Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 20

Thread: Tips Menghilangkan Rasa Takut


  1. #1
    Senior Contributor ayang's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ♥♥Your Heart♥♥
    Posts
    7,004
    Rep Power
    18

    Arrow Tips Menghilangkan Rasa Takut

    Menurut para ahli psikologi, rasa takut adalah perasaan negatif yang timbul akibat teridentifikasinya sebuah stimulus (misalnya bahaya). Rasa takut ini seringkali diikuti dengan adanya perubahan fisiologis, kognitif, dan tingkah laku (Kleinknecht, 1986). J. Gerald Suarez dalam artikelnya Managing Fear in the Workplace mengakui bahwa rasa takut tidak bisa dihindari, tapi bisa dikelola sehingga tidak memberikan dampak yang destruktif bagi orang yang memiliki rasa takut tersebut,
    Seperti yang selalu dikatakan oleh pak tantowi yahya “rasa gugup atau takut adalah naturals calls, sama halnya seperti rasa lapar, rasa haus maupun rasa ngantuk, tidak ada obat untuk natural calls. Seperti halnya natural calls yang lain, rasa gugup juga adalah sesuatu yang normal selama kita bisa me-manage dengan baik, karena rasa gugup atau takut itu sebenarnya penting untuk modal mawas diri”
    Rasa takut akan membuat kita tidak bisa beranjak kemana-mana, takut meyakinkan kita tidak akan pernah bisa menggapai mimpi, membuat kita berdiam. Rasa takut akan membelenggu kemampuan mengembangkan diri dan membatasi apa yang ingin kita coba, intinya rasa takut membuat kehidupan kita semakin sempit. Dan sebaliknya keberanian muncul bukan karena ketiadaan rasa takut, keberanian timbul karena adanya kemampuan mengelola rasa takut.
    Hampir setiap orang merasakan hal yang sama ketika gugup atau takut, nafas dan detak jantung menjadi tidak teratur, pada saat itu anda harus bisa mengendalikan rasa gugup atau takut anda, karena hanya andalah yang mampu membantu diri anda sendiri, maka ketika rasa gugup atau takut itu dating, keluarkanlah. caranya dengan mengatur napas anda, karena itu ambillah nafas berkali-kali dengan tenang, maka gugup akan bisa kita kendalikan Selain itu anda juga bisa mengatasi rasa takut atau gugup dengan mengenali jenis-jenis rasa takut yang anda rasakan.
    Berikut ini adalah beberapa langkah lain yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa takut :

    1. Berhubungan dengan orang
    Semua rasa takut, bagaimanapun besar atau kecil akan buruk ketika kita menghadapinya sendiri. Cari teman baik untuk berbagi ketakutan dengannya.Kita cenderung bertahan mengakui rasa takut karena kita khawatir orang lain mengecilkan kita. Cari seseorang yang anda percaya dan bagilah apa yang menggagu anda. Mereka akan mampu membantu anda melihat apa yang anda takutkan dan mendorong mengambil langkah untuk menghadapinya.

    2. Belajar teknik relaksasi
    Takut dapat berakibat pada masalah kesehatan secara serius. Jika rasa takut sudah mulai berpengaruh pada kesehatan, pelajari beberapa teknik relaksasi yang dapat membantu anda siap menghadapi tantangan di depan.

    3. Kembangkan kehidupan spiritual
    Keyakinan pada Tuhan secara konsisten dalam setiap kesempatan adalah suatu yang baik. Ini akan memberikan kita selalu rasa aman dan nyaman dan yang lebih penting memberikan kita alasan untuk berharap.

    4. Hadapi rasa takut tersebut
    Langkah terakhir sebenarnya adalah menghadapi rasa takut itu sendiri, penting dicatat bahwa beberapa rasa takut itu sehat dan beberapa situasi harus dihindari bagi keamanan pribadi anda.Tidak ada penghargaan pahlawan menantang satuasi yang mengancam pribadi. Meskipun ancaman tersebut lebih ke mental dari pada fisik, sebenarnya melakukan sesuatu yang anda khawatir dapat menjadi penangkal terbaik
    meskipun mengadapi takut adalah suatu proses.



    Semoga bermanfaat (dapet dr Email)
    Life is Adventure

  2. #2
    Senior Contributor ayang's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ♥♥Your Heart♥♥
    Posts
    7,004
    Rep Power
    18

    Re: Tips Menghilangkan Rasa Takut

    Quote Originally Posted by alindri View Post
    rasa takut itu adalah pikiran yang kita ciptakan sendiri dan turun kehati berupa sebuah kekhawatiran karena kita belum mengetahui apa sesungguhnya yang akan terjadi........ ..............
    so hilangkan bermain dengan fikiran.......
    susah juga toh mba.....

    menghilangkan rasa takut kayaknya ga bisa kali yah... itu udh hakiki dimiliki setiap manusia... kita hanya mampu mengendalikan n meminimalis rasa takut tersebut
    Life is Adventure

  3. #3
    Junior Member fitri1980's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    samarinda kaltim
    Posts
    316
    Rep Power
    6

    Re: Tips Menghilangkan Rasa Takut

    makasih artikelnya, tp tetap aja bermasalah klo mau bepergian naik pesawat

  4. #4
    Senior Contributor ayang's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ♥♥Your Heart♥♥
    Posts
    7,004
    Rep Power
    18

    Re: Tips Menghilangkan Rasa Takut

    Quote Originally Posted by fitri1980 View Post
    makasih artikelnya, tp tetap aja bermasalah klo mau bepergian naik pesawat
    alasannya...???
    takut jatuh or ketinggian??
    padahal secara logika tingkat pengawasan paling tinggi adalah pesawat.


    contohnya... Bus kadang Remnya blong atau salah satu kaca pecah... atau mesinnya bermasalah.... mereka tetep aja melakukan beroperasi....


    But klo pesawat.... apabila dilihat ada permasalahan dlm mesin or gangguan lain, belum tentu akan d terbangkan



    hehheheh
    Life is Adventure

  5. #5
    Senior Contributor KAMIRIN's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Sukabumi Bencilangit
    Posts
    7,420
    Rep Power
    23

    Re: Tips Menghilangkan Rasa Takut

    Quote Originally Posted by ayang View Post
    alasannya...???
    takut jatuh or ketinggian??
    padahal secara logika tingkat pengawasan paling tinggi adalah pesawat.


    contohnya... Bus kadang Remnya blong atau salah satu kaca pecah... atau mesinnya bermasalah.... mereka tetep aja melakukan beroperasi....


    But klo pesawat.... apabila dilihat ada permasalahan dlm mesin or gangguan lain, belum tentu akan d terbangkan



    hehheheh
    Pesawat jika celaka itu kualitas dan pemberitaannya jauh lebih besar dari bus. Dari segi jumlah korban jiwa dalam setahun, jika dibandingkan, banyakan bus malah...

    Kembali ke topik siang.
    Satu2nya jalan untuk mengatasi ketakutan tersebut, adalah menghadapi ketakutan tersebut dalam skala besar dan intensif.
    Jika orang takut ular, maka harus dibiasakan hidup bersama ular.
    Jika orang takut pacaran, maka harus dibiasain pacaran (jujur saja, saya pernah nemu orang yg seperti ini, tapi pas udah pacaran. malah ketagihan, tahun belum berganti, pacarnya sudah berganti tiga kali) huehehe...
    -Tempat ini disewakan untuk iklan-

  6. #6
    Contributor arsya's Avatar
    Join Date
    Aug 2009
    Location
    dUnIa KhAYaLaN
    Posts
    3,947
    Rep Power
    11

    Re: Tips Menghilangkan Rasa Takut

    [QUOTE]Kembali ke topik siang.
    Satu2nya jalan untuk mengatasi ketakutan tersebut, adalah menghadapi ketakutan tersebut dalam skala besar dan intensif.
    Jika orang takut ular, maka harus dibiasakan hidup bersama ular.
    QUOTE]

    gw takut kecoa.. ampe kapanpun ga akan bisa om... masa iya harus hidup sama kecoa??? bisa pingsan mendadak!!!

    menurut gw sih hipnotis salah satu cara menhilangkan rasa takut, tp gatau efeknya apakah seumur hidup atau sementara
    don't judge a person coz you don't walk on that man shoes

  7. #7
    Senior Contributor ayang's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ♥♥Your Heart♥♥
    Posts
    7,004
    Rep Power
    18

    Re: Tips Menghilangkan Rasa Takut

    Quote Originally Posted by KAMIRIN View Post
    Pesawat jika celaka itu kualitas dan pemberitaannya jauh lebih besar dari bus. Dari segi jumlah korban jiwa dalam setahun, jika dibandingkan, banyakan bus malah...

    Kembali ke topik siang.
    Satu2nya jalan untuk mengatasi ketakutan tersebut, adalah menghadapi ketakutan tersebut dalam skala besar dan intensif.
    Jika orang takut ular, maka harus dibiasakan hidup bersama ular.
    Jika orang takut pacaran, maka harus dibiasain pacaran (jujur saja, saya pernah nemu orang yg seperti ini, tapi pas udah pacaran. malah ketagihan, tahun belum berganti, pacarnya sudah berganti tiga kali) huehehe...
    klo cow takut ama bencong..... berarti kudu idup ma bencong bang.....?
    Life is Adventure

  8. #8
    GEO
    GEO is offline
    Advisor GEO's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ...
    Posts
    18,474
    Rep Power
    36

    Re: Tips Menghilangkan Rasa Takut

    kalo takut di tolak wajar ga tuh ....?

  9. #9
    Senior Contributor ayang's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ♥♥Your Heart♥♥
    Posts
    7,004
    Rep Power
    18

    Re: Tips Menghilangkan Rasa Takut

    Quote Originally Posted by GEO View Post
    kalo takut di tolak wajar ga tuh ....?
    tergantung Ge.......

    kalau gak pernah di tolak, pasti takutlah klo suatu saat nanti kna tolak...
    tp klo udah langganan di tolak... dah gak mempan tuh
    Life is Adventure

  10. #10
    Senior Contributor baba-atung's Avatar
    Join Date
    Mar 2009
    Location
    ~ ??? ~
    Posts
    8,003
    Rep Power
    15

    Re: Tips Menghilangkan Rasa Takut

    gw s'org penakut yg suka nakut-nakutin penakut lainnya, smp mereka takut atas apa yg di takuti, menghadapi penakut-penakut seperti ini hanya perlu takut thd hal2 yg di takuti..

    [ngomong apa ya gw???]
    sampai jumpa di lain kesempatan, itu pun klo nyawa masih nempel di raga ini..

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0