang diinginkan

    Paket Petualangan

    Yaitu pengarungan dari Rih Tengah hingga Bahorok yang membutuhkan waktu 2 (dua) hari pengarungan. Tingkat kesulitan sungai yang dilalui berkisar antara tingkat III dan IV dengan pemandangan sisi sungai cukup indah.

    Paket Alam

    Membutuhkan 2 (dua) hari perjalanan dengan start di Muara Lau Tebah, tingkat kesulitan sungai tidak terlalu tinggi dan lama pengarungan sekitar 5 (lima) s/d 6 (enam) jam hingga jembatan Bahorok.

    Paket Rekreasi / Keluarga

    Paket yang diperuntukkan bagi pemula ini dapat diikuti oleh pemula yang berusia 10-65 tahun. Tingkat kesulitan sungai sekitar tingkat II dan III dan cukup aman untuk kegiatan wisata dan rekreasi apalagi disiagakan Tim SAR di tempat yang rawan.

  5. #5
    Newbie
    Join Date
    Sep 2008
    Posts
    21
    Rep Power
    0

    Re: Tujuan Wisata Sumatera Utara

    Pantai Kuala Serapu




    Pantai Kuala Serapuh terletak di Kecamatan Tanjung Pura, juga berada di pesisir Perairan Malaka. Objek wisata ini memiliki pesona alam yang indah dengan pantai pasir putih yang landai yang luasnya +-6 Hektar. Latar belakang pantai yang ditumbuhi hutan cemara yang hijau merupakan habitat berbagai jenis burung, kera dan monyet. Beberapa kegiatan yang dapat dikembangkan dan dilakukan di pantai ini antara lain : Volly Pantai, memancing, camping, atau kegiatan lomba laying-layang. Ada beberapa fasilitas seperti home stay (rumah tumpangan) maupun sajian makanan ringan khas melayu.

    Untuk menuku lokasi ini kita memulainya dari pelabuhan boat di Tanjung Pura. Waktu tempuh menuju lokasi ini +- sekitar 40 Menit menelusuri Sungai Batang Serangan.

  6. #6
    Newbie
    Join Date
    Sep 2008
    Posts
    21
    Rep Power
    0

    Re: Tujuan Wisata Sumatera Utara

    Pemandian Pangkal Namo Sira-sira




    Pemandian Alam Pangkalan Namu Sira Sira terletak di Desa Blinteng dan Durian Lingga. Objek pemandian alam ini merupakan sungai yang jernih dengan air yang begitu sejuk dan menyegarkan. Objek ini berada dalam kawasan proyek bendungan irigasi Namu Sira Sira, Kecamatan Sungai Bingai dengan jarak tempuh sekitar 18 Km dari Binjai. Kita dapat berkunjung ke tempat ini dengan menggunakan kendaraan roda empat dan waktu tempuh sekitar +- 30 menit.

    Pemandian ini sebenarnya merupakan proyek bendungan irigasi untuk mengairi persawahan petani. Tetapi karena yang disekitarnya cukup indah, pada hari libur sekolah tempat ini menjadi salah satu alternative kunjungan wisata.

  7. #7
    Newbie
    Join Date
    Sep 2008
    Posts
    21
    Rep Power
    0

    Re: Tujuan Wisata Sumatera Utara

    Pemandian Pantai Biru



    Objek wisata ini terletak di Desa Pamah Tambunan sekitar 8 Km dari ibukota Kecamatan Salapian atau 50 km dari kota Binjai. Tempat rekreasi ini disebut dengan Pemandian Pantai Biru karena aliran sungai yang jernih dan sejuk serta berwarna kebiru-biruan yang membuat bebatuan yang ada di dasar sungai tampak jelas.

    Pemandian alam sungai ini ramai dikunjungi terutama saat libur sekolah sebagai tempat rekreasi dengan hawa pegunungan. Lokasi ini juga cocok untuk dijadikan tempat berkemah khususnya bagi para remaja.

    Selain kesejukan airnya, disekitar pemandian ala mini terdapat sebuah gua yang oleh masyarakat setempat disebut dengan gua “alam liang”. Gua ini sering dimasuki oleh para pengunjung karena tidak berbahaya dan juga dijadikan sebagai tempat berteduh di waktu hujan.
    Pemandangan disekitar objek wisata ini masih alami, dimana kita juga bisa melihat sarang lebah bergantungan ditebing sungai yang diakui oleh masyarakat setempat tidak pernah kosong sejak 50 tahun yang lau, bahkan disaat banyak bisa mencapai lebih dari 10 sarang lebah.

    Keindahan dan kesejukan air sungai Piang, Pemandian Pantai Biru merupakan daya tarik utama objek wisata ini. Ditambah pula dengan adanya hiburan band atau keyboard pada saat hari libur dan hari besar, yang membuat pengunjungnya bertambah banyak.

  8. #8
    Newbie
    Join Date
    Sep 2008
    Posts
    21
    Rep Power
    0

    Re: Tujuan Wisata Sumatera Utara

    Air Terjun Lau Berte



    Lokasi Air Terjun ini terletak di Sungai Bingai. Sekitar 10 Km di sebelah utara Pekan Namu Ukur atau sekitar 28 Km dari kota Binjai. Selain menikmati indahnya air terjun, pengunjungnya dapat menikmati panorama yang cukup indah. Pada hari-hari libur banyak pengunjung yang dating ke tempat ini untuk menikmati keindahan alam sekaligus menikmati jernih dan sejuknya air sungai.
    Lokasi inipun sangat layak untuk kegiatan kemping atau perkemahan dan tracking atau jelajah hutan. Air terjun dengan ketinggian 40 m ini sesungguhnya dapat juga dikembangkan sebagai pembangkit tenaga listrik.

  9. #9
    Newbie
    Join Date
    Sep 2008
    Posts
    21
    Rep Power
    0

    Re: Tujuan Wisata Sumatera Utara

    Gua & Air Terjun Marike



    Gua dan air Terjun Marike ini terletak sekitar 3 km sebelah timur Pekan Marike Kecamatan Salapian. Dan dari kota Medan berjarak sekitar 74 km dan dari ibukota Binjai sekitar 52 km dengan lama perjalanan 2 jam dari Medan dan 1 jam dari Binjai.

    Daerah ini masih alami dengan beberapa gua disekitarnya dan air terjun dengan ketinggian 12 m. salah satu gua yang ada di lokasi ini memiliki panjang 60 m yang tembus kemulut gua yang lain dan merupakan jalan pintas. Keadaan gua itu sangat gelap. Sehingga untuk melaluinya harus menggunakan alat penerang atau senter.
    Lokasi ini sangat sesuai untuk dijadikan tempat perkemahan.

    Sekarang ini gua dan air terjun Marike mulai ramai dikunjungi oleh pengunjung terutama orang-orang yang berasal dari daerah sekitar Kabupaten langkat.
    Untuk lebih menarik wisatawan dan meningkatkan minat kunjung wisatawan ketempat ini, Pemerintah kabupaten Langkat telah mulai menata dan membenahi daerah wisata ini.

  10. #10
    Newbie
    Join Date
    Sep 2008
    Posts
    21
    Rep Power
    0

    Re: Tujuan Wisata Sumatera Utara

    Ekowisata Tangkahan



    Kawasan Ekowisata Tangkahan berada di Kecamatan Batang Serangan. Hamparan hutan rimba yang menyelimuti Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) yang menyimpan ribuan macam Flora serta berbagai jenis Fauna seperti Orang Utan, Harimau Sumatera, Kedih, gajah dan beberapa jenis burung langka yang dilindungi seperti Kuaw, Merak dan Enggang, menjadikan alam tangkahan begitu memukau dan mempesona. Terdapat juga fauna langka yang tetap dilestarikan seperti bunga bangkai raflesia yang mengundang wisatawan untuk mengunjungi tempat ini.

    Air sungai Batang Serangan yang banyak dihuni jenis-jenis ikan air tawar seperti jurung, sibarau, can-can dan lain-lain sangat menjanjikan sebagai tempat rekreasi memancing. Dilokasi ini juga telah tersedia 3 buah Cottage atau pondok wisata yang dibangun di kesunyian rimba kawasan ini. Bagi mereka yang berjiwa petualangan, objek ini sangat menantang untuk melakukan aktifitas tracking, Tubbing, camping atau ingin menikmati perjalanan di seputar kawasan dengan menunggang gajah. Di tempat ini juga kita dapat menjumpai dan menikmati air panas, air terjun serta gua-gua yang begitu fantastis.

    Ekowisata Tangkahan ini dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua. Lokasi yang berjarak sekitar 90 km dari kota Binjai memakan waktu tempuh sekitar 3 jam. Kawasan ini selalu menjadi tempat dilakukannya berbagai kegiatan-kegiatan seminar oleh beberapa LSM yang sangat peduli terhadap pelestarian lingkungan. Itulah sebabnya upaya yang dilakukan masyarakat melalui Lembaga pariwisata Tangkahan, Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) serta LSM Peduli Lingkungan telah menghasilkan penghargaan konservasi alam tingkat Nasional pada tahun 2006.

Page 1 of 4 1234 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO