Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 11

Thread: Komik, Cerita Bergambar yang Tak Lekang oleh Waktu


  1. #1
    Junior Member alhamid's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Posts
    205
    Rep Power
    0

    Komik, Cerita Bergambar yang Tak Lekang oleh Waktu

    Komik, Cerita Bergambar yang Tak Lekang oleh Waktu

    KORAN JAKARTA

    Komik, siapa pun rasanya, tidak ada yang tidak mengenalnya. Buku cerita bergambar ini boleh dibilang tak lekang oleh waktu. Dan, model atau jenisnya pun mengikuti tren pasar yang tengah berkembang.

    Komik tak hanya menjadi teman ketika mengisi waktu luang. Cerita bergambar ini juga menjadi barang koleksi tersendiri yang banyak diburu. Tak hanya anak-anak, tetapi juga orang dewasa, laki-laki maupun perempuan. Komik tak pernah mengenal batasan usia maupun jender untuk dibaca, dimiliki, dan dikoleksi.

    Sebagai barang koleksi, komik memiliki jenis yang begitu beragam, mulai dari komik yang berasal dari Amerika atau yang lebih dikenal dengan western comic, seperti Calvin and Hobbes, Peanuts, Batman, dan Hellboybone. Atau komik Eropa, seperti Tintin, Kwik dan Flupke, serta **** Herisson.

    Kemudian komik yang berasal dari Jepang atau masyarakat Indonesia menyebutnya dengan manga seperti Naruto dan Kapten Tsubasha. Lainnya ada juga komik-komik dari Indonesia. Semuanya memiliki keasyikan masing-masing untuk dijadikan barang koleksi.

    Komik Indonesia bisa dibagi pada komik Indonesia yang "jadul" dan juga komik-komik Indonesia modern seperti saat ini yang banyak Anda jumpai di toko-toko buku. Komik "jadul" Indonesia, misalnya adalah komik-komik yang muncul sejak era pertama komik dikemas menjadi sebuah buku yakni pada 1952. Misalnya saja komik Kisah Kependudukan Jogja karya Abdul Salam. Ini merupakan komik "jadul" yang merupakan pembundelan dari komik strip yang sebelumnya muncul dalam surat kabar.

    Atau juga komik-komik karya para komikus senior Indonesia seperti RA Kosasih yang mengarang buku seri komik Mahabarata atau pun komikus Jair Warni Ponakanda yang mengarang seri komik Jaka Sembung. Komik "jadul" umumnya memang menceritakan tentang kisah pewayangan seperti kisah seri Mahabarata karya RA Kosasih maupun cerita-cerita rakyat seperti Jaka sembung.

    Adaoyb komik-komik Indonesia modern adalah komik-komik yang muncul di era digital saat ini, seperti Benny dan Mice. Sejarah komik di Indonesia disesaki oleh sejumlah komikus ternama. Selain RA Kosasih ada juga Ganes TH, Hasmi, dan SH Mintaraga yang mewakili tokoh komikus "jadul", sedangkan Benny dan Mice mewakili genarasi komikus modern indonesia.

    Selain komik Indonesia, koleksi komik lainnya juga bisa komik asal Jepang. Di Indonesia ada yang menyebutnya dengan manga. Manga memang merujuk pada istilah komik itu sendiri dalam bahasa Jepang dan digunakan secara internasional untuk memperkenalkan komik Jepang ini. Meski demikian, masyarakat secara umum lebih senang menyebutnya dengan sebutan komik Jepang saja.

    Komik Jepang umumnya dibuat dengan lebih mengutamakan karakter dan jalan cerita yang unik dan menarik dari tokoh-tokoh yang terlibat. Misalnya saja komik Naruto yang begitu familiar bagi masyarakat Indonesia. Naruto lebih mengisahkan seorang remaja yang mencoba ingin menjadi seorang hokage dan semuanya diceritakan secara apik.

    Komik lain yang bisa dijadikan koleksi adalah komik dari Amerika atau juga biasa disebut dengan western comic. Komik Amerika ini memiliki kekhasan atau ciri utama yang bisa membedakannya dengan komik-komik lain, baik dari Indonesia maupun dari Jepang. Komik Amerika umumnya lebih menekankan pada kisah superhero dengan kekuatan luar biasa. Misalnya saja, komik Batman yang begitu familir pada masyarakat Indonesia. Jadi, mana koleksi komik Anda?(nik/L-1)

    Dari Pasar Loak hingga Luar Negeri

    Beberapa komik boleh jadi bisa Anda dapatkan di toko-toko buku. Namun, tidak jarang juga sebuah komik didapat mulai dari pasar loak hingga pasar "kolektor gelap" dengan harga yang fantastis dan kisah "perjuangan" yang luar biasa.

    Komik langka sudah pasti adalah komik yang sudah tidak dicetak lagi. Baik komik Indonesia asli maupun komik langka dari luar negeri. Dari Indonesia, misalnya, ada komik-komik "jadul" yang diterbitkan pada era kejayaan komik Indonesia di tahun '60 '70-an seperti Gundala Putra Petir, Mahabarata, Jaka Sembung, Godam, Si Buta dari Gua Hantu, Panji Tengkorak, Kelelawar, Mandala Siluman Sungai Ular, Si Tolol, dan Djampang.

    Fransiskus Adi Pratomo, salah seorang kolektor komik, mengaku kerap mendapatkan komik-komik buruannya dari penjual buku second, terutama untuk komik-komik Eropa. Namun, tidak jarang Fransiskus juga mendapatkan komik buruannya dengan menitip pada teman yang tengah pergi ke luar negeri. "Kadang beli di toko buku impor, atau nitip teman. Tapi kebanyakan memang dari penjual buku second," kata Fransiskus yang menggemari berbagai jenis komik ini.

    Tak hanya Fransiskus, penggemar komik lainnya, Henry Ismoyo, juga kerap menyasar pasar-pasar loak untuk berburu komik-komik langka. Bahkan, untuk mendapatkan komik buruannya, Henry juga menjalin hubungan baik dengan para pedagang di pasar loak tersebut.

    Tujuannya adalah agar para pedagang ini bersedia memberitahukan jika ada "barang" yang sedang dicari. "Jadi, mereka langsung telepon kita. Bukan menghubungi kolektor lainnya," tambahnya.

    Kisah perburuan komik memang menyimpan kisah tersendiri. Jika Henry harus menjalin relasi baik dengan para pedagang di pasar loak, maka cerita Fransiskus lain lagi. Demi kecintaannya pada komik dan menambah koleksi komiknya, Fransiskus rela menghabiskan waktu dari jam 10 pagi sampai pukul 3 dini hari hanya untuk memilih komik yang dicarinya. "Saat itu, toko buku teman saya memang mendapat seribu komik lepas. Jadi saya harus seharian untuk memilih yang saya cari," katanya.(nik/L-1)

    Lebih Disukai daripada Novel

    Dalam Bahasa Indonesia, komik sering disebut sebagai cerita bergambar. Umumnya, sebuah komik menampilkan peranan tokoh atau karakter. Ia bisa menjadi pesan yang sangat efektif karena gambar memungkinkan pesan yang disampaikan menjadi lebih jelas diterima. Inilah salah satu kekuatan komik.

    Umumnya, bahasa gambar lebih mudah dimengerti dibandingkan bahasa tulis sehingga orang-orang, terutama anak-anak kecil, menjadi jauh lebih senang membaca komik. Bahkan, orang dewasa sekalipun bisa jadi lebih memilih komik dibandingkan dengan membaca novel. "Saya suka sekali gambar dan kebanyakan komik ternyata lebih mudah dicerna ketimbang novel," ujar Fransiskus.

    Awalnya, Fransiskus lebih menggemari novel-novel karya Pramudya Ananta Tur atau pun milik Seno Gumira Ajidarma atau buku-buku nonfiksi lainnya. Namun, semakin hari ia merasa lebih menggemari komik karena bahasa gambarnya tersebut. "Keistimewaan komik, menurut saya, terletak pada kepandaian pengarangnya untuk memvisualisasikan cerita gambar, tetapi tetap dibatasi panel-panel," tambah Fransiskus.

    Komik menjadi jauh lebih menyenangkan sebagai teman santai manakala cerita komik akan cepat rampung dibaca dibandingkan dengan novel yang harus menunggu berhari-hari untuk sampai pada klimaks cerita yang ditulis. "Yang pasti pesan atau isisnya akan lebih mudah untuk dipahami dibandingkan dengan novel dan lebih cepat selesai satu kali baca," Kata Desy Arditama, penggemar komik lainnya.(nik/L-1)


    http://koran-jakarta.com/index.php/detail/view01/71277

  2. #2
    Member normi's Avatar
    Join Date
    Jul 2011
    Posts
    627
    Rep Power
    0

    Re: Komik, Cerita Bergambar yang Tak Lekang oleh Waktu

    jadi inget dulu ane suka banget nyewa komik..eh smpe sekarang belom dibalikin2

  3. #3
    Member vacau's Avatar
    Join Date
    Jul 2011
    Posts
    623
    Rep Power
    4

    Re: Komik, Cerita Bergambar yang Tak Lekang oleh Waktu

    kalau lagi senggang atau morum di FK saya suka baca Kho Ping Hoo. Serial Bu Kek Sian Su versi digital nya....menarik sekali komik jaman dulu ini, sepertinya lebih mengutamakan isi cerita dari pada gambar...sayang komik nya si Ganesh atau RA Kosasih saya belum punya versi digitalnya padahal pasti menarik sekali...

