Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 26

Thread: Oleh-oleh Khas Jakarta, Apaan Sih?


  1. #1
    Junior Member maswidik's Avatar
    Join Date
    Jul 2011
    Location
    Indonesia Raya
    Posts
    287
    Rep Power
    4

    Oleh-oleh Khas Jakarta, Apaan Sih?

    Bagi orang daerah, siapa sih yang nggak antusias pergi jalan-jalan ke Jakarta? Dulu sewaktu saya belum mengenal Jakarta, ketika ada saudara atau teman pergi ke Jakarta, kesannya wah banget. Jakarta itu rasanya keren, modern dan mewah. Bagi saya, menceriterakan punya saudara pergi ke Jakarta saja, sudah bangga bukan main. Jakarta gitu loh, tempat hidupnya artis-artis yang sering masuk tivi.


    Waktu itu saya begitu gembira apabila kerabat yang baru saja pulang dari Jakarta memberikan oleh-oleh, entah baju kaos atau gantungan kunci. Padahal kalau dipikir, produk serupa banyak dijual juga di toko-toko di daerah kami. Tapi sekali lagi, ini Jakarta meennn…. keren.


    Kini, setelah saya sempat hidup beberapa lama di Jakarta, dan masih sering mengunjungi kota ini, saya melihat ada fenomena menarik tentang oleh-oleh khas Jakarta. Selain baju, tas dan produk fashion (yang harus) dari Tanah Abang atau Mangga Dua, buah tangan dari Jakarta kini seolah mengerucut ke produk-produk makanan yang di negeri barat sono sering disebut ‘junk food’.


    Sering kali saya mengamati tentengan orang-orang di Bandara Soekarno-Hatta, produk Rotiboy dan Dunkin Donuts sepertinya menempati rating utama untuk dijadikan oleh-oleh bagi kerabat di kampung. Gerai waralaba yang ada di Bandara Soekarno-Hatta memang cukup memudahkan orang untuk membelinya. Selain buat oleh-oleh, roti dan donat bermerk itu bisa juga dijadikan ganjal perut ketika lapar datang saat menunggu pesawat atau dalam perjalanan di udara.


    Suatu ketika di pusat perbelanjaan Tanah Abang, saya sempat mendengar seseorang berlogat Indonesia Timur sedang melakukan percakapan via telepon genggam.


    “Ya nak, jadi berapa rotiboy-nya bapak beli? … iya, sebentar bapak beli rotiboy-nya … “


    Terkadang saya heran juga kenapa Rotiboy, produk waralaba asal Malaysia itu, bisa demikian ngetop sebagai oleh-oleh ‘khas’ Jakarta. Padahal menurut saya Rotiboy itu enaknya dimakan saat masih hangat, fresh from the oven. Kalau dingin, maka rotinya akan kempes dan sedikit alot sehingga mengurangi kenikmatannya.


    Lain lagi dengan seorang rekan saya dari daerah Sulawesi yang sempat jalan-jalan di Jakarta. Dia dengan gesitnya mengitari sebuah mal untuk mencari sesuatu untuk anaknya. Lalu apa yang dia beli? Sekotak ayam KFC!


    “Lho Pak, KFC kan ada juga di sana?”


    “Biar lah… , yang penting ini belinya di Jakarta…”


    Hmm, saya jadi berpikir, ke mana sih kue-kue khas asli Jakarta? Di manakah kita harus membeli dodol betawi, geplak bakar dan roti buaya? Mengapa nama-nama itu malah kalah di kandang sendiri dibandingkan produk makanan yang dikemas dalam sistem waralaba modern?


    Jakarta malah kalah dibandingkan kota-kota di daerah seperti Medan yang punya Bolu Meranti, atau Yogyakarta yang memiliki ratusan kios dan toko tersebar di berbagai sudut kota menjual Bakpia Pathok.


    Jakarta setiap hari diserbu oleh orang-orang yang datang untuk berwisata atau melakukan perjalanan dalam rangka pekerjaan/bisnis. Orang-orang dari daerah lain atau bahkan luar negeri tentu berpotensi untuk membeli oleh-oleh. Namun sayang, oleh-oleh yang kini diincar sebagai ‘khas’ Jakarta, nyatanya adalah produk-produk asing.

    SUMBER : Oleh-oleh Khas Jakarta, Apaan Sih?

  2. #2
    Senior Contributor hon_hon's Avatar
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Indonesia Tercinta
    Posts
    6,790
    Rep Power
    16

    Re: Oleh-oleh Khas Jakarta, Apaan Sih?

    Ondel-ondel dong......heuheuheu.......................
    The Sea is Deeper Than Your Bathtub DUDE!!!!



  3. #3
    Junior Member maswidik's Avatar
    Join Date
    Jul 2011
    Location
    Indonesia Raya
    Posts
    287
    Rep Power
    4

    Re: Oleh-oleh Khas Jakarta, Apaan Sih?

    Quote Originally Posted by hon_hon View Post
    Ondel-ondel dong......heuheuheu.......................

    hahaha... gimana mbungkusnya coba??

  4. #4
    Senior Contributor hon_hon's Avatar
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Indonesia Tercinta
    Posts
    6,790
    Rep Power
    16

    Re: Oleh-oleh Khas Jakarta, Apaan Sih?

    Quote Originally Posted by maswidik View Post
    hahaha... gimana mbungkusnya coba??

    tinggal dikasih pita......
    The Sea is Deeper Than Your Bathtub DUDE!!!!



  5. #5
    Senior Member andewan's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Location
    Bnjarnegara
    Posts
    1,269
    Rep Power
    0

    Re: Oleh-oleh Khas Jakarta, Apaan Sih?

    Quote Originally Posted by hon_hon View Post
    Ondel-ondel dong......heuheuheu.......................
    bemo atao bajaj juga kahas jekarta tuh hehhh

  6. #6
    Newbie ungawe's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Posts
    11
    Rep Power
    0

    Re: Oleh-oleh Khas Jakarta, Apaan Sih?

    foto macet di pagi dan sore hari ... dibingkai yg bagus sebagai oleh-oleh
    hehehehe

  7. #7
    Contributor awico's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Location
    Jepara
    Posts
    4,687
    Rep Power
    7

    Re: Oleh-oleh Khas Jakarta, Apaan Sih?

    Quote Originally Posted by maswidik View Post
    hahaha... gimana mbungkusnya coba??
    Gampang tuh, knock down kan?...

  8. #8
    Contributor awico's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Location
    Jepara
    Posts
    4,687
    Rep Power
    7

    Re: Oleh-oleh Khas Jakarta, Apaan Sih?

    Quote Originally Posted by andewan View Post
    bemo atao bajaj juga kahas jekarta tuh hehhh
    Yang pasti oleh2nya nggak karuan deh, tuh para anggota dewan yang nggondhol duit...

  9. #9
    Newbie niXie's Avatar
    Join Date
    Nov 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    33
    Rep Power
    0

    Re: Oleh-oleh Khas Jakarta, Apaan Sih?

    Quote Originally Posted by maswidik View Post


    Hmm, saya jadi berpikir, ke mana sih kue-kue khas asli Jakarta? Di manakah kita harus membeli dodol betawi, geplak bakar dan roti buaya? Mengapa nama-nama itu malah kalah di kandang sendiri dibandingkan produk makanan yang dikemas dalam sistem waralaba modern?


    Jakarta malah kalah dibandingkan kota-kota di daerah seperti Medan yang punya Bolu Meranti, atau Yogyakarta yang memiliki ratusan kios dan toko tersebar di berbagai sudut kota menjual Bakpia Pathok.


    Jakarta setiap hari diserbu oleh orang-orang yang datang untuk berwisata atau melakukan perjalanan dalam rangka pekerjaan/bisnis. Orang-orang dari daerah lain atau bahkan luar negeri tentu berpotensi untuk membeli oleh-oleh. Namun sayang, oleh-oleh yang kini diincar sebagai ‘khas’ Jakarta, nyatanya adalah produk-produk asing.

    SUMBER : Oleh-oleh Khas Jakarta, Apaan Sih?

    Ane yg lahir n besar d jkt juga ga tau dmn beli roti buaya atau geplak bakar, tapi utk dodol betawi biasanya agak muncul kalau pas lebaran
    Pemerintah jkt terlalu sibuk ngurusin "solusi macet" yg blum ada hasil, jadi utk masalah oleh2 belum dipikirin ) hehehehehe

  10. #10
    Contributor awico's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Location
    Jepara
    Posts
    4,687
    Rep Power
    7

    Re: Oleh-oleh Khas Jakarta, Apaan Sih?

    Quote Originally Posted by niXie View Post
    Ane yg lahir n besar d jkt juga ga tau dmn beli roti buaya atau geplak bakar, tapi utk dodol betawi biasanya agak muncul kalau pas lebaran
    Pemerintah jkt terlalu sibuk ngurusin "solusi macet" yg blum ada hasil, jadi utk masalah oleh2 belum dipikirin ) hehehehehe
    Nah sepertinya sudah saatnya Jakarta memikirkan oleh-oleh khasnya nih, utamanya makanan...kita tunggu pak wali...

Page 1 of 3 123 LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0