Results 1 to 8 of 8

Thread: Yuk, Main Miniatur Kereta!


  1. #1
    Junior Member alhamid's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Posts
    205
    Rep Power
    0

    Yuk, Main Miniatur Kereta!




    Yuk, Main Miniatur Kereta!



    antara



    Permainan model kereta dengan skala mini merupakan hobi paling tua yang pernah dilakoni manusia untuk kategori model sarana transportasi. Ternyata, selain mengasyikkan, hobi ini dari zaman ke zaman tak pernah surut minat dan dinamikanya.

    Dari sekian banyak hobi model, permainan miniatur kereta merupakan hobi yang paling digemari segala kalangan. "Hobi kereta model berskala miniatur memang amat mengasyikkan. Bentuk dan cara kereta model ini saat berjalan di atas rel mirip dengan perwujudan kereta asli di dunia nyata." Demikian komentar Joedi Andreas, pemilik Pinguin Trains Hobby, di Mal Taman Palem, Jakarta, yang merupakan salah seorang yang melakoni hobi permainan model kereta skala mini.

    Sejak kecil ia memang suka kereta api. Kala sang ayah hendak mengunjungi sanak famili ke Purwokerto, ia selalu ikut serta karena ia tahu ayahnya selalu pergi ke sana menggunakan kereta.

    Joedi amat terkesan dengan panorama perdesaan dan persawahan yang dilihatnya saat kereta yang ditumpanginya melintasi rute perjalanan menuju Purwokerto. Begitu ia menginjak usia dewasa, minatnya menggeluti hobi kereta model skala mini kian serius dan menggebu-gebu.

    Saat itu, bermula kala Joedi tengah mencari kata kunci kereta model di mesin pencari data di internet, lalu terpampanglah beragam data yang berisikan daftar kereta model dengan tawaran harga. Ia pun tertarik pada salah satu kereta model asal Amerika Serikat dan serta-merta membelinya.

    "Kereta model ini bukan sekadar toys, akan tetapi nilai secara fungsi teknisnya juga amat bagus," jelasnya. Dari segi skala, lazimnya kereta model memiliki skala 1:87 dari kereta aslinya. Hampir keseluruhan detail bentuk kereta model ini sangat mirip dengan kereta asli.

    Secara mekanis, agar kereta model bisa berjalan, dipasanglah sebuah motor dinamo di bagian kabin lokomotifnya. Sementara untuk pasokan energi agar kereta model ini bisa berjalan, mengalir arus listrik lemah yang berasal dari sebuah perangkat bernama controller yang dialirkan melalui bantalan rel dan menghantar ke roda kereta menuju motor dinamo. Dari controller ini kita bisa mengatur gerak kereta model untuk bergerak maju ataupun mundur selain bisa mengatur akselerasinya.

    Joedi menyukai hobi ini karena sifatnya yang lebih aman dan awet daripada hobi-hobi lainnya. Dengan catatan, jika memiliki kereta model ini, kita harus menjauhkan kereta model mainan ini dari air. Jika terjatuh pun tidak akan mudah rusak atau pecah karena kereta model ini terbuat dari material logam yang amat kuat.

    Kereta model ini ia mainkan sepulang kerja atau saat berkumpul dengan teman-teman sesama komunitas. Joedi saat ini bergabung dan aktif dalam komunitas kereta model dan layout Jakarta. "Sesama anggota biasanya saling mengunjungi rumah masing-masing untuk melihat koleksi kereta, dan di saat itulah kita mainkan kereta model," terangnya.

    Untuk mulai menggeluti kereta ini, pehobi bisa membeli satu starter set kereta model. Satu set kereta model terdiri dari satu lokomotif, tiga gerbong, satu set rel yang akan membentuk rangkaian trek berdiameter 95 cm, dan satu controller. Di toko miliknya, harga satu starter set kereta model termurah ditawarkan mulai dari angka satu juta rupiah. "Khusus untuk panjang rel, jika ingin menambah treknya, maka kita bisa menambah sendiri dengan panjang rel hingga tidak terbatas," tuturnya. wan/L-4

    Beragam Model Ditawarkan

    Kereta model merupakan miniatur kereta. Menurut Joedi, umumnya ukuran yang disukai para pehobi adalah 1:87. Namun di luar itu, ada skala lain yang lebih kecil, yaitu 1:160 bahkan 1:220.