  4. #4
    Contributor djunbd's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    3,891
    Rep Power
    14

    Re: Komik, Cerita Bergambar yang Tak Lekang oleh Waktu

    Quote Originally Posted by vacau View Post
    kalau lagi senggang atau morum di FK saya suka baca Kho Ping Hoo. Serial Bu Kek Sian Su versi digital nya....menarik sekali komik jaman dulu ini, sepertinya lebih mengutamakan isi cerita dari pada gambar...sayang komik nya si Ganesh atau RA Kosasih saya belum punya versi digitalnya padahal pasti menarik sekali...
    --------------------------------------------------------------------------------------
    komik RA Kosasih diterbitkan ulang beberapa tahun silam, dan kemungkinan ada toko buku yang masih memiliki stok...toko buku yang dimaksud adalah Gunung Agung, dan juga mungkin beberapa tempat lain...dari segi penceritaan, banyak komik lokal berkiblat atau setidaknya turut terpengaruh dari negeri lain misalkan Ganes TH terinspirasi dari 7 samurai (Jepang) dalam satu karyanya tentang tokoh/karakter Si Buta Dari Gua Hantu dalam judul Banjir Darah Di Pantai Sanur...demikian juga ketika horror monster zombie lagi in, lagi2 Ganes turut memasukkan sebagai ide cerita dalam salah satu kisah Reo Si Manusia Serigala berjudul Zomba...pengamat dan kritikus menganggap karakter Si Buta Dari Gua Hantu sebagai salah satu karakter terkuat dalam sejarah komik Indonesia, adapun kekurangan komikus lokal dari komikus asing juga adalah dalam segi teknik penggambaran...

  5. #5
    Beginner
    Join Date
    Sep 2011
    Posts
    76
    Rep Power
    4

    Re: Komik, Cerita Bergambar yang Tak Lekang oleh Waktu

    Quote Originally Posted by djunbd View Post
    --------------------------------------------------------------------------------------
    komik RA Kosasih diterbitkan ulang beberapa tahun silam, dan kemungkinan ada toko buku yang masih memiliki stok...toko buku yang dimaksud adalah Gunung Agung, dan juga mungkin beberapa tempat lain...dari segi penceritaan, banyak komik lokal berkiblat atau setidaknya turut terpengaruh dari negeri lain misalkan Ganes TH terinspirasi dari 7 samurai (Jepang) dalam satu karyanya tentang tokoh/karakter Si Buta Dari Gua Hantu dalam judul Banjir Darah Di Pantai Sanur...demikian juga ketika horror monster zombie lagi in, lagi2 Ganes turut memasukkan sebagai ide cerita dalam salah satu kisah Reo Si Manusia Serigala berjudul Zomba...pengamat dan kritikus menganggap karakter Si Buta Dari Gua Hantu sebagai salah satu karakter terkuat dalam sejarah komik Indonesia, adapun kekurangan komikus lokal dari komikus asing juga adalah dalam segi teknik penggambaran...
    Sepertinya mas junbd sangat mengenal komik komik tua ini, Sibuta dari goa hantu memang menarik untuk di baca dan komik ini juga telah di angkat ke layar lebar, baik film maupun komiknya amat di sukai oleh masyakat..

  6. #6
    Contributor tamandewi's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    http://tips-cara.info
    Posts
    3,820
    Rep Power
    7

    Re: Komik, Cerita Bergambar yang Tak Lekang oleh Waktu

    wah menarik juga yaaaa
    mungkin karena dulu tv n bioskop masih jarang kali ya, jadi komik jadi hiburang yang paling menarik..barangkali lho...

  7. #7
    Member vacau's Avatar
    Join Date
    Jul 2011
    Posts
    623
    Rep Power
    4

    Re: Komik, Cerita Bergambar yang Tak Lekang oleh Waktu

    Quote Originally Posted by normi View Post
    jadi inget dulu ane suka banget nyewa komik..eh smpe sekarang belom dibalikin2
    pantes aja di cari cari sampai sekarang tinggal satu komik yang belum pulang...ternyata...balikin dong norm..hahaha..
    canda bro...

  8. #8
    Senior Member
    Join Date
    Aug 2011
    Posts
    2,181
    Rep Power
    6

    Re: Komik, Cerita Bergambar yang Tak Lekang oleh Waktu

    wah jadi ingat jaman dulu ya dengan komik komik ini hahahah ...........

  9. #9
    Junior Member Bernad MT's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    Makasar, Sulawesi Selatan, Indonesia, Indonesia
    Posts
    495
    Rep Power
    4

    Re: Komik, Cerita Bergambar yang Tak Lekang oleh Waktu

    Pas SMP, pernah terkunci di perpus sekolah gara-gara keasyikan baca komik-komik Kho Ping Ho.....
    http://kompasiana.com/bernadtulasi


  10. #10
    Member SMARTNEWZ's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    Boyolali
    Posts
    775
    Rep Power
    0

    Re: Komik, Cerita Bergambar yang Tak Lekang oleh Waktu

    Betul juga, takkan pernah lekang oleh waktu

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO