Results 1 to 5 of 5

Thread: Apa itu IKHLAS?


  1. #1
    Junior Member fay5den's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    East Jakarta
    Posts
    395
    Rep Power
    7

    Apa itu IKHLAS?

    Memberi dan menerima, itulah kodrat yang seharusnya ada di dunia. Mereka ada ketika kita dalam keadaan menolong atau ditolong. Sebuah pasangan yang memang kelihatan harmonis bila hal itu benar-benar konkrit. Namun pada kenyataannya, menerima terkadang sulit ditemukan alias seringkali hilang. Kita lebih sering memberi dan jarang menerima sesuatu. Hal ini akan membuat kebanyakan orang tidak mudah percaya. Ketika mau menolong, orang akan cenderung berpikir, apa untung dan ruginya. Kita dapat melihat sebegitu parahnya rasa simpati seseorang kepada beberapa orang yang benar-benar sedang membutuhkan pertolongan melalui beberapa reality show yang akhir-akhir ini sedang menjamur di berbagai media televisi.

    Begitu halnya saya, saat pertama kali kita menolong, rasa iba, rasa kasihan dan berbagai rasa yang memberikan cukup energi pada seluruh jiwa raga kita untuk menolong seseorang membuat kita seakan-akan tidak akan pernah mengingat perbuatan baik kita tersebut dan melupakannya begitu saja tanpa berharap imbalan sedikitpun, walau dari Tuhan sekalipun. Tetapi hal tersebut bagaikan sebuah angka jutaan yang dikalikan dengan angka nol, yaitu tetap nol, ketika kita sedang membutuhkan pertolongan, dan tidak ada seorang pun yang menghiraukan. Waktu itulah yang paling tepat bagi sisi buruk kita untuk mengatakan dengan lantang, “Percuma kamu dulu menolong, kenyataannya orang lain pun tak lagi peduli denganmu!”. Akhirnya penyesalan pun terjadi, kita akan mengungkit perbuatan baik kita dan mengumpat serta menganggap kesia-siaan perbuatan baik kita yang terdahulu.

    Di sini ternyata Tuhan memberikan suatu pemecahannya, yaitu mengirimkan sesuatu yang bernama ikhlas untuk mendiami seluruh hati manusia di muka bumi pejal ini.

    Si ikhlas ini selalu mencari sesosok individu yang seringkali memberikan pertolongan, dan acapkali mencoba masuk ke sanubarinya dengan usaha yang sangat keras. Musuh utamanya adalah hawa nafsu manusia itu sendiri. Dengan bersenjatakan ala kadarnya, si ikhlas ini berusaha secara kontinyu untuk merangsek masuk ke relung hati si manusia itu, untuk menguasai hati dan menentramkannya, bak seorang pahlawan yang ingin menguasai Negara yang porak poranda karena pemimpin yang zalim dan membenahi pemerintahan Negara tersebut.

    Ironisnya, manusia tidak menyadari bahwa si ikhlas ini memiliki niat yang sungguh baik. Tanpa meminta imbalan, si ikhlas ini akan selalu memberikan perasaan tentram ketika manusia sedang memberikan sesuatu, entah itu pertolongan, atau apapun yang bersifat baik. Sehingga tidak semua manusia bias dimasuki oleh si ikhlas ini dengan mudah. Oleh karena itu saya katakana di sini, memiliki Ikhlas adalah sesuatu yang amat sangat sulit. Karena musuh utamanya dalah kita sendiri. Hal ini menjadikan ikhlas menjadi tingkatan manusia tertinggi. Seperti yang dikatakan Tuhan bahwa manusia adalah makhluk dengan derajat yang paling tinggi. Manusia yang seperti apa? Manusia dengan tingkatan memberi tanpa mengharap menerima.

    Lebih lanjut saya jelaskan, jika kita beribadah, maka kita tidak mengharapkan surga, itulah ikhlas. Seperti sebuah syair lagu, “Jika surga dan neraka tak pernah ada, akankah kita masih bersujud kepada-Nya?”. Manakala kita memberikan sesuatu yang kita sayangi, yang menurut kita berharga, dan kita tidak mengingat-ingatnya lagi, maka itulah ikhlas. Pepatah mengatakan, lupakanlah jika kamu pernah memberi sesuatu kepada seseorang, tetapi jangan sekali-kali kamu lupa jika kamu pernah diberi sesuatu oleh seseorang.

    Si ikhlas ini akan dapat tumbuh dengan sehat dan baik, ketika kita memberinya nutrisi yang cukup. Apa nutrisi bagi ikhlas? Nutrisinya yang pertama adalah perasaan positif akan sesuatu yang negatif. Lihatlah sebuah gelas yang terisi setengah penuh daripada anda melihatnya sebagai gelas yang setengah kosong. Yang kedua adalah perasaan hidup sementara dan dunia ini sejatinya adalah sebuah jalan mencari perbekalan. Entah apapun agama anda, saya yakin bahwa anda juga yakin akan adanya kehidupan setelah di dunia ini. Sedangkan nutrisi yang terakhir adalah perasaan dimana anda diposisikan sebagai seseorang yang akan anda tolong. Jangan anggap remeh kesulitan yang sedang menimpa orang lain, karena bukan tidak mungkin, kesulitan yang sama suatu saat juga akan menemui anda.

    Jika nutrisi tersebut anda berikan secara rutin dan kontinyu, saya yakin, si ikhlas akan senang tinggal di hati anda dan senantiasa menentramkan perasaan hati anda. Selamat mencoba…
    natural, healthy and for every day
    HYDRO COCO _ Minuman air kelapa asli _ Kalbe

  2. #2
    Senior Member red_devil's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Posts
    2,147
    Rep Power
    8

    Re: Apa itu IKHLAS?




    alangkah indahnya hidup ini
    bila kita semua punya rasa Ikhlas itu.
    saya melihat banyak org tidak memiliki iklas itu
    bahkan sebaliknya rasa pamrih lebih dominan...
    dg embel2 benci iri dengki...
    pidato saja di cari kesalahannya.

    ampun deh.

  3. #3
    Moderator Fikri.hidayat's Avatar
    Join Date
    Jul 2010
    Location
    Indonesia
    Posts
    704
    Rep Power
    7

    Re: Apa itu IKHLAS?

    jujur saya pernah merasakan keajaiban berada di zona ikhlas, alhamdulillah...sungguh luar biasa. walaupun faktanya saya tidak bisa mempertahankan diri agar tetap berada di zona tersebut. Bagaimana kita bisa selalu berada di zona ikhlas?

    Jadi ingat Quantum Ikhlas® Erbe Sentanu...



    "Leave nothing but footprints, Kill nothing but time, Take nothing but pictures"

  4. #4
    Junior Member
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    143
    Rep Power
    4

    Re: Apa itu IKHLAS?

    ikhlas itu sendiri kalau dilatih dan dilakukan secara terus menerus nantinya akan menghasilkan suatu hal yg luar biasa, semua butuh proses,

    ga bisa ikhlas hari ini? jangan menyerah, besok di coba terus, postingan yang bagus,
    Don't make a girl a promise, if you know you can't keep it. -- Dr. Catherine Hasley (to Spartan II John-117)

  5. #5
    Junior Member
    Join Date
    Mar 2010
    Location
    Surabaya
    Posts
    490
    Rep Power
    5

    Re: Apa itu IKHLAS?

    mudah2an saya bisa ikhlas di mulut maupun di hati, bukan hanya di mulut doang

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0