    "Pengoleksi kereta model berukuran hingga terkecil merupakan maniak karena memang jarang diproduksi dan harganya bisa berkali-kali lipat dari harga model dengan skala 1:87," terangnya lebih lanjut.

    Sejauh ini, perkembangan mekanisme teknologi sistem operasi kereta model ini masih terdiri dari dua tipe, yaitu analog dan digital. Pada sistem analog, lokomotif yang bergerak di atas rel hanya satu, sementara pada sistem digital lebih dari satu lokomotif bisa bergerak di rel.

    Baik analog maupun digital menggunakan chip di bagian controller. Namun controller pada digital lebih rumit karena "otak" operasi kereta model ini bisa menggerakkan dua lokomotif serta mengatur hal-hal lain selain pergerakan kereta model. "Antara lain suara klakson, rem, bel, dan suara gandengan gerbong saat beradu. Controller pada kereta digital juga bisa mengatur asap keluar dari kereta model uap sehingga kereta model ini sangat mirip aslinya saat beroperasi," tutur Joedi.

    Jenis kereta model ini cukup banyak, mulai dari kereta dengan lokomotif uap, lokomotif dengan konfigurasi roda gandar dua dan tiga, hingga kereta model supercepat nan modern seperti Shinkansen (Jepang) dan TGV (Prancis). Di Amerika Serikat yang merupakan negara pengekspor terbesar kereta model, kereta model dinamakan sesuai nama-nama perusahaan kereta di sana. Namun saat ini, perusahaan di Amerika telah mengoper pembuatan kereta model ini ke China untuk menekan biaya.

    Para penggemar kereta model di negara Paman Sam cenderung fanatik dengan nama perusahaan kereta, seperti Union Pacificd dan Chicago North West. "Untuk membuat tiruan dalam skala kecil ini, perusahaan mainan di sana membayar lisensi ke perusahaan kereta yang dijadikan tiruan," terang Joedi.

    Soal harga, produk buatan China memang lebih murah. Joedi mencontohkan satu lokomotif SD 40, yaitu yang memiliki konfigurasi roda gandar dua, dipatok dengan harga sekitar 700 ribu rupiah, sementara lokomotif kereta model buatan Jepang dipatok hingga 1,3 juta rupiah.

    Kereta modern nan cepat seperti Shinkansen juga diproduksi di negara asalnya, Jepang. Ukuran kereta model ini umumnya di skala 1:160, dan akselerasinya lebih tinggi dari kereta model loko. Pihak produsen sengaja membuat kereta seperti aslinya, dan memang pehobi menginginkan hal ini. Namun harganya tentu lebih mahal, minimal dua juta rupiah hingga belasan juta rupiah. wan/L-4

    Identik dengan Aslinya

    Bentuk kereta model identik dengan wujud asli kereta di dunia nyata. Tentu saja akan lebih mengasyikkan jika memainkan kereta model yang meluncur di atas rangkaian bantalan rel di tengah lingkungan buatan yang wujudnya juga identik dengan panorama aslinya. Lingkungan sekitar rel yang mirip dengan aslinya ini dikenal dengan istilah meja layout.

    Di atas meja layout, berdiri beragam detail struktur bangunan yang ada di pinggir rel, seperti stasiun, perumahan, jembatan, terowongan, pepohonan dan rerumputan, tiang telepon beserta kabelnya, hingga beragam figur manusia sangat mirip dengan aslinya. Ada pula yang dilengkapi lanskap gunung, perbukitan, padang, gurun, hingga aliran sungai.

    "Meja layout merupakan aksesori pelengkap dan dijual terpisah dengan kereta model," terang Joedi.

    Satu meja layout berukuran 122 x 140 cm dengan trek simpel berbentuk oval dipatok dengan harga mulai dari tiga juta rupiah. Tentu untuk meja layout berukuran lebih luas, pehobi harus merogoh kocek lebih dalam lagi.

    Untuk mengakali membengkaknya pengeluaran bagi pembuatan meja layout, beberapa pehobi membuat sendiri aksesori ini. Untuk rumput, dipilih serbuk kayu sisa penggergajian yang disapu cat berwarna hijau, kemudian ditempel pada meja layout hingga jadilah pemandangan rerumputan yang menyerupai aslinya.

    Untuk lanskap perbukitan atau pegunungan, kita bisa membuat sendiri dengan menyiapkan bahan antara lain kawat nyamuk, bubur kertas koran, serta bubuk gipsum. Kawat nyamuk berfungsi memberi kontur bukit sesuai keinginan kita, yang kemudian ditempeli bubur kertas koran. Untuk memberi kepadatan dan fleksibilitas, pada tahap akhir, bubur koran tadi dilapisi bubuk gipsum.

    Adapun untuk membuat tiang telepon, kita bisa mengkreasikannya dengan menggunakan batang lidi. "Hanya untuk figur orang saja kita harus beli karena sulit dan bisa memerlukan jumlah banyak," tutur Joedi.

    Semua benda aksesori ini dibuat serealistis mungkin atau identik dengan wujud aslinya. Untuk membuat miniatur air terjun atau sungai, mereka kerap mengakali dengan membuat tiruannya dari bahan resin. Hal ini dikarenakan air merupakan musuh utama dari hobi ini, dan air bisa membuat rel maupun kereta berkarat.

    Meja layout biasanya bersifat permanen. Jarang pehobi yang bosan dengan meja layout. Ini dikarenakan biaya yang mahal jika harus mengganti atau membuat meja layout yang baru. Menurut Joedi, pehobi hanya bosan pada koleksi kereta modelnya dan cenderung ingin menambah koleksinya. wan/L-4

    http://koran-jakarta.com/index.php/detail/view01/70265

  2. #2
    Contributor tamandewi's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    http://tips-cara.info
    Posts
    3,805
    Rep Power
    7

    Re: Yuk, Main Miniatur Kereta!

    haha nice post...
    jadi teringat masa kecil ah rame2 ma temen2 maen kereta2an...

  3. #3
    Newbie
    Join Date
    Jan 2012
    Posts
    2
    Rep Power
    0

    Re: Yuk, Main Miniatur Kereta!

    Silakan bagi kawan dan Sahabat yang berminat ingin memilkinya, bisa mengunjungi web kami di
    *|*Pinguins Trains Hobby
    Atau Toko kami di Mall Taman Palem Lt.Dasar Blok D/78 Cengkareng. Jl. OuterRingroad Kamal Jakarta Barat.

  4. #4
    Newbie
    Join Date
    Jan 2012
    Posts
    2
    Rep Power
    0

    Re: Yuk, Main Miniatur Kereta!

    Silakan bagi kawan dan Sahabat yang berminat ingin memilkinya, bisa mengunjungi web kami di
    *|*Pinguins Trains Hobby
    Atau Toko kami di Mall Taman Palem Lt.Dasar Blok D/78 Cengkareng. Jl. OuterRingroad Kamal Jakarta Barat.

  5. #5
    Member Koboi's Avatar
    Join Date
    Dec 2011
    Posts
    711
    Rep Power
    3

    Re: Yuk, Main Miniatur Kereta!

    tunggu yahhh..... gw panggil anak gw dulu............ Eneeeett......... maen kereta2an yuuukkkk............!!

  6. #6
    Senior Member
    Join Date
    Feb 2012
    Posts
    1,296
    Rep Power
    4

    Re: Yuk, Main Miniatur Kereta!

    Bermain kereta miniatur itu memang asyik sekali, kadang sampai lupa makan

  7. #7
    Junior Member
    Join Date
    Mar 2010
    Location
    Surabaya
    Posts
    490
    Rep Power
    5

    Re: Yuk, Main Miniatur Kereta!

    seru banget tuh, apalagi jenis kereta yg keluar uapnya....walau model lama tapi keren

  8. #8
    Junior Member
    Join Date
    Nov 2013
    Posts
    263
    Rep Power
    1

    Re: Yuk, Main Miniatur Kereta!

    harga jual diecast kereta mahal juga hahaha

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0